google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Champions: Manchester City Sukses Singkirkan PSG

Manchester City vs PSG
Dua gol Riyad Mahrez sukses bantu Manchester City singkirkian PSG untuk lolos ke babak final Liga Champions.

cr photo: The Independent

Kemenangan penting berhasil diraih kesebelasan Manchester City saat menjamu lawannya, PSG dalam leg kedua semifinal Liga Champions. Bermodalkan kemenangan 2-1 saat melakoni laga leg pertama di kandang PSG, City bermain percaya diri di pertandingan kali ini. Meskipun di sepanjang laga, tim tamu memberikan perlawanan ketat karena memang tengah mengejar agregat. Namun anak asuhan Pep Guardiola masih mampu bermain tenang untuk amankan kemenangan. Kevin De Bruyne dan kawan kawan berhasil memenangkan pertandingan kali ini dengan skor akhir cukup meyakinkan, yaitu 2-0.

Sosok winger City asal Aljazair, yaitu Riyad Mahrez menjadi momok menakutkan bagi pertahanan PSG di laga ini. Dua gol mantan punggawa Leicester City tersebut berhasil jadi penentu kemenangan City atas sang tamu di pertandingan ini. Secara statistik pertandingan, PSG lebih sedikit mendominasi dengan mencatatkan penguasaan 56 persen berbanding 44 persen. Akan tetapi, efektifitas masih jauh lebih baik tuan rumah. City di laga ini total melepaskan 12 tembakan dengan 5 yang on target, dan 2 berbuah gol. Sedangkan PSG walau membuat 14 tembakan, namun tak satupun yang berhasil on target.

Kemenangan ini pun pada akhirnya sukses membuat City menorehkan sejarah. Mereka untuk pertama kalinya dalam sejarah klub dibangun akan tampil di babak final Liga Champions. City lolos setelah menyingkirkan Paris Saint-Germain dengan agregat akhir 4-1. Pada babak final nanti, The Citizens akan menunggu pemenang laga antara Real Madrid menghadapi Chelsea yang akan dimainkan di kandang Chelsea, yaitu Stamford Bridge.

Rangkuman Pertandingan

Laga penentuan dijalani oleh dua tim, yaitu Manchester City dan tamunya PSG atau Paris Saint-Germain di leg kedua babak semifinal Liga Champions 2020-2021. City yang pada laga leg pertama berhasil mencuri kemenangan 2-1 atas di kandang PSG sedikit di atas angin pada laga ini. Oleh karena itu mereka bermain jauh lebih tenang dan bisa mengusai keadaan. Sebaliknya bagi PSG, misi wajib menang dengan mencetak lebih dari satu gol ke gawang City menjadi beban tersendiri bagi mereka. Walau menguasai laga, namun PSG kesulitan menembus pertahanan City.

Tekanan City yang jauh lebih efektif pada akhirnya berbuah gol pembuka di menit ke-11 babak pertama. Riyad Mahrez berhasil mengecoh beberapa pemain PSG sebelum akhirnya melepaskan tembakan terarah. Aksi Mahrez ini berhasil melahirkan gol pertama bagi City di laga ini sekaligus membawa mereka unggul 1-0.

Setelah kebobolan, permainan PSG menjadi lebih cepat, mereka menaikan tensi permainan dan menekan lebih intensif pertahanan City. Berkali kali Kylian Mbappe dan Neymar berusaha memberikan ancaman ke pertahanan The Citizens. Sayang sekali tak ada satupun yang berhasil merobek gawang Ederson. Babak pertama pun selesai dengan skor 1-0 untuk keunggulan City.

Babak Kedua

Memasuki jalannya laga babak kedua, PSG yang masih dalam keadaan sulit berusaha keras untuk memecahkan kebuntuan mereka. Mbappe sempat miliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan, akan tetapi aksinya masih belum berhasil mengenai sasaran.

Keasikan menyerang, pertahanan PSG yang lengah kembali berhasil dimanfaatkan oleh penyerang City. Kali ini Mahrez kembali menjadi aktor utama mimpi buruk PSG. Bekerjasama dengan Phil Foden, Mahrez berhasil melesakkan gol keduanya di laga ini sekaligus menggandakan skor menjadi 2-0.

Keadaan kian memburuk bagi PSG ketika di menit ke-69, Angel Di Maria melakukan pelanggaran keras pada pemain City. Hasilnya wasit tanpa ragu mengganjarnya dengan kartu merah. Bermain dengan jumlah pemain lebih sedikit dan mesti mengejar empat gol, laga memang sudah berakhir bagi PSG. Sampai peluit panjang berbunyi skor tetap 2-0 untuk kemenangan Manchester City.

Susunan Pemain Manchester City vs PSG

Manchester City (4-4-2): Ederson Moraes, Kyle Walker, John Stones, Ruben Dias, Oleksandr Zinchenko, Riyad Mahrez, Fernandinho, Ilkay Gundogan, Phil Foden, Kevin De Bruyne, Bernardo Silva.

PSG (4-3-3): Keylor Navas, Abdou Diallo, Presnel Kimpembe, Marquinhos, Alessandro Florenzi, Marco Veratti, Leandro Paredes, Ander Herrera, Neymar Junior, Mauro Icardi, Angel Di Maria.