google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Kualifikasi UCL: Benfica Singkirkan PSV Eindhoven

PSV Eindhoven vs Benfica
Tahan imbang PSV Eindhoven 0-0, Benfica sukses lolos ke putaran final Liga Champions 2021-2022.

cr photo: Pro Shots/Sipa USA.

Laga menarik mempertemukan dua tim kuat, yakni PSV Eindhoven menghadapi Benfica dalam leg kedua babak play-off Liga Champions. Bermain sebagai tuan rumah, PSV yang tertinggal 1-2 secara agregat tampil lebih menguasai di sepanjang jalannya pertandingan. Apalagi mereka bermain di kandang sendiri, hal ini membuat lawan mereka otomatis hanya bermain bertahan. Ditambah lagi Benfica mesti bermain dengan 10 pemain sejak babak pertama berjalan setengah jam. Walau demikian, Benfica masih berhasil menahan dan meredam agresifitas tuan rumah sampai laga selesai. Tuan rumah pun harus rela hanya bisa bermain imbang dengan skor akhir 0-0.

Sepanjang 90 menit pertandingan memang tak ada satupun gol yang lahir. Namun laga ketat ini diwarnai dengan satu kartu merah yang didapat oleh bek Benfica yang bernama Lucas Verissimo. Dengan keunggulan jumlah pemain sebenarnya PSV menguasai penuh laga, bahkan mereka catatkan penguasaan bola sebesar 73 persen berbanding 23 persen. Jumlah tembakan yang dilepas PSV pun jauh lebih banyak, yakni 21 kali, sementara Benfica hanya 4 kali. Tetapi sekali lagi, Benfica berhasil bertahan dengan sangat baik pada pertandingan ini untuk menahan permainan ofensif tuan rumah.

Dengan hasil imbang ini, sudah cukup bagi Benfica untuk amankan posisi mereka di putaran final ajang Liga Champions 2021-2022. Benfica berhasil mengamankan satu slot di babak fase grup kompetisi paling bergengsi seantero Eropa itu dengan unggul agregat total 2-1 atas tuan rumah, PSV. Sedangkan bagi PSV sendiri, hasil imbang ini membuat mereka gagal mewujudkan mimpinya untuk bisa mentas di ajang Liga Champions 2021-2022. Kalah agregat 1-2, PSV harus puas hanya akan berlaga di ajang Liga Europa.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan PSV Eindhoven kedatangan lawan kuat, yakni Benfica dalam pertandingan leg kedua babak play-off Liga Champions musim 2021-2022. Sama sama tim besar Eropa, kedua kesebelasan memang lantas bermain ofensif sejak pertandingan dimulai. Namun PSV sebagai tuan rumah dan sedang dalam posisi tertinggal bermain jauh lebih agresif demi bisa mengejar agregat.

Akan tetapi ketika babak pertama memasuki menit ke-32, angin segar menerpa kubu PSV tatkala salah satu pemain Benfica, yakni Lucas Verissimo diganjar kartu merah. Pemain yang berposisi sebagai defender itu menerima kartu merah usai lakukan pelanggaran keras. Alhasil di sisa waktu pertandingan, Benfica pun harus berjuang hanya dengan 10 pemain di lapangan.

Keunggulan jumlah pemain ini lantas berusaha dimaksimalkan oleh tuan rumah untuk mencetak gol dengan mengambil alih penuh jalannya pertandingan. Bergantian Eran Zahavi dan Mario Gotze menebar ancaman yang memang nyaris saja berbuah gol. Namun sampai dengan babak pertama, Benfica mampu bertahan dengan baik dan memaksa babak pertama selesai dengan skor imbang 0-0.

Babak Kedua

Pasca turun minum, PSV yang setidaknya butuh satu gol saja untuk mensetarakan skor kembali memainkan permainan dengan tensi yang tinggi. Mereka bahkan meningkatkan intensitas serangan mereka menjadi jauh lebih sering lagi. Akan tetapi lagi lagi pertahanan Benfica yang dipimpin oleh bek senior, yaitu Nicolas Otamendi benar benar bermain rapat di babak kedua ini.

Meski sudah melakukan berbagai cara, PSV sama sekali tak mampu menembus pertahanan rapat yang dimainkan oleh Benfica. Bahkan meski pelatih PSV sudah lakukan beberapa pergantian, lini serang mereka tak mampu juga melesakkan gol. Alhasil laga ini selesai dengan skor imbang 0-0, dan Benfica lah yang berhak lolos ke fase grup Liga Champions.

Susunan Pemain PSV Eindhoven vs Benfica

PSV Eindhoven (4-2-1-3): Joel Drommel, Philipp Mwene, Andre Ramalho Silva, Olivier Boscagli, Philipp Max, Marco van Ginkel, Ibrahim Sangare, Mario Gotze, Noni Madueke, Cody Gakpo, Eran Zahavi.

Benfica (3-4-2-1): Odisseas Vlachodimos, Morato, Nicolas Otamendi, Lucas Verissimo, Alex Grimaldo, Julian Weigl, Joao Mario, Gilberto Junior, Adel Taarabt, Rafa Silva, Roman Yaremchuk.