google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Laga Uji Coba: Liverpool Diimbangi Athletic Bilbao

Liverpool vs Atheltic Bilbao
Athletic Bilbao berhasil tahan imbang Liverpool di Anfield dalam laga uji coba.

cr photo: This is Anfield

Hasil kurang maksimal diraih oleh kesebelasan Liverpool ketika menghadapi Athletic Bilbao dalam pertandingan uji coba pra musim. Tampil di kandang mereka sendiri, yakni Anfield Road, Liverpool memang mengincar hasil semaksimal mungkin walaupun ini hanyalah sebuah laga uji coba. Pasukan Jurgen Klopp lantas memberikan tekanan cukup tinggi di sepanjang jalannya pertandingan. Akan tetapi sayangnya memang sang lawan yang merupakan Kuda Hitam La Liga mampu menampilkan pertahanan yang solid. Berhasil meredam lini depan Liverpool, Bilbao pun sukses memaksa sang tuan rumah hanya bisa bermain imbang dengan skor akhir 1-1.

Satu satunya gol yang dilesakkan pasukan The Reds di pertandingan ini dilesakkan oleh pemain depan andalan mereka, yakni Diogo Jota. Sedangkan satu gol balasan yang dicetak tim tamu lahir lewat aksi eks pemain Torino, yakni Alex Berenguer. Statistik memperlihatkan Liverpool memang jauh lebih dominan, mereka unggul penguasaan bola sebesar 62 persen berbanding 38 persen. Jumlah tembakan yang dilepas Liverpool pun lebih banyak, yakni 14 sedangkan Bilbao hanya 11. Walau begitu sayangnya memang kokohnya pertahanan Bilbao sanggup menahan imbang raksasa Inggris tersebut.

Raihan imbang ini memang tak mempengaruhi apapun bagi Liverpool, akan tetapi kegagalan mereka meraih kemenangan di kandang sendiri jelas sedikit mengurangi kepercayaan diri para pemainnya. Meski demikian, Jurgen Klopp masih memiliki cukup waktu untuk mematangkan skuadnya demi menyongsong musim baru Liga Inggris yang akan dimulai kurang dari seminggu. Sementara bagi Bilbao, keberhasilan mereka menahan Liverpool di Anfield jelas menambah kepercayaan diri para pemainnya. Ini jadi modal evaluasi yang baik bagi kubu Bilbao untuk kembali ke Spanyol dan mempersiapkan skuad mereka.

Rangkuman Pertandingan

Duel ketat terjadi saat tuan rumah Liverpool kedatangan lawannya, yakni Athletic Bilbao dalam pertandingan uji coba pra musim 2021-2022. Tampil di kandangnya sendiri, Liverpool memasang target wajib menang di laga ini, oleh itulah sebabnya mereka langsung tampil menyerang sejak pertandingan dimulai. Liverpool menekan Bilbao yang terpaksa bermain di area pertahanannya sendiri.

Gol pembuka berhasil dilesakkan Liverpool di awal awal babak pertama, yaitu di menit ke-13. Sadio Mane memberikan umpan yang dimaksimalkan dengan sangat baik oleh Diogo Jota. Aksi striker The Reds asal Portugal itu berhasil membawa Liverpool sementara unggul 1-0.

Keberhasilan Liverpool melesakkan gol pembuka membuat mereka semakin percaya diri tampil di sisa babak pertama. Akan tetapi usaha usaha anak asuhan Jurgen Klopp selalu gagal karena membentur kokohnya lini belakang Bilbao. Alhasil babak pertama selesai dengan kedudukan tetap tak berubah 1-0 untuk keunggulan Liverpool.

Babak Kedua

Usai turun minum, Liverpool sama sekali tak menurunkan tensi permainan mereka yang tetap tinggi dengan intensitas serangan yang juga tetap tinggi. Namun sekali lagi, Bilbao berhasil meredam serangan demi serangan yang dilancarkan sang tuan rumah di babak kedua.

Alih alih melesakkan gol tambahan, gawang Liverpool malah kebobolan di menit ke-53. Sebuah umpan yang dilepas Oihan Sancet berhasil diteruskan menjadi gol oleh Alex Berenguer. Lesakkan gol ini membuat kedudukan kini menjadi imbang 1-1.

Di sisa pertandingan babak kedua, Liverpool yang masih memburu kemenangan berusaha sekuat mungkin untuk kembali melesakkan gol. Tetapi tumpulnya lini depan Liverpool membuat gol tak kunjung lahir. Alhasil sampai babak kedua selesai skor 1-1 tak berubah dan menjadi hasil akhir pertandingan ini.

Susunan Pemain Liverpool vs Athletic Bilbao

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker, Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson, Harvey Eliott, James Milner, Naby Keita, Sadio Mane, Mohamed Salah, Diogo Jota.

Athletic Bilbao (4-4-2): Julen Agirrezabala, Mikel Balenziaga, Inigo Martinez, Daniel Vivian, Oscar de Marcos, Iker Muniuain, Alex Berenguer, Unai Vencedor, Dani Garcia, Inaki Williams, Oihan Sancet.