google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Champions: Dibekuk Porto, Chelsea Tetap ke Semifinal

Chelsea vs Porto
Chelsea kalah tipis di kandang atas FC Porto, namun masih berhasil amankan tiket ke semifinal Liga Champions.

cr photo: Football365

Laga sengit tersaji di Stamford Bridge ketika tuan rumah, Chelsea menjamu FC Porto dalam laga leg kedua babak perempatfinal Liga Champions. Memiliki keunggulan agregat 2-0 saat bermain tandang di leg pertama, Chelsea sebagai tuan rumah cukup berada di atas angin dalam laga ini. Akan tetapi di luar dugaan, Porto yang memang menjadi salah satu underdog di UCL musim ini sukses memberikan perlawanan sangat ketat sampai menit akhir. Bahkan ketika pertandingan selesai, kemenangan jadi milik sang tamu Porto dengan skor akhir tipis saja, yaitu 0-1.

Gol penentu kemenangan skuat asal Portugal di pertandingan ini dilesakkan oleh pemain andalan mereka, yaitu Mehdi Taremi lewat gol akrobatik. Apabila melihat statistik pertandingan, sejatinya kedua kesebelasan bermain cukup berimbang di sepanjang laga. Porto memang sedikit unggul di sisi penguasaan bola dengan mencatatkan 54 persen, berbanding 46 persen milik The Blues. Namun jumlah tembakan yang dilepaskan kedua tim sama, yaitu sama sama 8 tembakan. Dengan yang membedakan adalah jumlah on targetnya, dimana The Blues hanya membuat 1 shot on target, sementara Porto 2 shots on target.

Sangat disayangkan bagi FC Porto, meski menang, mereka gagal untuk bisa lolos ke babak semifinal. Pasalnya secara agregat, Porto masih tertinggal dari Chelsea, yaitu 2-1. Bagi The Blues, meski kalah, beruntung sekali mereka masih berhasil mengamankan satu posisi di babak semifinal Liga Champions musim 2020-2021. Pasukan Thomas Tuchel akan bersua Paris Saint-Germain yang di pertandingan lainnya berhasil menyingkirkan favorit juara, Bayern Munchen.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Chelsea menjamu lawannya wakil Portugal, yaitu FC Porto di lanjutan laga keg kedua ajang Liga Champions musim kompetisi 2020-2021. The Blues yang di laga leg pertama menang 0-2 atas Porto bermain cukup lepas di laga ini. Meski demikian, mereka mendapat perlawanan dengan fighting spirit tinggi dari sang tamu. Porto sendiri memang seolah tak ingin merelakan begitu saja tiket semifinal jatuh ke tangan wakil EPL tersebut. Alhasil pertarungan sengit pun tersaji di sepanjang laga.

The Blues memiliki peluang terbaik di babak pertama melalui aksi Kai Havertz. Bekerjasama dengan Mason Mount, pemain asal Jerman itu berhasil menusuk pertahanan tim tamu. Havertz kemudian melepaskan tembakan yang sayang sekali masih menipis dari gawang Porto. Gol pun belum tercipta dan skor masih imbang 0-0.

Tim tamu juga memiliki peluang bagus untuk mencetak gol di menit akhir babak pertama lewat aksi Moussa Marega. Menerima umpan panjang dari lini tengah, Marega lolos dari jebakan offside. Ia kemudian melepaskan sepakan yang sangat keras. Namun sangat disayangkan usahanya masih melambung tinggi di atas gawang Chelsea. Kegagalan kedua tim mencetak gol di babak pertama membuat paruh pertama laga selesai dengan skor imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Setelah istirahat, pertandingan tak jauh berbeda, namun di babak kedua ini laga cenderung berjalan lebih keras. Terutama Porto, mereka sering melakukan pelanggaran yang cukup taktikal hanya untuk memutus alur serangan Chelsea. Oleh karena itu statistik mencatat di akhir laga Porto total melakukan 20 pelanggaran dan menerima 5 kartu kuning.

Tuan rumah yang bermain sabar di babak kedua pun mendapat beberapa kesempatan. Salah satu yang terbaik adalah melalui aksi Mason Mount. Berhasil lolos dari penjagaan bek lawan, Mount memiliki space menembak yang cukup terbuka. Pemain Inggris itu lalu langsung melepaskan tembakannya, akan tetapi di waktu yang tepat, Chancel Mbemba berhasil lakukan block krusial yang menahan tembakan tersebut.

Porto yang di akhir babak kedua terus mengurung pertahanan The Blues pada akhirnya berhasil mencetak gol di injury time babak kedua. Umpan Nanu berhasil disambar sepakan akrobatik oleh Mehdi Taremi yang lahirkan gol dan bawa Porto unggul 0-1. Kedudukan tersebut bertahan sampai laga berakhir untuk keunggulan tim tamu. Namun sayang kemenangan 0-1 tak cukup bagi Porto untuk bisa lolos ke semifinal. Alhasil Chelsea lah yang sukses mengamankan tiket ke babak empat besar Liga Champions.

Susunan Pemain Chelsea vs Porto

Chelsea (3-4-2-1): Edouard Mendy, Cesar Azpilicueta, Thiago Silva, Antonio Rudiger, Reece James, N’Golo Kante, Jorginho, Ben Chilwell, Christian Pulisic, Mason Mount, Kai Havertz.

Porto (4-3-3): Agustin Marchesin, Zaidu Sanusi, Pepe, Chancel Mbemba, Wilson Manafa, Mathias Uribe, Marko Grujic, Sergio Oliveira, Otavinho, Moussa Marega, Jesus Corona.