google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Kualifikasi UCL: Benfica Taklukan PSV Eindhoven

Benfica vs PSV Eindhoven
Benfica sukses kalahkan lawan tangguh, yakni PSV Eindhoven di play-off Liga Champions 2021-2022.

cr photo: VNExplorer.

Laga menarik tersaji ketika dua tim kuat, yakni Benfica dan PSV Eindhoven saling bertemu di leg pertama babak play-off Liga Champions. Benfica yang lebih dulu bermain sebagai tuan rumah tampil lebih dominan hampir di sepanjang jalannya pertandingan. Akan tetapi PSV yang juga menginginkan hasil maksimal di laga ini berhasil memberikan perlawanan yang cukup ketat. Saling balas membalas serangan, kerja keras Benfica pada akhirnya berbuah kemenangan manis di laga ini. Benfica sukses mengalahkan wakil Liga Belanda tersebut dengan skor akhir tipis saja, yakni 2-1.

Gol gol penentu kemenangan Elang Portugal di pertandingan ini masing masing dicetak oleh Julian Weigl dan Rafa Silva. Sedangkan satu satunya gol balasan yang dicetak PSV lahir melalui aksi winger muda mereka, yaitu Cody Gakpo. Dari statistik terlihat kedua tim memang sama sama bermain menyerang, karena keduanya sama sama mencatatkan 10 kali tembakan. Namun meski PSV menguasai laga dengan statistik 61 persen berbanding 39 persen, namun permainan efisien Benfica berhasil memberikan mereka hasil maksimal di laga ini.

Atas hasil maksimal ini, Benfica berhasil memiliki modal berharga untuk menjalani pertandingan leg kedua nanti. Di mana pada pertandingan leg kedua itu Benfica akan gantian menjadi tamu dengan bertandang ke markas PSV. Sementara bagi PSV sendiri, meski kalah di laga ini, namun kans mereka sama sekali belum tertutup untuk lolos ke putaran final Liga Champions. Dengan tampil di kandang sendiri, dan hanya tertinggal satu gol, kans PSV masih sangat besar di laga leg kedua nanti.

Rangkuman Pertandingan

Duel seru terjadi ketika wakil Portugal, yakni Benfica menjamu raksasa Belanda, PSV Eindhoven di laga leg pertama play-off Liga Champions. Mengincar kemenangan di laga kandangnya ini, Benfica memang sejak pertandingan dimulai langsung mengambil inisiatif serangan dengan menekan pertahanan sang tamu. PSV sendiri kemudian memang cukup kaget dan kerepotan meladeni serangan serangan Benfica.

Kebuntuan sudah berhasil dilesakkan oleh tim tuan rumah ketika babak pertama memasuki menit ke-10. Bola umpan Roman Yaremchuk berhasil diterima dengan baik oleh Rafa Silva dan diteruskan menjadi gol yang sukses membawa Benfica untuk sementara memimpin dengan skor 1-0.

Setelah kebobolan, PSV sebenarnya berusaha membalas dengan mengambil alih kendali pertandingan. Akan tetapi alih alih mencetak gol, gawang mereka malah kembali kebobolan. Kali ini giliran Julian Weigl yang sukses melesakkan gol ke gawang PSV di menit ke-42 untuk menggandakan keunggulan timnya menjadi 2-0. Kedudukan ini kemudian berhasil dipertahankan Benfica sampai babak pertama selesai.

Babak Kedua

Usai istirahat, PSV yang masih tertinggal dua gol bermain lebih ofensif demi bisa mengejar ketertinggalan. Dengan mengandalkan serangan melalui sayap, PSVj jauh lebih berbahaya di babak kedua. Sampai akhirnya kerja keras mereka membuahkan hasil di menit ke-51. Cody Gakpo yang menyisir sisi lapangan berhasil melepaskan sepakan keras yang gagal dihalai kiper lawan, gol punggawa timnas Belanda ini sukses tipiskan skor menjadi 2-1.

Pada sisa waktu babak pertama, Benfica yang berusaha mempertahankan keunggulannya bermain lebih keras, hasilnya banyak pemain mereka yang mendapat kartu kuning. Meski demikian, usaha Benfica ini berhasil karena sampai laga selesai PSV gagal mengejar ketertinggalan. Alhasil Benfica pun sukses memenangkan laga ini dengan skor akhir 2-1.

Susunan Pemain Benfica vs PSV Eindhoven

Benfica (4-3-3): Odisseas Vlachodimos, Diogo Goncalves, Nicolas Otamendi, Lucas Verissimo, Morato, Julian Weigl, Joao Mario, Alex Grimaldo, Roman Yaremchuk, Rafa Silva, Pizzi.

PSV Eindhoven (4-3-3): Joel Drommel, Philipp Max, Olivier Boscagli, Andre Ramalho Silva, Philipp Mwene, Marco van Ginkel, Mario Gotze, Ibrahim Sangare, Cody Gakpo, Eran Zahavi, Noni Madueke.