google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Inggris: Arsenal Tumbang di Markas Everton

Everton vs Arsenal
Everton comeback dramatis melawan Arsenal di ajang Liga Inggris.

cr photo: Royal Blue Mersey.

Laga menarik terjadi ketika Everton menjamu lawan kuat, yakni Arsenal dalam lanjutan ajang Liga Inggris pekan ke-15. Bermain di markasnya sendiri, Everton memang sangat termotivasi untuk menang demi memperbaiki posisi mereka di klasemen. Akan tetapi, Arsenal sendiri juga menginginkan kemenangan untuk terus menjaga posisi di papan atas klasemen. Duel ketat pun terjadi di sepanjang pertandingan ini karena kedua tim juga bermain sangat agresif dan terbuka. Namun pada akhirnya, lewat kegigihannya, Everton berhasil mengamankan kemenangan dengan skor akhir tipis saja, yakni 2-1.

Dua gol yang tercipta dan sekaligus menjadi penentu kemenangan Everton pada pertandingan kali ini masing masing dilesakkan oleh Richarlison dan Demarai Gray. Sedangkan satu satunya gol balasan yang bisa Arsenal sarangkan, dicetak oleh Martin Odegaard. Pada laga ini sendiri The Gunners Arsenal memang memegang kendali permainan dengan unggul penguasaan bola cukup jauh. Akan tetapi, Everton bermain lebih efektif dan efisien sehingga mampu membuat lebih banyak gol dan amankan kemenangan.

Dengan hasil ini, Everton sukses amankan tiga poin penuh yang membuat mereka merangkak naik ke posisi 12 klasemen sementara Liga Inggris. Skuad berjuluk The Toffees tersebut kini menatap posisi 10 besar karena terpaut 1 poin saja dari Aston Villa di peringkat 10. Sampai dengan saat ini, tim asal Merseyside tersebut sudah meraih 18 poin dari 15 laga dengan hasil, 5 kali menang, 3 kali seri, dan 7 kali kalah. Sementara bagi Arsenal, kekalahan ini membuat mereka gagal naik kembali ke posisi 5 dan tertahan di posisi 7. Arsenal total sudah meraih 23 poin dari 15 laga dengan catatan, 7 kali menang, 2 kali seri, dan 6 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Duel ketat terjadi tatkala kesebelasan Everton harus menjamu Arsenal di lanjutan pekan ke-15 ajang Liga Inggris musim 2021-2022. Sebagai tuan rumah, tentu saja Everton ingin menang, alhasil mereka langsung bermain menyerang. Gol bahkan sudah sempat mereka lesakkan lewat aksi Richarlison, namun dianulir oleh VAR.

Alih alih melesakkan gol lebih dulu, gawang Everton malah harus dibobol lebih dulu oleh pasukan Mikel Arteta. Sebuah skema serangan apik yang dilakukan Arsenal berhasil diselesaikan Martin Odegaard. Aksinya bekerjasama dengan Kieran Tierney berhasil berbuah gol di masa injury time babak pertama. Gol ini membawa The Gunners menutup babak pertama dengan keunggulan 0-1.

Babak Kedua

Setelah turun minum, permainan kedua kesebelasan masih sama seperti babak pertama. Bahkan di menit menit awal babak kedua ini Everton kembali sempat melesakkan gol lewat aksi Riharlison, namun lagi lagi aksi pemain Brazil tersebut mesti dianulir oleh VAR.

Terus menerus bekerja keras melancarkan serangan, akhirnya usaha Everton untuk melesakkan gol balasan terealisasi pada menit ke-79 babak kedua. Kini Richarlison sukses benar benar melesakkan gol tanpa dianulir. Sepakan kerasnya gagal dibendung Aaron Ramsdale dan membawa Everton menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Semula laga ini terasa akan selesai dengan skor akhir imbang, namun mimpi buruk mendatangi Arsenal tepat beberapa detik saja sebelum pertandingan berakhir. Diawali sebuah umpan dari Andre Gomes, bola jatuh di kaki Demarai Gray, tanpa kesalahan winger asal Inggris itu sukses melesakkan bola ke dalam gawang Arsenal sekaligus memastikan Everton memenangkan pertandingan ini dengan skor akhir 2-1.

Everton vs Arsenal

Everton (4-4-1-1): Jordan Pickford, Seamus Coleman, Yerry Mina, Michael Keane, Benjamin Godfrey, Anthony Gordon, Abdoulaye Doucoure, Allan, Demarai Gray, Andros Townsend, Richarlison.

Arsenal (4-2-3-1): Aaron Ramsdale, Kieran Tierney, Gabriel Magalhaes, Ben White, Takehiro Tomiyasu, Granit Xhaka, Thomas Partey, Gabriel Martinelli, Martin Odegaard, Bukayo Saka, Alexandre Lacazette.