google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Europa: Manchester United Libas AS Roma

Manchester United vs AS Roma
Thriller delapan gol, Manchester United hempaskan AS Roma dengan skor 6-2 di leg pertama semifinal Liga Europa.

cr photo: The Busby Babes

Kemenangan besar berhasil diraih Manchester United ketika menjamu AS Roma dalam laga leg pertama babak semifinal Liga Europa. Tampil di Old Trafford, United yang berstatus sebagai tuan rumah lebih dulu mengincar hasil maksimal di laga ini. Akan tetapi di luar dugaan, Roma sempat memberikan perlawanan sengit. Kendati begitu, United sukses mengatasi tekanan dan amankan kemenangan. Tak tanggung tanggung, skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer di laga ini sukses menang dengan skor telak 6-2.

Sosok Bruno Fernandes dan Edinson Cavani menjadi dua pemain yang paling menonjol di laga dini hari tadi, usai kedua sukses masing masing menyumbang dua gol. Sementara itu dua gol sisanya bagi Manchester United masing masing dicetak oleh Paul Pogba dan Mason Greenwood. Sedangkan dua gol balasan pasukan AS Roma di laga ini dicetak oleh Lorenzo Pellegrini, dan Edin Dzeko.

Hasil memuaskan ini jelas akan jadi modal yang teramat berharga bagi United untuk melakoni laga leg kedua nanti. Apalagi leg kedua nanti, United akan gantian bertandang ke Olimpico, markas Roma. Sebaliknya bagi Giallorossi, hasil ini jelas sangat merugikan mereka. Lantaran, meski akan bermain sebagai tuan rumah di leg kedua, Roma mesti menang minimal 4-0 agar bisa membalikkan keadaan dan lolos ke final menyingkirkan United. Walau begitu sepakbola tetap sulit ditebak, apapun masih bisa terjadi di leg kedua nanti.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Manchester United kedatangan tamunya asal Italia, yaitu AS Roma dalam laga leg pertama semifinal Liga Europa musim kompetisi 2020-2021. Sebagai tuan rumah, jelas MU menginginkan hasil sempurna di laga kali ini. Maka dari itu, sejak awal babak pertama, pasukan Ole Gunnar Solskjaer ini langsung tancap gas dan mengurung Roma di areanya sendiri.

Gol pun sudah berhasil dilesakkan MU saat laga baru berjalan 9 menit. Bruno Fernandes lakukan kerjasama apik dengan Edinson Cavani. Gelandang kreatif asal Portugal itu sukses melesakkan gol pembuka untuk membawa United sementara unggul 1-0.

Akan tetapi keunggulan MU tak bertahan lama. Pada menit ke-15, Paul Pogba handsball di kotak terlarang, sehingga wasit memberikan penalti untuk Roma. Tanpa kesalahan, Lorenzo Pellegrini sukses mencetak gol untuk merubah skor menjadi imbang 1-1.

Secara mengejutkan bahkan Roma berhasil membalikkan keadaan di menit ke-33. Lewat serangan balik, Henrikh Mkhitaryan melepaskan umpan tarik yang diselesaikan dengan sempurna oleh Edin Dzeko. Gol eks Manchester City ini berhasil membawa Roma berbalik unggul 1-2. Kedudukan tersebut lalu bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Selepas turun minum, United yang dalam kondisi tertinggal berusaha tidak panik. Hasilnya tiga menit babak kedua berjalan, United sukses kembali setarakan kedudukan. Kali ini gol dilesakkan Edinson Cavani memanfaatkan umpan Bruno Fernandes untuk membuat skor kembali imbang 2-2.

Mentalitas baja United akhirnya membuat mereka mampu berbalik mengungguli Roma kembali di menit ke-64. Tusukan Aaron Wan-Bissaka diselesaikan dengan sepakan mendatar yang masih bisa ditepis kiper. Namun bol rebound berhasil disambar Edinson Cavani yang lesakkan brace untuk bawa United unggul 3-2.

Berselang tujuh menit kemudian, yaitu di menit ke-71, Chris Smalling melanggar Edinson Cavani di kotak terlarang. Bruno Fernandes yang jadi algojo dengan mudah menaklukan Antonio Mirante untuk menjauhkan kedudukan menjadi 4-2 untuk United.

Belum puas dengan empat gol, MU masih terus memborbardi pertahanan Serigala Roma, hasilnya gol kelima lahir pada menit ke-75. Umpan silang Bruno Fernandes, berhasil disambar oleh sundulan dari Paul Pogba. Gelandang flamboyan milik MU ini berhasil memperbesar keunggulan timnya menjadi 5-2.

Pesta gol United pada akhirnya ditutup oleh pemain pengganti, yakni Mason Greenwood di menit ke-86. Meneruskan umpan terobosan Edinson Cavani, pemuda 19 tahun ini sukses melesakkan gol ke gawang Roma untuk memastikan United menang dengan skor akhir 6-2.

Susunan Pemain Manchester United vs AS Roma

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea, Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw, Scott McTominay, Fred, Marcus Rashford, Bruno Fernandes, Paul Pogba, Edinson Cavani.

AS Roma (3-4-2-1): Pau Lopez, Roger Ibanez, Bryan Cristante, Chris Smalling, Leonardo Spinazzola, Amadou Diawara, Jordan Veretout, Rick Karsdorp, Henrikh Mkhitaryan, Lorenzo Pellegrini, Edin Dzeko.