Liga Inggris: Bekuk Aston Villa, Manchester City Juara EPL

Manchester City vs Aston Villa
Menang dramatis atas Aston Villa, Manchester City sukses kunci gelar juara Liga Inggris musim 2021-2022.

cr photo: Sports Illustrared.

Kemenangan dramatis nan krusial berhasil didapat oleh Manchester City saat menjamu Aston Villa di pekan ke-38 Liga Premier Inggris. Partai ini layaknya laga final bagi Manchester City yang mana mereka butuh satu kemenangan saja untuk pastikan diri meraih kemenangan. Namun pekerjaan City tak mudah karena mereka sempat tertinggal hingga dua gol lebih dulu oleh Villa. Beruntung dengan kerja keras, Manchester City bisa membalikkan keadaan dan menang dengan skor akhir 3-2.

Pada pertandingan ini satu nama yang layak sekali diberikan gelar pahlawan oleh Manchester City, ia adalah Ilkay Gundogan. Gelandang asal Jerman itu sarangkan dua gol sekaligus yang pimpin misi comeback City atas Aston Villa. Sementara satu gol tambahan lainnya bagi Manchester City dilesakkan oleh gelandang jangkar mereka, yaitu Rodri Hernandez. Sedangkan dua gol yang dicetak Aston Villa dan sempat membuat City panik, lahir dari aksi Matty Cash dan Philippe Coutinho.

Hasil ini berhasil memberikan Manchester City tiga poin dan membuat mereka akhiri musim sebagai pemuncak klasemen Liga Inggris. The Citizens amankan gelar juara usai unggul satu poin saja dari Liverpool di posisi 2. City musim ini total mengemas 93 poin dari 38 laga dengan hasil, 29 kali menang, 6 kali seri, dan 3 kali kalah. Sedangkan bagi Aston Villa, mereka finish di posisi 14 usai kekalahan ini. Villa total membuat 45 poin dari 38 laga dengan hasil, 13 kali menang, 6 kali seri, dan 19 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Skuad Manchester City menjalani laga penentuan menghadapi Aston Villa di pekan penutup Liga Inggris musim 2021-2022. Tak ada pilihan lain selain menang bagi City demi mengakhiri musim ini sebagai juara Liga Inggris. Dari awal laga, skuad asuhan Pep Guardiola langsung tancap gas.

Tapi karena sedikit gugup, bukannya melesakkan gol, gawang City malah harus kebobolan lebih dulu saat babak pertama memasuki menit ke-37. Diawali umpan silang Lucas Digne, bola berhasil diteruskan menjadi gol lewat sundulan Matty Cash yang membuat Villa sementara unggul 0-1. Keunggulan ini bahkan bertahan sampai babak pertama usai.

Babak Kedua

Saat laga memasuki babak kedua, City belum bisa menguasai diri mereka sendiri, sehingga Villa bisa memanfaatkannya untuk menambah keunggulan. Aksi ciamik Philippe Coutinho di menit ke-69 memaksimalkan umpan Ollie Watkins, sukses membawa Villa menjauh 0-2.

Tetapi kemudian City bangkit, beberapa pergantian pemain yang dilakukan Pep Guardiola menjadi kunci. Di menit ke-76, Ilkay Gundogan berhasil meneruskan umpan Raheem Sterling untuk mencetak gol dan menipiskan ketertinggalan City menjadi 1-2.

Tak menyerah, tekanan dan gelombang serangan City berhasil kembali berujung gol pada menit ke-78. Pergerakan Oleksandr Zinchenko di sisi kiri diselesaikan dengan sebuah umpan tarik yang diteruskan menjadi gol oleh Rodri. Gelandang Spanyol itu membuat kedudukan jadi imbang 2-2.

Secara dramatis, di menit ke-81 Manchester City akhirnya melesakkan gol ketiganya. Umpan Kevin De Bruyne ke tiang jauh berhasil dengan mudah diselesaikan menjadi gol oleh Gundogan. Brace eks Borussia Dortmund ini bawa City berbalik unggul 3-2, skor tak berubah sampai laga selesai dan kemenangan jadi milik Manchester City.

Susunan Pemain Manchester City vs Aston Villa

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes, John Stones, Fernandinho, Aymeric Laporte, Joao Cancelo, Kevin De Bruyne, Rodri Hernandez, Bernardo Silva, Riyad Mahrez, Gabriel Jesus, Phil Foden.

Aston Villa (4-3-2-1): Robin Olsen, Lucas Digne, Tyrone Mings, Calum Chambers, Matty Cash, Jacob Ramsey, Douglas Luiz, John McGinn, Philippe Coutinho, Emiliano Buendia, Ollie Watkins.