google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Kualifikasi UEL: Fenerbahce Sukses Hajar HJK Helsinki

Fenerbahce vs HJK Helsinki
Muhammed Gumuskaya berhasil bantu Fenerbahce menang atas HJK Helsinki di leg pertama play-off Liga Europa 2021-2022.

cr photo: Anadolu Agency.

Hasil cukup memuaskan berhasil diraih oleh kesebelasan Fenerbahce saat menjamu lawannya, HJK Helsinki di leg pertama play-off Liga Europa. Sebagai tuan rumah, jelas Fenerbahce berusaha meraih kemenangan denhan cara apapun di laga ini. Oleh karena itulah di sepanjang jalannya pertandingan mereka bermain sangat agresif menekan pertahanan HJK terus menerus. Unggul kualitas pemain Fenerbahce pun sukses amankan kemenangan meski sebelumnya mendapat perlawanan ketat. Wakil Liga Turki itu berhasil meraih kemenangan dengan skor akhir tipis saja, yakni 1-0.

Satu satunya gol yang lahir di laga ini dan menjadi penentu kemenangan Fenerbahce dilesakkan oleh talenta lokal mereka, yakni Muhammed Gumuskaya. Secara statistik, tuan rumah memang unggul mutlak dari lawannya. Fenerbahce di laga ini mencatatkan penguasaan bola 58 persen berbanding 42 persen. Jumlah tembakan yang mereka lepas juga lebih banyak, yakni mencapai 11 tembakan dengan 3 yang on target. Sedangkan HJK di sepanjang laga hanya berhasil membuat 5 tembakan dengan tak ada satupun yang on target.

Atas raihan maksimal ini, Fenerbahce berhasil mengantongi bekal berharga untuk mereka melakoni laga leg kedua nanti. Pada pertandingan leg kedua nanti, Fenerbahce akan gantian tandang ke markas HJK, namun dengan keunggulan agregat satu gol ini, mereka cukup beruntung karena langkahnya akan sedikit lebih ringan. Sedangkan bagi HJK sendiri, kendati akan bermain di kandang sendiri, di leg kedua nanti mereka tetap harus tampil maksimal demi bisa membalikkan keadaan dan lolos ke putaran final Liga Europa.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Fenerbahce kedatangan lawannya asal Finlandia, yakni HJK Helsinki dalam laga leg pertama play-off Liga Europa 2021-2022. Lebih dulu bermain di kandang sendiri, jelas di laga ini Fenerbahce berusaha keras untuk bisa meraih kemenangan dengan skor sebanyak mungkin. Karena itulah sejak babak pertama dimulai, mereka langsung bermain agresif dengan mengurung pertahanan sang tamu.

Sepanjang babak pertama, Fenerbahce beberapa kali mendapatkan peluang mencetak gol. Salah satunya adalah melalui sang striker, Miha Zajc yang memanfaatkan umpan Mesut Ozil. Sangat disayangkan eksekusi akhir pemain depan Fenerbahce itu masih gagal berbuah gol alhasil skor masih imbang 0-0.

Sama sama memiliki peluang, kedua kesebelasan memang sama sama gagal melesakkan gol. Saling bermain cukup berhati-hati ditambah rapatnya lini belakang masing masing tim membuat tak ada satupun gol yang tercipta alhasil babak pertama selesai dengan skor imbang 0-0.

Babak Kedua

Setelah turun minu, usaha Fenerbahce untuk bisa melesakkan gol ke gawang HJK berlanjut. Mereka bermain lebih agresif dan melakukan beberapa pergantian pemain untuk menambah daya dobrak mereka. Hasilnya memang serangan demi serangan yang dilancarkan Fenerbahce menjadi lebih hidup.

Setelah bekerja keras, usaha tuan rumah akhirnya berbuah gol di menit ke-65 babak kedua. Aksi Muhammed Gumuskaya berhasil menerobos pertahanan tim tamu. Sampai akhirnya aksi Gumuskaya ini berakhir dengan gol yang membawa Fenerbahce unggul dengan skor 1-0.

Di sisa waktu yang ada, HJK memang berusaha keras untuk melesakkan gol balasan, akan tetapi lini belakang Fenerbahce masih disiplin sampai laga selesai. Alhasil skor 1-0 pun berhasil dipertahankan sampai laga selesai dan kemenangan jatuh ke tangan Fenerbahce.

Susunan Pemain Fenerbahce vs HJK Helsinki

Fenerbahce (3-4-3): Altay Bayindir, Marcel Tisserand, Serdar Aziz, Attila Szalai, Bright Osayi-Samuel, Jose Sosa, Luis Gustavo, Filip Novak, Irfan Kahveci, Miha Zajc, Mesut Ozil.

HJK Helsinki (4-4-2): Jakob Taanannder, Luis Murillo, Daniel O’Shaughnessy, Valtteri Moren, Janne Saksela, Riku Riski, Jair, Tim Sparv, Santeri Hostikka, Filip Valencic, Roope Riski.