google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Kota dengan Gedung Pencakar Langit Terbanyak di Dunia

Gedung pencakar langit menjadi hal atau pemandangan yang biasa terutama di kota metropolitan. Bagi yang tinggal di Jakarta, hal lazim ketika kalian berkantor di gedung tinggi dengan jumlah lantai yang banyak. Gedung-gedung ini bukan hanya sekedar perkantoran saja, namun juga bisa mencakup apartemen hingga hotel. 

Gedung pencakar langit atau skyscrapper kerap menjadi salah satu parameter perkembangan ekonomi di sebuah negara. Penampakan bangunannya yang menjulang tinggi dengan berbagai desain unik, juga bisa menjadi indikasi adanya kemajuan infrastruktur.

Merujuk data terbaru yang dirilis oleh The Skyscrapper Center pada tahun 2020, Jakarta menjadi salah satu kota pemilik gedung tinggi terbanyak di dunia. Ibu kota Indonesia tersebut menempati posisi ke-8 dengan 414 gedung tinggi. Sementara itu New York dinobatkan sebagai kota dengan koleksi gedung pencakar tinggi terbanyak di dunia.

Daftar 10 Kota Besar Dunia dengan Jumlah Gedung Pencakar Langit Terbanyak

  1. New York, Amerika Serikat, Jumlah Gedung: 1.572

New York menjadi kota yang memiliki paling banyak gedung pencakar langit dengan 1.572 dengan gedungnya yang tertinggi adalah One World Trade Center dengan tinggi 541 meter. Selain itu, One World Trade Center menjadi salah satu gedung tertinggi yang berada di peringkat enam dunia. 

2. Hongkong, China, Jumlah Gedung: 924

Kawasan khusus di China ini menjadi kota dengan jumlah gedung tertinggi di dunia nomor dua, apalagi kebetulan lahan di sini memang terbatas. International Commerce Center menjadi gedung tertinggi di Hong Kong dengan 484 meter, juga termasuk gedung tertinggi di dunia nomor 12. 

3. Chicago, Amerika Serikat, Jumlah Gedung: 572

Kota industri di Amerika Serikat ini berada di posisi ketiga dengan Willis Tower sebagai gedung yang paling tinggi, yakni 442 meter. Gedung yang dibangun pada 1974 ini berada di peringkat 21 untuk daftar gedung pencakar langit tertinggi di dunia.

4. Toronto, Kanada, Jumlah Gedung: 534

Kota ini memang berada di peringkat 4 untuk kota yang memiliki paling banyak gedung-gedung tinggi. Akan tetapi, gedung tertingginya yaitu First Canadian Place hanya memiliki tinggi 298 meter, dan tidak masuk dalam daftar 100 gedung tertinggi di dunia.

5. Dubai, Uni Emirat Arab, Jumlah Gedung: 480

Jumlah gedung tinggi di Dubai memang masih kalah dengan kota lain, namun kota ini memiliki ikon gedung tertinggi di dunia yaitu Burj Khalifa dengan tinggi 828 meter. Burj Khalifa memegang gelar gedung pencakar langit tertinggi di dunia sejak 2010. Posisi ini mungkin akan terus dipertahankan dalam beberapa tahun. 

6. Jepang, Jumlah Gedung: 261

Negara yang terkenal akan kecanggihan teknologinya ini tercatat memiliki 261 skyscrapper. Dari segi arsitektur, Jepang terkenal dengan konsep hunian vertikal semi minimalis. Hal ini karena faktor mahalnya harga tanah di Jepang sehingga mendorong pembangunan gedung tinggi yang masif.

7. Korea Selatan, Jumlah Gedung: 233

Korea Selatan (Korsel) merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Pasca perang Korea (1950-1953), Korsel hanyalah sebuah negara miskin dengan PDB per kapita rendah. Tingginya harga lahan, juga menyebabkan tingginya angka gedung pencakar langit di negara ini.

8. Australia, Jumlah Gedung: 122

Negara yang berada di tenggara Indonesia ini tercatat memiliki 122 gedung pencakar langit yang tersebar di kota-kota utama seperti Sydney, Brisbane, Melbourne, hingga Gold Coast. Terletak di Surfers Paradise, Gold Coast, Queensland Number One (Q1) menjadi bangunan tertinggi di Australia. 

9. Shanghai, China

Berstatus sebagai kota terbesar di Cina, Shanghai dalam beberapa dekade terakhir begitu mengalami perkembangan yang pesat. Kini, Shanghai telah menjadi pusat ekonomi, perdagangan, finansial, hingga komunikasi terpenting di Cina. 

10. Jakarta, Indonesia

Ibukota Indonesia ini ternyata masuk dalam jajaran kota pemilik gedung tinggi terbanyak di dunia. Total gedung tinggi yang berdiri di Jakarta berjumlah 414 bangunan. Sebagian besar gedung-gedung tinggi di Jakarta berdiri kokoh di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.