google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Inggris: Brighton Sukses Permalukan Everton

Everton vs Brighton
Brighto bawa pulang tiga poin saat tandang ke markas Everton di ajang Liga Inggris.

cr photo: Besoccer.

Kekalahan mesti diterima oleh pasukan Everton saat menjamu tamunya, Brighton dalam lanjutan pekan ke-19 ajang Liga Inggris. Meskipun bermain di markas lawan, Brighton terlihat sama sekali tak kaku tampil sepanjang pertandingan. Anak asuhan Graham Potter yang musim ini bermain cukup baik itu memang benar benar membuat tuan rumah alami kesulitan luar biasa. Bermain lebih atraktif dan taktis secara permainan, Brighton pun sukses pulang dengan kemenangan. Skuad berjuluk The Seagull itu sukses meraih kemenangan dengan skor akhir tipis saja, yakni 2-3.

Pada pertandingan kali ini, satu pemain Brighton yang tampil mencuri perhatian adalah Alexis Mac Allister. Pemain asal Argentina tersebut berhasil bermain trengginas dengan memborong dua gol kemenangan tim tamu atas Everton. Sedangkan satu gol lainnya yang dicetak ole Brighton lahir dari pemain belakang mereka, yakni Dan Burn. Sementara dua gol balasan yang berhasil dicetak oleh Everton pada pertandingan ini diborong oleh pemain muda mereka, yaitu Anthony Gordon.

Berkat raihan maksimal ini, Brighton berhasi mengantongi tiga poin yang membawa mereka naik ke posisi 8 klasemen sementara Liga Inggris. The Seagull kini hanya kalah empat poin saja dari Manchester United yang ada di posisi 7 klasemen. Sejauh ini pasukan Graham Potter sudah meraih 27 poin dari 19 laga dengan rincian, 6 kali menang, 9 kali seri, dan 4 kali kalah. Sedangkan bagi Everton, kekalahan ini membuat mereka tertahan di posisi 15 klasemen. The Toffees baru mengoleksi 19 poin dari 18 laga dengan catatan, 5 kali menang, 4 kali seri, dan 9 kali menelan kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Everton kedatangan tim Kuda Hitan, Brighton dalam lanjutan pertandingan pekan ke-19 ajang Liga Inggris musim 2021-2022. Tampil di hadapan pendukung sendiri, tentu saja kemenangan menjadi target utama pasukan Everton di laga ini. Sayangnya, lawan mereka memang sedang dalam tren positif sehingga sejak awal laga Brighton lah yang memegang kendali permainan.

Bahkan gol sudah berhasil disarangkan oleh Brighton saat babak pertama baru saja berjalan tiga menit. Umpan terukur Neal Maupay sukses menjangkau Alexis Mac Allister. Tanpa kesalahan, Mac Allister sukses melesakkan gol yang membawa timnya kini unggul 0-1.

Tak sempat bangkit, gawang Everton kembali jebol pada menit ke-21 babak pertama. Bola umpan yang dilepaskan oleh Enock Mwepu berhasil disambar oleh Dan Burn yang naik membantu serangan. Bek jangkung itu sukses menggandakan keunggulan Brighton menjadi 0-2. Kedudukan ini kemudian bertahan sampai dengan babak pertama usai.

Babak Kedua

Selepas turun minum, permainan berjalan lebih menarik karena Everton bangkit dan bisa mengimbangi permainan lawannya. Gol pada akhirnya berhasil dilesakkan oleh Everton pada menit ke-53 babak kedua. Menerima bola sodoran dari Allan, Anthony Gordon melepaskan tembakan terarah yang berbuah gol dan tipiskan skor menjadi 1-2.

Tetapi kelengahan kembali menjadi momok bagi pertahanan Everton sendiri. Pasalnya, di menit ke-71 karena lengah gawang Everton kembali kebobolan. Alexis Mac Allisrer kembali catatkan namanya di papan skor kali ini setelah menerima umpan Enock Mwepu, Brighton pun sukses kembali menjauh 1-3.

Lima menit berselang, usaha tak kenal menyerah Everton kembali berbuah manis. Kerjasama antara dua pemain muda, yaitu Jonjoe Kenny dengan Anthony Gordon berbuah sebuah gol yang menipiskan kembali skor menjadi 2-3. Sayang tak ada gol tambahan di sisa laga, yang membuat pertandingan selesai dengan skor akhir 2-3 untuk kemenangan Brighton.

Susunan Pemain Everton vs Brighton

Everton (5-4-1): Jordan Pickford, Jonjoe Kenny, Benjamin Godfrey, Michael Keane, Mason Holgate, Seamus Coleman, Anthony Gordon, Abdoulaye Doucoure, Allan, Demarai Gray, Domenic Calvert-Lewin.

Brighton (4-4-2): Robert Sanchez, Marc Cucurella, Dan Burn, Adam Webster, Joel Veltman, Alexis Mac Allister, Yves Bissouma, Adam Lallana, Enock Mwepu, Leandro Trossard, Neal Maupay.