google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Kualifikasi UCL: Shakhtar Donetsk Menang Tipis atas Genk

Genk vs Shakhtar Donetsk
Kemenangan tipis sukses diraih Shakhtar Donetsk saat tandang ke markas Genk di babak ketiga kualifikasi Liga Champions.

cr photo: World Today

Pertarungan ketat terjadi ketika tuan rumah KRC Genk berhadapan dengan Shakhtar Donetsk dalam laga leg pertama kualifikasi Loga Champions babak ketiga. Sebagai tuan rumah, Genk memang berusaha keras meraih kemenangan demi memudahkan perjuangan mereka di leg kedua. Akan tetapi memang Donetsk tampil apik di laga ini dan membuat Genk sangat kesulitan. Meski sempat tertinggal atas tuan rumah, Donetsk sendiri berhasil membalikkan keadaan untuk kemudian sukses mengamankan kemenangan di laga ini. Donetsk berhasil meraih kemenangan dari wakil Belgia tersebut dengan skor akhir tipis saja, yaitu 1-2.

Dua gol yang jadi penentu kemenangan pasukan Shakhtar Donetsk di pertandingan ini masing masing dicetak oleh Tete dan Alan Patrick. Sedangkan satu satunya gol balasan skuad tuan rumah dicetak oleh pemain mereka yang bernama Paul Onuachu. Meski bermain di kandang lawan, Donetsk tetap berhasil tampil dominan dengan catatakan 59 persen penguasaan bola berbanding 41 persen. Donetsk juga melepas lebih banyak tembakan, yakni 14 dengan 4 di antaranya on target. Sementara kubu Genk hanya berhasil melepas 7 tembakan dengan 4 yang mengarah ke gawang.

Berkat kemenangan tandang ini, Donetsk berhasil meraih modal yang sangat berharga untuk menjalani laga leg kedua nanti. Pasalnya di laga leg kedua, mereka akan bergantian menjadi tuan rumah menjamu KRC Genk. Dua gol tandang yang mereka cetak akan meringankan sedikit langkah Donetsk untuk ke babak selanjutnya. Sedangkan bagi Genk, hasil ini jelas akan sangat memberatkan mereka di laga leg kedua nanti, apalagi di leg kedua mereka gantian akan jadi tim tamu. Meski begitu, sampai laga belum berakhir, kans memang masih terbuka sangat lebar bagi Genk.

Rangkuman Pertandingan

Duel ketat terjadi ketika tuan rumah KRC Genk menghadapi Shakhtar Donetsk dalam laga leg pertama babak ketiga kualifikasi Liga Champions 2021-2022. Bermain di kandang sendiri, Genk berusaha keras mengambil inisiatif serangan di awal laga demi meraih hasil maksimal. Hasilnya memang di awal laga Genk berhasil membuat Donetsk sangat kesulitan meredam serangan sang tuan rumah.

Serangan bergelombang Genk pada akhirnya berbuah gol saat babak pertama memasuki menit ke-39 atau menit menit akhir. Sebuah umpan yang dilepas Junya Ito berhasil diteruskan menjadi gol oleh Paul Onuachu yang sukses membawa Genk untuk sementara ini memimpin dengan skor 1-0.

Tertinggal satu gol membuat Donetsk berbalik mengambil alih kendali jalannya pertandingan. Sayangnya memang usaha keras mereka melesakkan gol di sisa babak pertama membuat skor tak kunjung berubah. Babak pertama pun selesai dengan skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Babak Kedua

Pasca turun minum, laga berubah kini menjadi milik Donetsk karena wakil Ukraina itu kini berbalik menguasai jalannya pertandingan. Mereka juga menaikan intensitas serangan demi bisa melesakkan gol balasan. Donetsk memaksa Genk otomatis hanya mampu bertahan dan andalkan serangan balik.

Usaha keras Shakhtar Donetsk pada akhirnya berujung gol pada menit ke-63 babak kedua, Diwali pelanggaran pemain Genk di area terlarang, wasit memberikan Donetsk tendangan penalti. Tete yang jadi eksekutor sukses lesakkan gol yang merubah kedudukan menjadi imbang 1-1.

Sukses menyamakan kedudukan membuat Donetsk kembali sangat percaya diri. Secara dramati mereka sukses berbalik unggul saat lesakkan gol di menit ke-81. Aksi Alan Patrick meneruskan umpan Ismaily membawa Donetsk berbalik unggul 1-2. Sampai laga selesai, skor sama sekali tak berubah dan kemenangan jadi milik tim tamu, Shakhtar Donetsk dengan skor akhir akhir 1-2.

Susunan Pemain Genk vs Shakhtar Donetsk

Genk (4-3-3): Marten Vandervoodt, Daniel Munoz, Mujaid Sadick, Jhon Lucumi, Gerardo Arteaga, Mike Tresor, Bryan Heynen, Patrik Hrosovsky, Theo Bongonda, Paul Onuachu, Junya Ito.

Shakhtar Donetsk (4-1-4-1): Anatolii Trubin, Mykola Matvienko, Vitao, Marlon, Dodo, Marcos Antonio, Manos Solomon, Maycon Barberan, Tete, Pedrinho, Lassina Traore.