google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Kualifikasi UEL: Galatasaray Ditahan Imbang St. Johnstone

Galatasaray vs St. Johsntone
St. Johnstone sukses tahan imbang raksasa Turki, Galatsaray di babak ketiga kualifikasi Liga Europa.

cr photo: NTVSpor

Raihan kurang maksimal didapat oleh kesebelasan Galatasaray ketika berhadapan dengan St. Johnstone dalam babak ketiga kualifikasi Liga Europa. Memainkan laga leg pertama dengan menjadi tuan rumah terlebih dahulu, Galatasaray memang lantas mendominasi sepanjang jalannya pertandingan. Mereka memaksa sang tamu hanya mampu bertahan di areanya sendiri. Akan tetapi St. Johnstone memang tampil sangat solid dalam bertahan di pertandingan kali ini. Mereka berhasil membuat lini serang Galatasaray cukup frustasi. St. Johnstone pun sukses menahan imbang Galatasaray dengan skor akhir 1-1.

Satu gol yang dilesakkan Galatasaray di pertandingan ini dicetak oleh Sacha Boey. Sedangkan satu satunya gol balasan pasukan St. Johstone dicetak oleh pemainnya yang bernama Jason Kerr lewat eksekusi penalti. Dilihat dari statistik, sangat jelas bahwa di sepanjang laga sang tamu hanya dipaksa bertahan oleh Galatsaray. Di laga ini juga lahir satu kartu merah yang diberikan kepada kiper Galatasaray, Fernando Muslera. Tercatat tuan rumah mendapat penguasaan bola sebesar 71 persen berbanding 29 persen. Galatasaray juga melepas 9 kali tembakan dengan 3 yang on target. Sementara itu pasukan St. Johnstone meski hanya membuat 3 tembakan sepanjang 90 menit cukup beruntung karena tetap bisa melesakkan gol sekaligus menahan imbang tuan rumah.

Dengan hasil ini, Galatasaray gagal mendapatkan modal berharga untuk melakoni pertandingan leg kedua nanti. Di mana laga leg kedua akan digelar gantian di markas dari St. Johnstone. Hasil imbang 1-1 sebenarnya tak begitu merugikan Galatasaray melihat aturan gol tandang mulai musim 2021-2022 ini akan dihilangkan. Meski demikian, mereka tetap mesti waspada akan kejutan selanjutnya dari St. johnstone. Sementara bagi St. Johnstone sendiri raihan ini menjadi modal cukup berharga, karena bisa menahan imbang Galatasaray di laga tandang jelas akan menambah kepercayaan diri para pemain.

Rangkyman Pertandingan

Kesebelasan Galatasaray kedatangan delegasi asal Skotlandia, yakni St. Johnstone dalam babak ketiga kualifikasi Liga Europa leg pertama. Bermain di kandang sendiri, Galatasaray mengincar kemenangan demi bisa mengantongi modal untuk leg kedua nanti. Sejak wasit memulai pertandingan, mereka langsung tampil agresif menekan pertahanan sang tamu yang dipaksa bermain bertahan cukup dalam.

Kans terbaik Galatasaray untuk mencetak gol di babak pertama lahir lewat kaki winger veteran asal Belanda, yakni Ryan Babel. Mantan pemain Liverpool itu lakukan tusukan yang sangat baik dari sisi kiri, sayang eksekusi akhirnya masih jauh dari harapan. Gol pun sama sekali tak tercipta sampai dengan babak pertama selesai. Skor imbang tanpa gol pun menjadi penghias saat turun minum.

Babak Kedua

Setelah turun minum, Galatasaray yang tak kunjung melesakkan gol pembuka berusaha keras untuk menaikan intensitas serangan mereka. Tensi permainan pun naik lebih tinggi dan serangan demi serangan sang tuan rumah meningkat menjadi lebih cepat.

Akan tetapi alih alih melesakkan gol pembuka, gawang Galatasaray malah harus lebih dulu kebobolan ketika babak kedua memasuki menit ke-58. Diwali pelanggaran pemain Galatasaray di area terlarang, wasit memberikan penalti kepada tim tamu. Jason Kerr yang jadi algojo berhasil menjalankan tugasnya dengan sangat baik untuk bisa membawa St. Johnstone sementara unggul 0-1.

Namun keunggulan St. Johnstone ini ternyata tidak bertahan lama. Berselang dua menit saja, Galatasaray yang enggan kalah lantas berhasil melesakkan gol penyama kedudukan. Muhammed Akturkoglu berhasil mengirim umpan yang diselesaikan dengan baik oleh Sacha Boey untuk merubah kedudukan menjadi imbang 1-1. Sayangnya di sisa waktu babak kedua, Galatasaray gagal menambah gol, sehingga skor imbang 1-1 ini bertahan hingga laga selesai dan jadi hasil akhir pertandingan.

Susunan Pemain Galatasaray vs St. Johnstone

Galatasaray (4-2-3-1): Fernando Muslera, Sacha Boey, Christian Luyindama, Marcao, Patrick van Aanholt, Aytac Kara, Taylan Antalyalli, Muhammed Akturkoglu, Berkan Kutlu, Ryan Babel, Mostafa Mohamed.

St. Johnstone (3-5-2): Zander Clark, Jamie McCart, Liam Gordon, Jason Kerr, Reece Devine, David Wotherspoon, Murray Davidson, Alistair McCan, Shaun Rooney, Christopher Kane, Michael O’Halloran.