google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Kualifikasi UCL: Shakhtar Donetsk Lewati Hadangan Genk

Shakhtar Donetsk vs Genk
Menang tipis di kandang sendiri atas Genk, Shakhtar Donetsk berhasil melaju ke babak play-off Liga Champions.

cr photo: FA Sports

Kemenangan berhasil diraih oleh tim kuat asal Ukraina, yakni Shakhtar Donetsk saat menjamu Genk di babak ketiga kualifikasi Liga Champions. Menjalani laga leg kedua di kandang sendiri dengan modal kemenangan 2-1 di leg pertama membuat Donetsk bermain sangat lepas di sepanjang pertandingan. Kendati mereka mendapatkan perlawanan ketat dari lawannya tersebut, namun Donetsk masih berhasil meraih kemenangan di laga ini. Jawara Liga Ukraina tersebut berhasil meraih kemenangan dengan skor akhir tipis saja, yakni 2-1.

Dua gol yang lahir dan jadi penentu kemenangan skuad Shakhtar Donetsk di pertandingan ini masing masing dilesakkan oleh Lassina Traore dan Marcos Antonio. Sedangkan satu satunya gol balasan yang dicetak oleh pasukan KRC Genk dicetak oleh Cyriel Dessers. Statistik mencatat sebenarnya di laga ini Genk berhasil lebih dominan walau tak mutlak, karena Donetsk sendiri tampil dengan sangat agresif. Akan tetapi bermain lebih efisien dan efektif membuat pada akhirnya Donetsk lah yang sukses meraih kemenangan di pertandingan kali ini.

Dengan hasil ini, pasukan Shakhtar Donetsk berhasil memastikan satu tempat di babak play-off Liga Champions. Donetsk berhasil lolos dengan agregat total 4-2 usai di leg pertama lebih dulu berhasil meraih kemenangan dengan skor yang sama, yakni 2-1. Pada babak play-off nanti, Donetsk sudah ditunggu lawan berat, yaitu AS Monaco yang di laga lainnya sukses lolos usai mengalahkan wakil Ceko, Sparta Praha. Sementara untuk Genk, kekalahan ini otomatis membuat mereka tersingkir dan gagal bermain di ajang Liga Champions.

Rangkuman Pertandingan

Duel seru menghadirkan laga antara tuan rumah Shakhtar Donetsk menghadapi KRC Genk di laga leg kedua kualifikasi Liga Champions 2021-2022 babak ketiga. Sebagai tuan rumah, Donetsk bermain apik apalagi mereka juga mengantongi modal kemenangan 1-2 di leg pertama. Akan tetapi di luar dugaan memang Genk ternyata mampu memberikan perlawanan alot yang cukup merepotkan pasukan tuan rumah.

Namun berkat permainan mereka yang efisien, Donetsk berhasil lebih dulu melesakkan gol di pertandingan ini ketika babak pertama memasuki menit ke-27. Sebuah umpan yang dilepas Mateus Martins berhasil diselesaikan dengan sangat baik oleh Lassine Traore menjadi gol. Aksi Lassina Traore ini sukses membawa Donetsk sementara ini unggul dengan skor 1-0.

Tertinggal di babak pertama membuat Genk berinisiatif untuk bermain lebih agresif di sisa waktu babak pertama. Sayang sekali setiap peluang yang mereka dapat gagal berbuah gol. Alhasil sampai dengan babak pertama usai, skor tak berubah tetap 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Babak Kedua

Laga sengit ini kemudian berlanjut ke babak kedua, Donetsk masih mendapat perlawanan ketat dari sang tamu. Sayangnya memang Genk benar benar kesulitan bahkan untuk sekedar membuat peluang untuk bisa mencetak gol penyama kedudukan.

Sayangnya alih alih menyamakan kedudukan, gawang Genk malah kembali kebobolan. Sebuah aksi dari Marcos Antonio berhasil menjebol gawang tim tamu. Sebuah lesakkan dari legiun asing mereka ini membawa Shakhtar Donetsk gandakan keunggulan menjadi 2-0.

Usaha keras Genk sendiri baru berhasil berbuah manis di menit akhir babak kedua, yakni menit ke-90. Cyriel Dessers sukses mencetak gol yang tipiskan skor menjadi 2-1. Sayang sisa waktu yang tersisa tak cukup bagi Genk mengejar ketertinggalan. Alhasil kemenangan jatuh ke tangan Donetsk dengan skor akhir 2-1.

Susunan Pemain Shakhtar Donetsk vs Genk

Shakhtar Donetsk (4-1-4-1): Anatoli Trubin, Dodo, Marlon, Vitao, Mykola Matvienko, Marcos Antonio, Pedrinho, Tete, Maycon Barberan, Alan Patrick, Lassina Traore.

Genk (4-3-3): Maarten Vandervoordt, Gerardo Arteaga, Jhon Lucumi, Carlos Cuesta, Daniel Munoz, Patrik Hrosovsky, Bryan Heynen, Kristian Thorstvedt, Junya Ito, Paul Onuachu, Theo Bongonda.