google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Kualifikasi Piala Dunia: Brazil Sukses Hajar Ekuador

Brazil vs Ekuador
Brazil sukses hajar Ekuador dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol.

cr photo: The San Diego Tribune

Tim Nasional Brazil berhasil meraih kemenangan di laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2020 Zona Conmebol menghadapi Ekuador. Pertandingan menarik ini sendiri dikuasai oleh Brazil yang bertindak sebagai tuan rumah. Meski demikian, Ekuador yang di kualifikasi kali ini tampil cukup bagus sukses membuat pasukan Samba alami kesulita di sepanjang 90 jalannya laga. Lewat kerja keras pada akhirnya Brazil berhasil memaksa tim tamunya itu bertekuk lutut atas mereka. Brazil sukses memenangkan pertandingan ini dengan skor cukup meyakinkan, yakni 2-0.

Gol gol kemenangan skuad asuhan Tite di pertandingan ini masing masing dilesakkan oleh Richarlison dan Neymar Junior. Secara statistik jalannya pertandingan, Brazil memang lebih mendominasi. Alisson Becker dan kawan kawan sukses mencatatkan penguasaan bola sebesar 55 persen, sedangkan lawannya hanya 45 persen. Jumlah tembakan yang dilepas Brazil juga lebih banyak, yakni dengan total 13 tembakan yang 8 di antaranya berhasil on target, serta berbuah 2 gol. Sementara Ekuador sepanjang 90 menit hanya membuat 3 tembakan itupun semuanya off target.

Atas kemenangan ini, skuad Brazil kokoh di puncak klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Brazil ada di pucuk klasemen unggul 4 angka dari seteru abadi mereka yang ada di posisi 2, yakni Argentina. Brazil sudah memainkan 5 pertandingan, mengoleksi 15 poin dengan rincian, 5 kali menang dari 5 laga. Sedangkan bagi Ekuador, meski kalah mereka masih ada di jalur yang benar untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Ekuador sampai saat ini duduk di posisi 3 klasemen dengan raihan 9 poin.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan Brazil kedatangan lawan cukup tangguh, yaitu Ekuador dalam lanjutan laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Bermain di kandang sendiri, Brazil memasang target 3 poin untuk menjaga tren positif mereka sekaligus mempercepat laju mereka ke putaran final Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar. Karena hal itulah sejak laga dimulai Brazil langsung tampil agresif.

Sepanjang babak pertama, Brazil memang menguasai jalannya pertandingan. Akan tetapi memang skuad Ekuador di laga ini bermain cukup solid dan rapat terutama di lini pertahanannya. Beberapa peluang memang sempat didapat Brazil lewat bintang mereka, Neymar, akan tetapi usaha keras Neymar masih belum berhasil membawa Brazil unggul atas sang tamu.

Beruntung bagi Brazil, lawan mereka di laga ini juga tak bermain baik khususnya di sektor penyerangan. Ekuador kerap sekali kehilangan bola bahkan saat mereka baru akan memasuki kotak penalti. Sama sama gagal melesakkan gol kedua tim pun harus puas menutup babak pertama ini dengan skor akhir imbang 0-0.

Babak Kedua

Saat memasuki jalannya laga babak kedua, Brazil sedikit merubah gaya bermain mereka dengan membiarkan lawannya lebih sering memegang bola. Keputusan ini cukup berhasil karena selanjutnya Ekuador lebih sering meninggalkan beberapa celah di lini pertahanan mereka.

Kebuntuan di pertandingan ini pada akhirnya pecah saat babak kedua memasuki menit ke-65. Berawal dari pergerakan Neymar, ia lalu melepaskan umpan yang sukses diselesaikan dengan baik oleh Richarlison. Bintang Everton ini berhasil melesakkan gol yang sementara membawa Brazil memimpin 1-0.

Sukses unggul satu gol membuat tuan rumah kian percaya diri untuk terus menekan pertahanan sang tamu. Sempat mendapat perlawanan alot, akhirnya gol kedua sukses lahir di menit injury time babak kedua. Pelanggaran pemain Ekuador di kotak terlarang membuat wasit memberikan penalti pada tuan rumah. Neymar yang jadi algojo berhasil jalankan tugasnya untuk memastikan Brazil menang dengan skor akhir 2-0.

Susunan Pemain Brazil vs Ekuador

Brazil (4-3-3): Alisson Becker, Danilo, Marquinhos, Eder Militao, Alex Sandro, Lucas Paqueta, Casemiro, Fred, Richarlison, Gabriel Barbosa, Neymar Junior.

Ekuador (4-4-2): Alexander Dominguez, Pervis Estupinan, Xavier Arreaga, Robert Arboleda, Angelo Preciado, Eduar Preciado, Carlos Gruezo, Jhegson Mendez, Alan Franco, Enner Valencia, Angel Mena.