google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Kualifikasi UCL: Shakhtar Menang di Kandang AS Monaco

AS Monaco vs Shakhtar Donetsk
Shakhtar Dontesk curi kemenangan di markas AS Monaco dalam laga leg pertama play-off Liga Champions.

cr photo: Netherlands News Live.

Raihan maksimal berhasil didapat oleh kesebelasan Shakhtar Donetsk ketika bertandang ke markas AS Monaco di leg pertama play-off Liga Champions. Sama sama menginginkan kemenangan demi memuluskan laju mereka ke putaran final UCL 2021-2022, kedua kesebelasan memang bermain dengan tensi yang cukup tinggi. Monaco sebagai tuan rumah berusaha keras meraih kemenangan. Akan tetapi Donetsk di laga ini tampil sangat solid dan disiplin nyaris di sepanjang jalannya laga. Sukses membuat tuan rumah frustasi, Donetsk berhasil amankan kemenangan dari kandang Monaco dengan skor tipis saja, yaitu 0-1.

Satu satunya gol yang lahir di laga ini dan menjadi penentu kemenangan Donetsk dilesakkan oleh pemain depan mereka yang bernama Pedrinho. Dari catatan statistik sendiri, Donetsk memang sedikit mengendalikan pertandingan dengan unggul penguasaan bola 56 persen berbanding 44 persen. Namun mereka memang tak membuat lebih banyak tembakan ketimbang sang tuan rumah. Kendati demikian, meski hanya membuat total 6 tembakan, wakil Ukraina tersebut masih sanggup amankan kemenangan di laga kali ini.

Dengan hasil ini, Donetsk berhasil mengantongi modal yang amat berharga untuk melakoni laga leg kedua nanti. Di mana pada laga leg kedua, Donetsk gantian akan menjadi tuan rumah menjamu AS Monaco. Dengan keunggulan agregat gol walau hanya satu gol, ini cukup akan meringankan sedikit jalan Donetsk menuju putaran final Liga Champions 2021-2022. Sedangkan sebaliknya bagi Monaco, kekalahan ini otomatis membuat mereka harus benar benar bekerja keras di leg kedua nanti demi bisa membalikkan keadaan dan lolos ke putaran final Liga Champions.

Rangkuman Pertandingan

Laga seru terjadi saat tuan rumah AS Monaco kedatangan Shakhtar Donetsk dalam laga leg pertama babak play-off Liga Champions 2021-2022. Lebih dulu bermain sebagai tuan rumah, Monaco yang tampil di hadapan pendukungnya sendiri berusaha keras untuk tampil semaksimal mungkin. Akan tetapi sayangnya, sejak menit awal, Donetsk juga bermain sangat tenang sehingga mampu mengendalikan sang tuan rumah.

Gol pun sudah berhasil dicetak Shakhtar Donetsk ketika babak pertama berjalan 19 menit. Memanfaatkan kelengahan bek bek Monaco, Pedrinho berhasil melepaskan sepakan keras yang gagal dihalau penjaga gawang Monaco sehingga gol pun lahir dan untuk sementara Donetsk unggul dengan skor 0-1.

Di sisa waktu jalannya babak pertama, tuan rumah yang enggan kalah di kandang sendiri berusaha keras melesakkan gol balasan. Menurunkan duet Wissam Ben Yedder dan Kevin Volland sejak babak pertama, sayang Monaco tak mampu maksimalkan kans yang mereka dapat. Alhasil sampai dengan babak pertama selesai, skor sama sekali tidak berubah tetap 0-1 untuk keunggulan tim tamu.

Babak Kedua

Setelah turun minum, pertandingan menjadi lebih atraktif lantaran tuan rumah menaikan tensi serangan mereka menjadi lebih intens. Sementara Donetsk yang unggul di luar dugaan juga masih berani memainkan permainan terbuka demi mengejar gol tandang sebanyak mungkin.

Sepanjang babak kedua berjalan, baik Monaco maupun Donetsk sama sama kesulitan untuk mencetak gol. Buruknya penyelesaian akhir tuan rumah memudahkan bek bek Donetsk di laga ini mematahkan serangan serangan mereka. Sayangnya memang Donetsk sendiri tak bisa menambah golnya. Sehingga sampai laga selesai, skor tak berubah dan Donetsk sukses amankan kemenangan dengan skor akhir 0-1.

Susunan Pemain AS Monaco vs Shakhtar Donetsk

AS Monaco (4-4-2): Radoslaw Majecki, Djibril Sidibe, Guillermo Maripan, Benoit Badiashile, Caio Henrique, Gelson Martins, Youssouf Fofana, Aurelien Tchouameni, Aleksandr Golovin, Wissam Ben Yedder, Kevin Volland.

Shakhtar Donetsk (4-3-2-1): Anatolii Trubin, Mykola Matviyenko, Marlon, Vitao, Dodo, Maycon Barberan, Marcos Antonio, Pedrinho, Manor Solomon, Tete, Lassina Traore.