google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Champions: Real Madrid Imbang 0-0 dengan Liverpool

Liverpool vs Real Madrid
Tahan imbang Liverpool tanpa gol di Anfield, Real Madrid sukses lolos ke babak semifinal Liga Champions.

cr photo: LFC Globe

Pertarungan menarik hadir antara Real Madrid dengan tuan rumah, Liverpool di leg kedua babak perempatfinal ajang Liga Champions. Madrid yang sedikit di atas angin setelah memenangkan laga leg pertama dengan skor 3-1, tampil cukup berhati-hati mengingat pasukan The Reds yang bermain sangat agresif. Walau demikian, Los Blancos tetap tampilkan permainan yang solid dan cukup merepotlam skuat berjuluk The Reds tersebut. Sepanjang pertandingan, Liverpool memang menguasai jalannya laga dan cukup banyak mendapat peluang. Sayang tak ada satupun yang membuahkan gol. Madrid pun sama dengan Liverpool, gagal melesakkan gol ke gawang lawannya sampai pertandingan usai. Skor imbang 0-0 pun menjadi hasil akhir dari laga sengit ini.

Secara statistik, Liverpool sedikit lebih unggul dari sang tamu di pertandingan ini. The Reds mencatatkan penguasaan bola hingga 57 persen, melepas 15 tembakan dengan 4 di antaranya on target. Sedangkan Madrid yang cukup defensif membuat 43 persen penguasaan bola, melepaskan 6 tembakan dengan hanya 2 yang on target. Sama sama tampil baik di belakang, kedua tim mesti puas hanya bermain imbang 0-0.

Walaupun hanya berhasil bermain imbang, akan tetapi hasil ini sudah cukup bagi Real Madrid untuk bisa lolos ke babak semifinal. Madrid lolos berkat keunggulan agregat total 3-1 atas Liverpool. Pada babak empat besar itu, Madrid akan bertemu dengan Chelsea yang di pertandingan perempatfinal lainnya sukses mengalahkan FC Porto. Sementara bagi Liverpool, kekalahan ini memastikan mereka akan alami puasa gelar musim ini.

Rangkuman Pertandingan

Liverpool dalam misi berat saat menjamu raksasa La Liga, Real Madrid di laga lanjutan babak perempatfinal Liga Champions musim 2020-2021. Tertinggal 3-1 di leg pertama, The Reds butuh kemenangan minimal 2-0 untuk bisa lolos ke babak semifinal. Alhasil sejak babak pertama dimulai, Liverpool berusaha tampil lebih agresif dengan menekan pertahanan El Real. Hal ini cukup efektif untuk memaksa Los Galacticos hanya bisa menunggu untuk melancarkan serangan balik.

Peluang pertama didapat Liverpool lewat aksi Sadio Mane yang bekerjasama dengan Roberto Firmino. Sukses menciptakan ruang di sisi kiri pertahan Madrid, Mane lakukan tusukan cukup berbahaya. Sayang sekali penyelesaian akhirnya masih sangat lemah sehingga tak hasilkan apapun untuk Liverpool.

Madrid sendiri yang lebih banyak ditekan pada kenyataannya sesekali berhasil lakukan serangan yang tak kalah berbahayanya. Marco Asensio melepas umpan yang diterima oleh Karim Benzema. Striker Prancis itu melepaskan tembakan yang untungnya masih berhasil diblok oleh bek Liverpool. Saling menyerang, sayangnya kedua kesebelasan gagal melesakkan satupun gol. Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Saat setelah istirahat, Liverpool merubah strateginya menjadi lebih ofensif dengan memasukkan Thiago Alcantara dan Diogo Jota, menggantikan Ozan Kabak dan James Milner. Miliki empat penyerang di depan membuat Liverpool cukup leluasa untuk mengobrak abrik pertahan Madrid. Sayang memang di laga ini bek bek Madrid bermain sangat tenang meredam serangan serangan The Reds.

Kans terbaik Liverpool untuk mencetak gol di babak kedua datang dari Mohamed Salah yang melepaskan tembakan jarak dekat. Namun sekali lagi sangat disayangkan, bola sepakannya bisa ditahan dengan sangat baik oleh Thibaut Courtois sehingga skor tetap imbang 0-0.

Di menit menit akhir babak kedua, Madrid nyaris saja menghukum buruknya koordinasi pertahanan Liverpool lewat aksi Benzema. Beruntung eksekusi akhir Benzema juga masih belum berhasil menjebol gawang sang tuan rumah. Sama sekali tak ada gol di babak kedua, sehingga pertandingan berakhir dengan kedudukan akhir imbang 0-0.

Susunan Pemain Liverpool vs Real Madrid

Liverpool (4-3-3): Alisson, Trent Alexander-Arnold, Nathaniel Phillips, Ozan Kabak, Andrew Robertson, Geroginio Wijnaldum, Fabinho, James Milner, Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois, Ferland Mendy, Nacho Fernandez, Eder Militao, Federico Valverde, Toni Kroos, Casemiro, Luka Modric, Vinicius Junior, Karim Benzema, Marco Asensio.