google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Langkah-Langkah Melakukan Pembayaran Apartemen dan Metode Pembayarannya

Membeli apartemen menjadi daya tarik sendiri untuk pasangan baru yang ingin tinggal mandiri. Apartemen mempunyai keuntungan yang banyak misalnya, fasilitas yang lengkap, sistem keamanan yang terjamin, lokasi yang strategis, dan dekat dengan fasilitas umum.

Bagi kalian yang tinggal di kota besar seperti, Jakarta, Bandung, Bogor dan lain – lain, apartemen merupakan pilihan yang sangat tepat. Apartemen tersebut bisa kalian sesuaikan dengan lokasi kerja kalian. Tidak hanya menghemat waktu dan tenaga, apartemen bisa dijadikan investasi. Berikut tata cara pembelian apartemen :

Tata Cara Pembelian Apartemen

  1. Booking Fee

Tata cara pembelian apartemen yang pertama adalah booking fee atau pemesanan awal. Jika kalian ingin membeli apartemen langkah awalnya dengan memberikan sejumlah uang disesuaikan dengan besar, kecilnya unit dan tergantung developernya. Setelah kalian melakukan booking fee kalian akan diberikan nomor urut beli (NUB) untuk mengikat jual beli. Di dalam proses awal ini kalian bisa membatalnya dan dikembalikannya uang.

2. Uang muka

Tata cara pembelian apartemen yang ke dua adalah uang muka. Untuk uang muka kalian bisa membayarnya langsung atau kredit, tetapi disarankan untuk pembayaran secara kredit karena lebih ringan. Jika kalian memilih pembayaran kredit, developer akan menghitung berapa lama angsurannya. Developer harus menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh customer agar customer percaya.

3. Bukti PPJB

Setelah uang muka kalian lunas, developer akan memberikan surat PPJB ( Perjanjian Jual Beli ). Surat ini merupakan pengganti akta jual beli untuk sementara waktu, setelah pembayaran semuanya lunas. Surat PPJB ini menjadi bukti sah bahwa kalian pemilik apartemen yang kalian beli.

4. Pelunasan Apartemen

Tata cara yang terakhir adalah pelunasan apartemen. Jika sudah mendapat surat PPJB kalian harus menyelesaikan pembayarannya sampai lunas. Bila kalian membatalkannya bisa dikenakan denda dan uang yang sudah dibayar tidak bisa dikembalikan lagi. Untuk mempermudah pembayaran kalian bisa menggunakan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), kalian bisa melakukannya di Bank yang kalian pilih.

Untuk membayar apartemen yang kalian pilih bisa menggunakan 4 metode pembayaran apartemen di bawah ini:

Metode Pembayaran Apartemen

  1. Hard Cash

Metode pembayaran apartemen yang pertama adalah hard cash atau tunai. Jika kalian memilih metode pembayaran ini, kalian harus menyiapkan uang sesuai dengan nominal apartemen yang kalian ingin beli. Kalian hanya cukup membayar sekali tidak perlu menunggu berbulan – bulan, tetapi untuk mengumpulkan uangnya juga cukup lama, apalagi untuk yang keterbatasan ekonomi.

2. Tunai Bertahap

Metode pembayaran apartemen yang ke dua adalah tunai bertahap. Jika kalian memilih metode pembayaran ini, kalian bisa membayar apartemen yg kalian pilih secara bertahap. Biasanya lama waktu pembayarannya 3 sampai 60 kali, disesuaikan dengan kesepakatan dari developer dan customer.

3. KPA (Kredit Pemilikan Apartemen)

KPA (Kredit Pemilikan Apartemen) adalah metode pembayaran secara kredit yang diberikan kepada bank. Kalian bisa mendapatkan KPA ini jika kalian mengajukannya kepada bank yang kalian pilih. Jika kalian memilih metode pembayaran ini, kalian akan dibantu oleh bank untuk melunasi apartemen yang kalian beli.

4. Ballon Payment

Metode yang terakhir adalah ballon payment. Jika kalian memilih metode pembayaran ini, kalian akan mendapatkan keringanan dipembayaran awal tetapi diakhir pembayaran kalian akan diberatkan dengan nominal yang besar.