google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Champions: Chelsea Menang Tipis atas Zenit

Chelsea vs Zenit
Chelsea menang tipis saja saat menjamu Zenit di macthday pertama Liga Champions 2021-2022.

cr photo: We Ain’t Got No History.

Tiga poin penuh berhasil diraih oleh kesebelasan Chelsea saat menjamu Zenit St Peterseburg di matchday pertama Liga Champions Grup H. Tampil di Stamford Bridge, sebagai tuan rumah jelas Chelsea lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan di pertandingan ini. Kemudian memang di sepanjang laga mereka berhasil mendominasi, meski Zenit sendiri memberikan perlawanan yang cukup alot dengan bertahan sangat rapat. Beruntung Chelsea memiliki striker buas seperti Romelu Lukaku yang bisa memberi perbedaan. The Blues pun berhasil mengamankan kemenangan di laga ini dengan skor akhir tipis saja, yaitu 1-0.

Gol tunggal yang lahir di pertandingan ini dan menjadi penentu kemenangan tuan rumah dilesakkan oleh sang striker, yakni Romelu Lukaku. The Blues sendiri memang sangat layak meraih kemenangan di pertandingan ini karena tampil sangat dominan. Chelsea catatkan penguasaan bola sebesar 67 persen berbanding 33 persen. Jumlah tembakan yang dilepaskan skuad asuhan Thomas Tuchel juga lebih banyak, yakni 11 kali, sementara Zenit sepanjang laga hanya berhasil membuat 6 kali tembakan.

Atas kemenangan ini, Chelsea berhasil mendulang tiga poin yang membuat mereka bertengger di posisi 2 klasemen sementara Grup H Liga Champions. Chelsea sayangnya masih kalah selisih gol saja dari Juventus di puncak klasemen yang di pertandingan lain berhasil menang telak menghadapi Malmo. Sementara bagi Zenit, kekalahan membuat mereka gagal catatkan start apik di ajang Liga Champions musim ini. Saat ini Zenit sendiri duduk di posisi 3 klasemen di bawah Chelsea dan Juventus dengan raihan poin yang masih 0.

Rangkuman Pertandingan

Raksasa Liga Inggris, yakni Chelsea memulai kampanye mereka di ajang Liga Champions musim 2021-2022 Grup H dengan menjamu Zenit. Wakil Rusia tersebut datang ke London dengan status sebagai jawara Liga Rusia, oleh karena itu meskipun tak diunggulkan, kemenangan tetap menjadi target mereka. Namun memang sejak laga dimulai, Chelsea lah yang berhasil mengambil kendali pertandingan lebih dulu.

Memasang Romelu Lukaku sebagai ujung Tombak, Chelsea cukup sering melepaskan umpan silang untuk memanfaatkan postur sang striker asal Belgia yang tinggi itu. Akan tetapi beberapa kali percobaan yang dilakukan Chelsea juga tak ada yang berbuah gol.

Beruntungnya, di laga ini Zenit juga sangat kesulitan untuk sekedar bisa membuat peluang. Usaha mereka kerap sudah putus saat baru akan mendekati kotak penalti The Blues. Sepanjang jalannya laga babak pertama tak ada gol yang berhasil diciptakan kedua kesebelasan. Alhasil skor 0-0 menjadi hasil akhir di babak pertama.

Babak Kedua

Laga ketat kemudian berlanjut ke babak kedua di mana Chelsea berusaha menaikan tensi serangan mereka demi bisa membongkar pertahanan rapat tim tamu. Kondisi ini memang cukup efektif membuat Chelsea mendapat lebih banyak peluang mencetak gol.

Usaha keras tuan rumah mencetak gol pada akhirnya berbuah gol saat babak kedua berjalan memasuki menit ke-69. Romelu Lukaku berhasil memanfaatkan umpan Cesar Azpilicueta untuk mencetak gol dan membawa Chelsea sementara ini memimpin dengan skor 1-0.

Di sisa waktu pertandingan Chelsea berusaha untuk menambah keunggulannya. Akan tetapi sama seperti di babak pertama, serangan mereka masih bisa ditahan tim lawan. Zenit sendiri sayangnya gagal mengejar ketertinggalan sehingga laga ini berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Chelsea.

Susunan Pemain Chelsea vs Zenit

Chelsea (3-4-2-1): Edouard Mendy, Cesar Azpilicueta, Andreas Christensen, Antonio Rudiger, Reece James, Jorginho, Mateo Kovacic, Marcos Alonso, Mason Mount, Hakim Ziyech, Romelu Lukaku.

Zenit (5-4-1): Stanislav Kritsyuk, Douglas Santos, Yaroslav Rakitskiy, Dmitri Chistyakov, Wilmar Barrios, Aleksei Sutormin, Claudinho, Daler Kuzyaev, Wendel, Malcom, Sardar Azmoun.