google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Laga Uji Coba: Barcelona Menang Telak atas Juventus

Barcelona vs Juventus
Barcelona tumbangkan Juventus dengan skor telak dalam ajang Trofi Joan Gamper.

cr photo: Eric Alonso via Getty Images

Raihan memuaskan berhasil diraih oleh kesebelasan Barcelona ketika berhadapan dengan Juventus dalam pertandingan uji coba pra musim. Sebagai tuan rumah, meski turun dengan banyak pemain pelapis dan pemain muda, Barcelona tetap tampil apik di sepanjang laga. Bahkan dengan berita soal kepergian Messi ke PSG, Barca masih tampil sangat fokus di laga ini. Juventus yang juga berusaha meraih kemenangan pun dibuat sangat kesulitan oleh tuan rumah. Alhasil dengan permainan apiknya dan kerja keras, Barcelona berhasil meraih kemenangan di laga ini dengan skor akhir cukup telak, yakni 3-0.

Tiga gol yang menjadi penentu kemenangan pasukan Barcelona di laga ini masing masing dilesakkan oleh Memphir Depay, Martin Braithwaite, dan Riqui Puig. Sementara itu dari segi statistik pertandingan, Los Cules memang unggul segalanya atas Bianconeri. Barca mencatatkan penguasaan bola sebesar 69 persen berbanding 31 persen milik Juventus. Jumlah tembakan yang dilepas kedua tim di laga ini sama, yakni 13 kali, akan tetapi Barca yang jauh lebih agresif dan efektif sukses melesakkan tiga gol yang kemudia jadi penentu kemenangan mereka di pertandingan kali ini.

Hasil memuaskan ini membuat Barcelona berhasil mempertahankan gelar jauar Trofi Joan Gamper yang memang rutin mereka selenggarakan di saat pra musim. Kemenangan ini juga cukup menegaskan bahwa tanpa Messi, Barcelona masih akan mampu bersaing dengan klub klub raksasa Eropa lainnya. Sedangkan bagi Juve, meski hanya sebuah pertandingan uji coba pra musim, namun kekalahan ini menunjukkan bahwa mereka masih memiliki bahan evaluasi segudang. Pelatih Massimiliano Allegri pun harus terus memutar otak untuk mematangkan skuadnya karena musim kompetisi baru Liga Italia akan segera bergulir pertengahan Agustus ini.

Rangkuman Pertandingan

Laga menarik menghadirkan duel antara Barcelona melawan Juventus dalam laga uji coba pra musim bertajuk Trofi Joan Gamper. Digelar di Camp Nou, Barcelona sebagai tuan rumah memang tetap mengincar kemenangan demi mempertahankan trofi yang rutin mereka adakan setiap pra musim itu. Alhasil sejak babak pertama dimulai, Barca langsung menekan pertahanan Juventus.

Gol bahkan sudah dilesakkan pasukan Ronald Koeman saat babak pertama bahkan baru berjalan tiga menit. Yusuf Demir yang berhasil merebut bola di lini tengah langsung memberikan umpan terobosan kepada Memphis Depay. Berdiri cukup bebas, Depay berhasil melesakkan gol ke gawang Juventus untuk bawa Barca sementara unggul 1-0.

Di sisa waktu babak pertama, Barcelona yang unggul lebih dulu kian percaya diri memainkan bola. Mereka sempat memiliki beberapa kans menambah keunggulan namun gagal berbuah gol. Beruntung bagi Barca, karena lawan mereka, yaitu Juventus juga gagal mengejar ketertinggalan. Alhasil babak pertama selesai dengan skor 1-0 untuk Barcelona.

Babak Kedua

Ketika pertandingan memasuki babak kedua, Barcelona yang masih unggul menaikan tensi serangan mereka. Hal ini membuat Barca sukses melesakkan gol keduanya saat babak kedua memasuki menit ke-57. Memphis Depay melepas umpan yang berhasil disundul dengan baik oleh Martin Braithwaite. Gol striker asal Denmark itu sukses gandakan keunggulan Barca menjadi 2-0.

Kegagalan Juve melesakkan satupun gol balasan berhasil dimanfaakan Barca untuk melesakkan gol ketiganya di masa injury time babak kedua. Sepakan indah yang dilepas Riqui Puig berhasil menjebol gawang Juventus sekaligus memastikan Barcelona memenangkan pertandingan ini dengan skor akhir 3-0.

Susunan Pemain Barcelona vs Juventus

Barcelona (4-2-3-1): Neto, Sergino Dest, Gerard Pique, Ronald Araujo, Jordi Alba, Sergi Roberto, Sergio Busquets, Antoine Griezmann, Yusuf Demir, Memphis Depat, Martin Braithwaite.

Juventus (4-4-2): Wojciech Szczesny, Alex Sandro, Daniel Rugani, Matthijs de Ligt, Mattia De Sciglio, Federico Bernadeschi, Aaron Ramsey, Rodrigo Bentancur, Juan Cuadrado, Cristiano Ronaldo, Alvaro Morata.