Liga Inggris: Arsenal Dikandaskan Newcastle United

Newcastle United vs Arsenal
Tumbang di markas Newcastle United, Arsenal terancam gagal melaju ke UCL musim depan.

cr photo: Sportinglife.

Hasil buruk harus diterima oleh skuad Arsenal kala melakoni laga melawan Newcastle United di pekan ke-37 Liga Premier Inggris. Membutuhkan kemenangan untuk merebut posisi 4 dari tangan Tottenham, Arsenal sebagai tim tamu malah mendapat perlawanan yang luar biasa sengit. Newcastle di bawah asuhan pelatih Eddie Howie memang benar benar menjadi masalah bagi The Gunners. Bermain solid, The Magpies pun akhirnya menang dengan skor cukup meyakinkan, yaitu 2-0.

Newcastle United sukses sarangkan dua gol sekaligus ke gawang Arsenal yang menjadi penentu kemenangan mereka di laga kali ini. Dua gol tersebut berasal dari aksi Bruno Guimaraes dan juga own goal Ben White. Selain menang, Newcastle juga berhasil meraih cleansheet pada duel menarik ini. Bahkan secara statistik, Newcastle mampu unggul dari Arsenal, meskipun tak begitu mutlak. Sukses melumpuhkan The Gunners, Newcastle memang layak memenangkan laga ini.

Kalah di laga ini membuat Arsenal gagal membungkus poin penuh, sehingga mereka tetap di posisi 5 klasemen Liga Inggris. The Gunners masih ada di zona Liga Europa, mereka tertinggal 2 poin dari Tottenham di posisi 4 besar klasemen. Arsenal catatkan total 66 poin dari 37 laga dengan hasil, 21 kali menang, 3 kali seri, dan 13 kali kalah. Sedangkan untuk Newcastle, kemenangan ini bawa mereka ke posisi 12 klasemen. The Toon Army mengoleksi 46 poin dari 37 laga dengan rincian, 12 kali menang, 10 kali seri, dan 15 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Newcastle United kedatangan Arsenal dalam sebuah laga di pekan ke-37 Liga Premier Inggris musim 2021-2022. The Gunners datang ke St. James Park dengan misi mengamankan kemenangan untuk menggusur Tottenham dari posisi 4 besar klasemen. Namun yang terjadi, ternyata Newcastle sama sekali tak bisa dianggap remeh begitu saja.

Semenjak awal laga dimulai, skuad asuhan Eddie Howie bahkan mampu mengontrol jalannya laga dan membuat The Gunners benar benar kerepota. Andalkan serangan simple, namun efisiensi Newcastle mampu membahayakan gawang Arsenal beberapa kali. Sayang memang sepanjang babak pertama ini tak ada gol tercipta sehingga sampai turun minum skor tak berubah tetap imbang 0-0.

Babak Kedua

Ketika duel memasuki babak kedua, Arsenal di bawah asuhan Mikel Arteta berusaha keras untuk membuat Newcastle berada di bawah kendali mereka. Akan tetapi agresifitas Newcastle justru membuat The Gunners berada dalam bahaya beberapa kali.

Sampai pada akhirnya kebuntuan di laga ini pecah saat babak kedua memasuki menit ke-55. Ben White, salah satu bek Arsenal yang berusaha menghalau bola malah membuat bola masuk ke gawangnya sendiri. Own goal bek Inggris ini malah membuat The Gunners kini tertinggal dengan skor 1-0.

Berusaha mengejar di sisa waktu babak kedua, Arsenal malah mendapat perlawanan ketat. Mereaka bahkan kemudian kembali kebobolan di menit ke-85. Bruno Guimaraes yang dominan di lini tengah sukses melesakkan sebuah gol cantik yang membawa timnya gandakan skor menjadi 2-0. Kedudukan ini tak berubah, Arsenal gagal mengejar sehingga kemenangan jadi milik Newcastle.

Susunan Pemain Newcastle United vs Arsenal

Newcastle United (4-3-3): Martin Dubravka, Emil Krafth, Fabian Schar, Dan Burn, Matt Targett, Sean Longstaff, Bruno Guimaraes, Joelinton, Miguel Almiron, Callum Wilson, Allan Saint-Maximin.

Arsenal (4-2-3-1): Aaron Ramsdale, Nuno Tavares, Gabriel Magalhaes, Ben White, Takehiro Tomiyasu, Granit Xhaka, Mohamed Elneny, Emile Samith-Rowe, Martin Odegaard, Bukayo Saka, Eddie Nketiah.