google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Kualifikasi UEL: Glasgow Celtic Libas FK Jablonec

FK Jablonec vs Glasgow Celtic
Glasgow Celtic menang di kandang FK Jablonec dalam babak ketiga kualifikasi Liga Europa.

cr photo: Radek Petrasek CTK via AP

Hasil maksimal berhasil diraih oleh kesebelasan Glasgow Celtic ketika bertandang melawan FK Jablonec di babak ketiga kualifikasi Liga Europa. Melakoni laga leg pertama sebagai tim tamu lebih dulu, membuat Celtic bermain cukup berhati-hati di pertandingan kali ini. Mereka kemudian memang mendapat perlawanan cukup ketat dari sang tuan rumah yang bermain agresif. Namun kecerobohan tuan rumah memang pada akhirnya membuat mereka harus menelan kekalahan cukup telak di laga ini dari sang tamu. Celtic sukses amankan kemenangan di pertandingan ini dengan skor akhir cukup meyakinkan, yakni 2-4.

Gol gol kemenangan pasukan Celtic di pertandingan ini dilesakkan oleh empat pemain berbeda. Masing masing dari mereka adalah Liel Abada, Kyogo Furuhashi, Ryan Christie, dan James Forrest. Sedangkan gol gol balasan skuad tuan rumah di pertandingan ini dilesakkan oleh Vaclav Pilar dan Tomas Malinsky. Dari statistik Celtic sendiri memang jauh lebih mendominasi dari segala aspek di laga ini. Maka cukup layak bila kemudian raksasa Skotlandia itu meraih kemenangan di laga ini.

Kemenangan telak di kandang lawan ini berhasil memberikan Celtic modal yang sangat berharga untuk menjalani laga leg kedua nanti. Celtic sangat diuntungkan karena di pertandingan leg kedua nanti mereka gantian akan bermain di kandang sendiri. Empat gol tandang yang mereka lesakkan akan sangat meringankan laju mereka untuk melangkah ke babak selanjutnya. Sementara untuk lawannya, Jablonec, kekalahan ini membuat kans mereka lolos ke babak selanjutnya menjadi sangat kecil.

Rangkuman Pertandingan

Duel menarik mempertemukan tuan rumah FK Jablonec menghadapi Glasgow Celtic dalam laga leg pertama babak ketiga kualifikasi Liga Europa 2021-2022. Lebih dulu tampil sebagai tuan rumah, Jablonec berusaha keras meladeni perlawanan Celtic. Akan tetapi mereka malah harus kebobolan lebih dulu di saat babak pertama memasuki menit ke-12. Sepakan keras Liel Abada berhasil melesak masuk menjadi gol dan membawa Celtic unggul 0-1.

Tidak mau kalah begitu saja menghadapi tim tamu, Jablonec lantas berusaha menaikan tensi serangan. Tapi kelengahan di lini pertahanan membuat mereka harus kembali kebobolan. Kyogo Furuhashi berhasil melesakkan gol di menit ke-16 usai meneruskan umpan Nir Bitton untuk menggandakan skor bagi Celtic menjadi 0-2.

Gol balasan yang ditunggu publik tuan rumah akhirnya lahir satu menit kemudian, yakni di menit ke-17. Vaclav Pilar mendapat umpan terukur dari Jakub Povazanec yang tak ia sia siakan menjadi gol untuk perbesar skor menjadi 1-2. Kedudukan ini kemudian tak berubah sampai dengan babak pertama selesai.

Babak Kedua

Pasca istirahat, kedua tim benar benar tak menurunkan tensi pertandingan. Jual beli serangan masih terjadi meski bola lebih sering dipegang Celtic. James Forrest berhasil melesakkan gol ketiga untuk Celtic pada saat babak kedua memasuki menit ke-64. Gol ini membawa Celtic kembali menjauh kini dengan skor 1-3.

Tuan rumah yang enggan menyerah kembali berhasil memperkecil ketertinggalan saat babak kedua masuk menit akhir, yakni menit ke-85. Jakub Povazanec kembali mencetak assist yang kini memudahkan Tomas Malinsky mencetak gol untuk tipiskan skor menjadi 2-3.

Ketika laga akan berakhir sangat disayangkan Jablonec malah harus kembali kebobolan. Pada masa injury time babak kedua, Ryan Christie berhasil mencatatkan namanya di papan skor untuk memastikan Glasgow Celtic meraih kemenangan di laga ini dengan skor akhir 2-4.

Susunan Pemain FK Jablonec vs Glasgow Celtic

FK Jablonec (4-5-1): Jan Hanus, Michal Surzyn, Jakub Martinec, Jaroslav Zeleny, Jan Krob, Dominik Plestil, Vojtech Kubista, Jakub Povazanec, Milos Kratochvil, Vaclav Pilar, Martin Dolezal.

Glasgow Celtic (4-3-3): Joe Hart, Greg Taylor, Carl Starfelt, Nir Bitton, Anthony Raslton, Callum McGregor, David Turnbull, Ismaila Soro, James Forrest, Kyogo Furuhashi, Liel Abada.