google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Kualifikasi UEL: Glasgow Celtic Sukses atasi AZ Alkmaar

Glasgow Celtic vs AZ Alkmaar
Kyogo Furuhashi tampil apik bantu Glasgow Celtic menang atas AZAlkmaar di play-off Liga Europa.

cr photo: The Guardian.

Hasil maksimal berhasil didapat oleh kesebelasan Glasgow Celtic ketika menjamu AZ Alkmaar dalam laga leg pertama play-off Liga Europa. Memainkan laga lebih dulu sebagai tuan rumah, klub asal Skotlandia tersebut memang bermain lebih agresif ketimbang lawannya. Celtic juga cukup mendominasi hampir di sepanjang pertandingan meski sempat juga mendapatkan perlawanan alot dari AZ Alkmaar. Akan tetapi berkat performa apik para punggawanya, Celtic berhasil amankan kemenangan di laga ini. Skuad asuhan Ange Postecoglu itu meraih kemenangan dengan skor akhir cukup meyakinkan, yakni 2-0.

Pemain anyar Celtic berkebangsaan Jepang, yakni Kyogo Furuhashi tampil apik dengan mencetak satu gol dan satu assist yang pimpin Celtic menang di pertandingan ini. Sementara itu satu gol lainnya bagi Celtic dilesakkan oleh punggawa senior mereka, yakni James Forrest. Statistik sendiri mencatat memang Celtic bermain lebih dominan dengan membuat 54 persen penguasaan bola berbanding 46 persen. Celtic juga membuat lebih banyak tembakan, yakni 18 kali, sedangkan sang lawan di laga ini hanya membuat 8 tembakan.

Kemenangan ini sangat berharga bagi Celtic yang sedang berhasrat tampil di ajang Eropa musim ini usai sebelumnya mereka dipastikan tak akan lolos ke Liga Champions. Kemenangan 2-0 di leg pertama ini akan cukup meringankan langkah mereka di leg kedua nanti saat bermain sebagai tim tamu. Sedangkan bagi AZ Alkmaar sendiri, hasil ini membuat mau tak mau pada laga leg kedua nanti mereka harus bermain ofensif demi mengejar agregat dua gol. Beruntungnya di leg kedua nanti, wakil Liga Belanda itu akan gantian bermain di kandang sendiri.

Rangkuman Pertandingan

Duel seru mempertemukan raksasa Skotlandia, yakni Glasgow Celtic dengan AZ Alkmaar di laga leg pertama play-off Liga Europa musim 2021-2022. Bermain sebagai tuan rumah di leg pertama membuat Celtic mau tak mau harus bermain menyerang demi bisa meraih kemenangan. Sejak awal menit pertandingan, tuan rumah memang langsung menunjukkan permainan terbuka dan ofensif.

Tekanan tuan rumah sukses membuahkan hasil saat di menit ke-11 babak pertama mereka sukses menggetarkan gawang tim tamu. Ialah Kyogo Furuhashi yang sukses memanfaatkan umpan Tom Rogic untuk mencetak gol dan sementara membawa timnya memimpin dengan skor 1-0.

Di sisa waktu babak pertama, Celtic sebenarnya memiliki sejumlah peluang untuk bisa melesakkan gol. Akan tetapi sangat disayangkan usaha mereka tak ada yang berbuah hasil. Beruntungnya, AZ Alkmaar juga tak mampu melesakkan satupun gol di babak pertama. Alhasil pada paruh pertandingan skor bertahan tetap 1-0 untuk keunggulan tim tuan rumah.

Babak Kedua

Pertandingan seru ini kemudian berlanjut ke babak kedua, baik Celtic maupun AZ Alkmaar sama sama tampil lebih terbuka demi bisa melesakkan gol lebih banyak. Akan tetapi memang sama sama disiplinnya lini belakang mereka membuat gol belum juga kembali tercipta.

Namun ketika babak kedua memasuki menit ke-61, gol kedua akhirnya berhasil dicetak oleh tuan rumah. Usai mencetak gol pertama, kini Kyogo Furuhashi berhasil memberikan assist yang membuat James Forrest sukses mencetak gol untuk gandakan skor Celtic menjadi 2-0. Kedudukan ini kemudian berhasil dipertahankan tim tuan rumah sampai babak kedua selesai dengan skor akhir 2-0.

Susunan Pemain Glasgow Celtic vs AZ Alkmaar

Glasgow Celtic (4-3-3): Joe Hart, Anthony Ralston, Carl Starfelt, Stephen Welsh, Greg Taylor, David Turnbull, Callum McGregor, Tom Rogic, James Forrest, Kyogo Furuhashi, Liel Abada.

AZ Alkmaar (4-3-3): Hobie Verhulst, Thijs Oosting, Bruno Martins Indi, Timo Letschert, Yukinari Sugawara, Teun Koopmeiners, Dani de Wit, Fredrik Midtsjoe, Zakaria Aboukhlal, Evangelos Pavlidis, Albert Gudmundsson.