google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Laga Uji Coba: Chelsea Sukses Bungkam Arsenal

Arsenal vs Chelsea
Chelsea bungkam Arsenal di Emirates Stadium dalam laga uji coba pra musim.

cr photo: Sports Illustrated

Kemenangan berhasil diraih oleh kesebelasan Chelsea saat berhadapan dengan Arsenal dalam pertandingan uji coba pra musim di Emirates Stadium. Memainkan laga di kandang sendiri, Arsenal memang berusaha keras untuk mengalahkan rival sekotanya itu meski laga ini hanya merupakan laga uji coba. Akan tetapi skuad Thomas Tuchel memang bermain lebih apik di laga ini ketimbang The Gunners. Menguasai jalannya pertandingan, pada akhirnya Chelsea sukses amankan kemenangan. The Blues berhasil memenangkan laga ini dengan skor akhir tipis saja, yakni 2-1 atas Arsenal.

Gol gol yang jadi penentu kemenangan pasukan Chelsea di pertandingan ini masing masing dilesakkan oleh Kai Havertz dan Tammy Abraham. Sedangkan satu satunya gol balasan Arsenal dicetak oleh gelandang yang terus dikabarkan akan hengkang ke AS Roma, yaitu Granit Xhaka. Secara statistik Chelsea memang lebih unggul dengan catatan penguasaan bola sebesar 56 persen berbanding 44 persen. Jumlah tembakan yang dilepas The Blues juga lebih banyak, yakni 17 tembakan, sementara Arsenal hanya berhasil membuat 14 tembakan.

Meski hanya laga uji coba, namun kemenangan ini cukup penting bagi Chelsea untuk menjaga semangat positif para pemainnya sekaligus mengukur seberapa solid skuadnya. Walau demikian, jelas masih ada beberapa hal yang masih harus dibenahi skuad Thomas Tuchel untuk menyambut musim yang akan datang. Sedangkan untuk Arsenal, kekalahan ini memang cukup mengecewakan karena tampil di depan pendukung mereka sendiri. Meski demikian, pelatih Mikel Arteta nampak tak mau terlalu ambil pusing dan lebih memilih fokus untuk terus mematangkan skuad The Gunners untuk musim kompetisi baru.

Rangkuman Pertandingan

Big match terjadi saat dua tim asal London, yakni Arsenal dan Chelsea saling berhadapan dalam pertandingan uji coba pra musim yang digelar di Emirates Stadium. Bermain di kandang sendiri, Arsenal jelas mengincar kemenangan demi menjaga gengsi atas sang rival sekota. Walau begitu, sejak menit awal usaha Arsenal bermain menyerang terbentur skuad Chelsea yang memainkan sepak bola kolektif khas strategi Thomas Tuchel.

Pasukan The Blue sukses membuka skor terlebih dulu ketika babak pertama memasuki menit ke-26. Timo Werner memberikan umpan matang yang jatuh di kaki Kai Havertz. Tanpa kesalahan, gelandang muda Jerman itu berhasil melesakkan gol untuk membawa Chelsea memimpin 0-1.

Setelah kebobolan, Arsenal berusaha keras untuk lancarkan gol balasan. Akan tetapi kurang maksimalnya performa lini belakang Arsenal membuat mereka sulit mencetak gol. Chelsea sendiri untungnya masih gagal menambah gol, sehingga babak pertama selesai dengan skor imbang 1-1.

Babak Kedua

Saat pertandingan memasuki babak kedua, Arsenal menaikan intensitas serangan mereka demi mengejar ketertinggalan. Hal ini cukup efektif menekan pertahanan The Blues. Sampai pada akhirnya gol balasan Arsenal pun lahir saat babak kedua memasuki menit ke-69. Nicolas Pepe memberikan assist matang yang diteruskan menjadi gol oleh seorang Granit Xhaka. Kapten timnas Swiss itu membuat skor kini menjadi imbang 1-1.

Akan tetapi skor imbang ini tak bertahan begitu lama karena tiga menit kemudian, atau di menit ke-72, Chelsea kembali melesakkan golnya. Tammy Abraham berhasil memaksimalkan umpan yang ia dapatkan untuk membobol gawang Arsenal dan bawa The Blues kembali memimpin 1-2. Di sisa waktu babak kedua, usaha Arsenal untuk menyamakan skor terus alami kegagalan. Alhasil laga ini dimenangkan oleh Chelsea dengan skor akhir 1-2.

Susunan Pemain Arsenal vs Chelsea

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno, Callum Chambers, Rob Holding, Pablo Mari, Kieran Tierney, Mohamed Elneny, Thomas Partey, Emile Smith-Rowe, Nicolas Pepe, Pierre Emerick-Aubameyang, Alexandre Lacazette.

Chelsea (3-4-3): Edouard Mendy, Antonio Rudiger, Kurt Zouma, Trevoh Chalobah, Christian Pulisic, Matteo Kovacic, Ruben Loftus-Cheek, Callum Hudson-Odoi, Timo Werner, Kai Havertz, Hakim Ziyech.