google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liburan Ke Bandung? Cek Dulu Tempat Wisata Di Bandung Yang Ditutup Sementara!

tempat wisata di Bandung
Kiara Artha Park, salah satu tempat wisata di Bandung yang ditutup sementara hingga 1 Juni (foto: Instagram/Novi Theodora)

Dengan meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Bandung pasca libur Lebaran, Pemerintah Kota Bandung memutuskan menutup sementara beberapa tempat wisata di Bandung mulai 23 Mei hingga 1 Juni 2021. Keputusan penutupan sementara tempat wisata tersebut berdasarkan Surat Pemberitahuan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Bandung Nomor PB.01.01/967-Sekre.DiskarPB.

Baca juga: Ini Dia Tempat Wisata di Jakarta yang Buka Kembali Pasca Libur Lebaran 2021

Penutupan sementara obyek wisata dilakukan dalam rangka mengantisipasi kerumuman yang bisa berpotensi menyebarkan virus Corona. Selain itu, penutupan sementara akan menjadi bahan evaluasi perkembangan penanganan virus Covid-19 di Kota Bandung.

Menurut Dewi Kaniasari, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, setidaknya ada enam tempat wisata di Kota Bandung yang ditutup. Keenam tempat wisata tersebut menjadi favorit wisatawan, baik dari Bandung maupun luar Kota Bandung saat mengisi hari libur. Pengelola masing-masing tempat wisata telah memahami dan setuju mengenai penutupan sementara tersebut.

Berikut enam tempat wisata di Bandung yang ditutup sementara hingga 1 Juni mendatang.

1. Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoological Garden)

tempat wisata di Bandung
Pintu masuk Bandung Zoological Garden

Salah satu tempat wisata di Bandung yang ditutup sementara adalah Bandung Zoological Garden atau dikenal dengan Bandung Zoo. Tempat rekreasi seluas 14 hektar ini terletak di jantung Kota Bandung dan berdampingan dengan Kampus ITB dan Sungai Cikapundung.

Bandung Zoo memiliki lebih dari 800 koleksi hewan yang terdiri dari mamalia, reptile, aves, dan ikan. Selain itu, kebun binatang ini juga menjadi lokasi penelitian dan pendidikan.

Pengunjung yang datang juga bisa berinteraksi dengan koleksi satwa tertentu. Bagi yang ingin merasakan sensasi menunggangi satwa, bisa mencoba wahana Gajah Tunggang, Unta Tunggang, dan Kuda Tunggang.

Ada juga atraksi pertunjukan satwa, seperti anjing pudel, binturong, burung macaw biru, dan lainnya. Tersedia juga pemandu sesuai dengan permintaan. Jika datang bersama rombongan, ada harga khusus yang diberikan pengelola.

Alamat: Jl. Kebun Binatang No. 6, Kota Bandung

Tiket masuk: Rp. 50.000 (dewasa & anak-anak)

2. Karang Setra Waterland        

Karang Setra Waterland dilihat dari ketinggian (foto: cute766.info)

Selain sebagai kolam renang atlet dan tempat ekstrakurikuler siswa sekolah, Karang Setra Waterland adalah salah satu tempat wisata air di Kota Bandung yang tak pernah sepi pengunjung. Kolam renang yang berada di area seluas 6 hektar ini telah berdiri sejak 1954.

Ada banyak fasilitas dan wahana seru untuk dicoba bersama teman dan keluarga. Diantaranya adalah Kolam Naga, wahana seluncuran dalam perut naga sepanjang 15 meter yang melingkar-lingkar. Selain itu, ada water boom yang jadi favorit para pengunjung. Terdapat dua buah jalur water boom dengan ketinggian 12 meter, yaitu jalur biru sepanjang 86 meter dan jalur kuning dengan panjang 82 meter.

Kalau memilih bersantai saja, ada Kolam Arus dan Air Terjun. Ada juga Kolam Pantai, kolam landai dengan desain bibir pantai dan pepohonan di sekitarnya. Masih ada banyak wahana lain yang patut dicoba, seperti Space Ball dan Water Ball.

Alamat: Jl. Sirnagalih KM. 4,5 No. 15, Gegerkalong, Kota Bandung

Tiket masuk: Rp. 40.000 (weekday), Rp. 45.000 (weekend & libur nasional)

3. Saung Angklung Udjo (SAU) 

tempat wisata di Bandung
Salah satu pertunjukan di Saung Angklung Udjo (foto: yourbandung.com)

Saung Angklung Udjo jadi salah satu tempat wisata di Bandung yang ditutup sementara hingga 1 Juni. Tempat ini adalah salah satu destinasi favorit wisatawan yang menyuguhkan pertunjukan, tempat kerajinan tangan, serta workshop alat musik dari bambu.

SAU didirikan oleh Udjo Ngalagena dan Uum Sumiati, sang isteri, untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Sunda, khususnya Angklung kepada masyarakat. Di sini, kamu bisa melihat dan menikmati keunikan budaya Sunda diiringi alunan musik Angklung yang harmonis.

Kamu bahkan bisa ikutan belajar memainkan alat musik Angklung! Selain itu, pengunjung akan disuguhkan udara segar dan pemandangan indah pohon-pohon bambu di sekitar tempat yang cocok dijadikan sebagai sarana hiburan dan pendidikan ini.

Oh iya, pengunjung juga bisa membeli souvenir berupa berbagai produk alat bambu tradisional, mulai dari angklung, calung, arumba, dan lainnya.

Alamat: Jl. Padasuka No. 118, Pasirlayung, Kota Bandung

Tiket masuk: Rp. 75.000 (dewasa), Rp. 70.000 (anak-anak)

 4. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

Zona kota di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani (foto: kompas.com)

Menjadi tempat rekreasi favorit keluarga, Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution menawarkan berbagai fasilitas bermain bagi anak-anak. Lokasi taman sangat strategis, tepat di jantung Kota Bandung.

Taman terbagi menjadi tiga zona, yaitu zona kota, zona air, dan zona gunung. Di zona kota terdapat beragam sarana edukasi berlalu lintas, seperti terminal bus, stasiun kereta api, dan permainan lalu lintas. Anak-anak juga bisa bermain dan mengendarai sepeda di jalanan beraspal yang dilengkapi marka jalan.

Sementara itu, terdapat kolam renang dangkal lengkap dengan pepohonan yang asri. Anak-anak bisa berenang dan bermain tanpa takut tenggelam. Di zona gunung, kamu bisa menemukan area playground dan berbagai wahana.

Tak ketinggalan, fasilitas seperti area piknik, kafetaria, rumah pohon, serta Gedung Serba Guna. Area ini cocok untuk melepas lelah setelah seharian berkeliling di Taman Lalu Lintas. Fasilitas umum juga terbilang lengkap, diantaranya area parkir, mushala, dan toilet.

Alamat: Jl. Belitung No.1, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung

Tiket masuk: Rp. 6.000 (weekday), Rp. 7.000 (weekend & libur nasional)

5. Trans Studio Bandung                      

Wahana di Trans Studio Bandung (foto: tiket.com)

Trans Studio Bandung menjadi theme park indoor terbesar di Indonesia yang menawarkan beragam wahana seru, teater, hingga area bermain bagi anak-anak. Taman bermain ini berdiri di atas lahan seluas 4,2 hektar dan terbagi dalam 3 zona dengan tema unik yang berbeda-beda.

Ketiga zona tersebut adalah Lost City dimana pengunjung bisa merasakan petualangan seru menjelajah Kota Yang Hilang di Hutan Amazon. Berikutnya adalah Studio Central yang akan membawa mimpimu ke Hollywood menjadi kenyataan! Kawasan ini menawarkan suasana dan tampilan ala Hollywood era 60-an.

Zona yang ketiga adalah Magic Corner yang menawarkan suasana magic penuh dengan keajaiban dan petualangan yang menakjubkan. Kalau kamu penggemar dunia sihir, zona yang satu ini tak boleh dilewatkan.

Tentunya, fasilitas umum yang tersedia juga sangat memadai. Mulai dari mushala, toilet, nursery room, ATM center, hingga klinik kesehatan. Tak ketinggalan, Trans Studio Store dimana kamu bisa membeli souvenir sebagai kenang-kenangan.

Alamat: Jl. Jendral Gatot Subroto No. 289 A, Batununggal, Kota Bandung

Tiket masuk: Rp. 180.000 (Senin-Kamis), Rp. 200.000 (Jumat), Rp. 280.000 (Sabtu-Minggu & libur nasional)

6. Kiara Artha Park

tempat wisata di Bandung
Atraksi illuminated dancing fountain (air terjun menari) di Kiara Artha Park (foto: mediaindonesia.com)

Tempat wisata di Bandung yang juga ditutup sementara adalah Kiara Artha Park, wisata taman modern yang dibangun di atas lahan seluas 2,6 hektar. Meskipun baru diresmikan pada 17 Agustus 2019, Kiara Artha Park menjadi salah satu tempat wisata Instagramable dan kekinian favorit para wisatawan.

Atraksi menarik seperti illuminated dancing fountain (air terjun menari) di tengah danau menjadi daya tarik utama pengunjung yang datang. Selain itu, ada juga Kampung Korea. Di sini, pengunjung disuguhkan suasana khas Negeri Ginseng lengkap dengan ornamen cantik yang akan memanjakan mata. Jangan lupa abadikan momen dengan mengambil foto sebanyak-banyaknya!

Oh ya, kamu juga bisa wisata kuliner pinggir jalan khas Korea, mulai dari tteokboki, corndog, dan lainnya dengan harga terjangkau. Gimana dengan fasilitasnya? Tenang saja! Di sini sudah tersedia area parkir, mushala, tempat makan, kafe, dan toilet untuk kenyamanan pengunjung.

Alamat: Jl. Banten, Kebon Waru, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung

Tiket masuk: Rp. 10.000 (weekday), Rp. 15.000 (weekend & libur nasional)

Tempat wisata di Bandung yang ditutup sementara

Itu tadi 6 tempat wisata Kota Bandung yang ditutup sementara oleh pemerintah daerah untuk mencegah penyebaran Covid-19 hingga 1 Juni mendatang. Dari tempat-tempat tersebut, mana nih yang belum pernah kamu kunjungi? Mau kunjungi keenam tempat tersebut setelah dibuka kembali? (ds3)