google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Inggris: Aston Villa Curi Tiga Poin dari Tottenham

Tottenham vs Aston Villa
Tottenham mesti tumbang di kandang sendiri saat menjamu Aston Villa dalam lanjutan Liga Inggris.

cr photo: Sportskeeda

Tiga poin penuh berhasil dibawa pulang oleh kesebelasan Aston Villa ketika menyambangi markas Tottenham di lanjutan Liga Inggris. Tampil di kandang lawan, sebenarnya Villa alami kesulitan cukup berarti. Terlebih di laga ini, Tottenham sudah mendapat dukungan secara langsung dari supporter di stadion. Walau demikian, anak asuhan Dean Smith berhasil tampil lebih efektif dari sang tuan rumah. Meski tak banyak menguasai bola, Villa lebih banyak menekan. Alhasil di akhir laga skuat berjuluk The Villans ini berhasil amankan kemenangan. Tim tamu memenangkan laga ini dengan skor tipis saja, yaitu 1-2.

Gol gol kemenangan skuat Aston Villa masing masing lahir dari aksi Ollie Watkins dan own goal Sergio Reguilon. Sementara satu satunya gol balasan tim tuan rumah dilesakkan winger asal Belanda, yaitu Steven Bergwijn. Bagi Spurs, hasil ini kembali menunjukkan inkonsistensi mereka menjelang musim berakhir, di mana mereka sudah menelan dua kekalahan dari tiga pertandingan terakhir di ajang Liga Inggris. Sementara bagi Villa, kemenangan ini akhirnya memutus rentetan hasil buruk, di mana Villa tak pernah meraih kemenangan di tiga laga terakhir mereka.

Kekalahan ini otomatis menutup jalan Spurs untuk bisa berkompetisi di Eropa musim depan. Terdampar di posisi 7 klasemen, Spurs terpaut 7 angka dari Leicester City di posisi 5. Sampai dengan pekan ini, Tottenham sendiri sudah mengumpulkan 59 poin dari 37 laga dengan hasil, 17 kali menang, 8 kali seri, dan 12 kali menelan kekalahan. Sedangkan bagi Villa, hasil ini membuat mereka bertahan di posisi 11 klasemen. The Villans sejauh ini sudah meraih 52 poin dari 37 laga dengan rincian, 15 kali menang, 7 kali seri, dan 15 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Laga cukup berat harus dilalui Tottenham saat menjamu Aston Villa dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris musim kompetisi 2020-2021. Bermain di kandang sendiri, Tottenham sebenarnya tampil cukup percaya diri karena mendapatkan dukungan langsung dari supporter di stadion. Sejak laga dimulai pun anak asuhan Ryan Mason sudah mengambil inisiatif serangan.

Bahkan puncaknya saat babak pertama baru berjalan delapan menit, The Lilywhites sudah berhasil menciptakan gol ke gawang Villa. Steven Bergwijn yang berhasil merebut bola dari Marvelous Nakamba lantas melepas tembakan yang sangat keras yang menghujam gawang Emiliano Martinez. Aksi Bergwijn ini sukses memberikan Spurs keunggulan untuk sementara dengan skor 1-0.

Sayang sekali setelah mencetak gol, Spurs justru malah terlihat kesulitan membongkar pertahanan Villa. Kondisi ini dimanfaatkan tim tamu untuk melesakkan gol balasan di menit ke-20. Membayar kesalahannya di gol Spurs tadi, kali ini Nakamba menjadi pemain di balik gol Villa. Umpannya yang berusaha dihalau Sergio Reguilon malah melenting masuk ke gawang Spurs yang membuat skor menjadi imbang 1-1.

Tampil sedikit lebih agresif, pada akhirnya Villa berhasil membalikkan keadaan di menit ke-38 babak pertama. Reguilon kembali membuat kesalahan cukup fatal. Kali ini kesalahannya dalam mengirim umpan membuat bola jatuh di kaki Ollie Watkins, dengan mudah striker Inggris itu mencetak gol untuk merubah kedudukan menjadi 1-2. Keunggulan Villa ini kemudian bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Pada saat pertandingan ini memasuki babak kedua, Spurs lebih sering lagi memegang bola. Walau demikian, kekurangan kreatifitas membuat mereka sangat kesulitan membongkar pertahanan Villa. Satu peluang sempat didapat Harry Kane di muka gawang Villa, namun sepakannya masih bisa diamankan oleh Emiliano Martinez dengan sangat baik.

Gawang Spurs juga sempat hampir kembali kebobolan di babak kedua lewat aksi Bertrand Traore. Aksi individualnya melewati penjagaan bek bek Spurs diakhiri dengan sebuah sepakan yang sayang masih melambung. Serangan demi serangan kedua tim di babak kedua sayangnya tak menghasilkan gol tambahan. Sehingga skor 1-2 menjadi hasil akhir pertandingan ini untuk kemenangan sang tamu, Aston Villa,

Susunan Pemain Tottenham vs Aston Villa

Tottenham (4-2-3-1): Hugo Lloris, Japhet Tanganga, Toby Alderweireld, Eric Dier, Sergio Reguilon, Harry Winks, Pierre-Emile Hojbjerg, Steven Bergwijn, Dele Alli, Son Heung-min, Harry Kane.

Aston Villa (4-2-3-1): Emiliano Martinez, Matt Targett, Tyron Mings, Kourtney Hause, Ezri Konsa, Marvelous Nakamba, John McGinn, Anwar El Ghazi, Jack Grealish, Bertrand Traore, Ollie Watkins.