google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Inggris: Arsenal Raih Kemenangan atas Brighton

Arsenal vs Brighton
Dua gol Nicolas Pepe sukses berikan kemenangan untuk Arsenal atas Brighton di pekan penutup Liga Inggris musim 2020-2021.

cr photo: The Short Fuse

Torehan manis berhasil didapat oleh kesebelasan Arsenal di pekan terakhir Liga Inggris saat menghadapi tamunya, yakni Brighton. Bermain di kandang sendiri The Gunners yang membidik kemenangan tampil cukup baik dengan memegang kendali permainan di sepanjang laga. Meski demikian, Brighton yang bermain lepas sukses memberikan perlawanan cukup alot khususnya di babak pertama. Sebelum pada akhirnya kesabaran dan kegigihan pasukan Mikel Arteta akhirnya memberikan mereka kemenangan di laga ini. Arsenal sendiri sukses memenangkan pertandingan ini dengan skor akhir cukup meyakinkan, yakni 2-0.

Winger Arsenal asal Pantai Gading, yakni Nicolas Pepe menjadi bintang kemenangan skuad tuan rumah di laga ini. Bracenya sukses menjadi penentu kemenangan Arsenal atas tamunya. Secara statistik keseluruhan, Arsenal memang lebih dominan di laga ini. Mereka mencatatkan penguasaan bola sebesar 56 persen dan melepas hingga 16 tembakan dengan 5 di antaranya on target. Sedangkan Brighton hanya menorehkan 44 persen penguasaan bola, dan melesakkan 5 tembakan dengan hanya satu yang on target. Maka tak mengherankan apabila pada akhirnya Arsenal sukses mengunci kemenangan di laga ini.

Hasil maksimal ini berhasil membuat Arsenal finish di peringkat 8 klasemen akhir Liga Inggris. Skuad asuhan Mikel Arteta musim ini total mencatatkan 61 poin dari 38 laga dengan rincian, 18 kali menang, 7 kali seri, dan 13 kali menelan kekalahan. Sedangkan bagi Brighton, hasil minor di akhir musim ini membuat mereka finish di posisi 16 klasemen akhir Liga Inggris. The Seagul menorehkan total 41 poin dari 38 laga dengan hasil, 9 kali menang, 14 kali seri, dan 15 kali menderita kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Laga terakhir Liga Inggris musim kompetisi 2020-2021 dijalani Arsenal dengan menghadapi lawannya, yakni Brighton & Hove Albion. Tampil di Emirates Stadion, Arsenal sudah didukung langsung oleh para supporter di stadion pasca selesainya masa lockdown di Inggris. Kondisi tersebut membuat Arsenal sangat termotivasi untuk bisa meraih kemenangan demi para supporternya.

Martin Odegaard membuka peluang bagi Arsenal mencetak gol pembuka. Di awal awal babak pertama, pemain berkebangsaan Norwegia tersebut mendapat ruang tembak di tepi kotak penalti lawan. Namun sangat disayangkan usahanya masih gagal menghasilkan gol bagi Arsenal.

Tak mau jadi bulan bulanan tuan rumah, Brighton sesekali berusaha membalas. Salah satunya hampir berbuah gol ketika Leandri Trossard berdiri tak terkawal di sekitar gawang Arsenal. Beruntung bagi sang tuan rumah, aksi pemain asal Belgia ini tendangannya masih sedikit melebar. Serangan demi serangan yang dilancarkan kedua tim sepanjang babak pertama sayangnya tak ada yang berbuah gol. Skor imbang 0-0 pun bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Selepas babak pertama, jalannya pertandingan berjalan lebih menarik di babak kedua dengan Arsenal yang menaikan tensi serangan mereka. Setelah melancarkan serangan cepat di awal babak kedua, Arsenal akhirnya sukses membuka keunggulan mereka. Umpan Callum Chambers memudahkan Nicolas Pepe untuk mencetak gol dan sementara membawa Arsenal memimpin 1-0.

Sukses unggul lebih dulu membuat permainan Arsenal kian cair. Gelombang serangan The Gunners pun akhirnya kembali menghasilkan gol di menit ke-60. Kembali melalui aksi Nicolas Pepe, kali ini ia bekerjasama dengan Martin Odegaard untuk menjebol gawang Brighton. Lesakkan kedua Pepe ini sukses merubah kedudukan menjadi 2-0.

Di sisa waktu babak kedua, baik Arsenal maupun Brighton sebenarnya sama sama memiliki kans mencetak gol, namun sayang tak ada yang berhasil benar benar melesakkan gol tambahan sampai laga selesai. Skor 2-0 pun tak berubah untuk kemenangan sang tuan rumah, Arsenal.

Susunan Pemain Arsenal vs Brighton

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno, Callum Chambers, Rob Holding, Gabriel Magalhaes, Kieran Tierney, Thomas Partey, Granit Xhaka, Nicolas Pepe, Martin Odegaard, Emile Smith-Rowe, Pierre-Emerick Aubameyang.