google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Inggris: Brighton Sukses Tahan Imbang Chelsea

Chelsea vs Brighton
Brighton sukses redam Chelsea dan paksa bermain imbang di Stamford Bridge dalam lanjutan Liga Inggris.

cr photo: Creators Empire

Raihan kurang maksimal didapat oleh kesebelasan Chelsea ketika menjamu lawannya, yaitu Brighton dalam laga lanjutan ajang Liga Inggris. Memainkan pertandingan sebagai tuan rumah, Chelsea diberikan perlawanan cukup alot oleh sang tamu di sepanjang jalannya pertandingan. Bahkan meskipun The Blues menguasai laga, pertahanan rapat Brighton sukses meredam agresifitas pasukan tuan rumah. Alhasil pertandingan ini pun mesti berakhir tanpa adanya gol yang tercipta. Chelsea sebagai tuan rumah mesti puas hanya bisa berbagi angka usai bermain imbang dengan skor akhir 0-0.

Bukannya diwarnai gol, laga imbang ini justru diwarnai oleh keluarnya satu kartu merah yang diberikan pada defender Brighton, yaitu Ben White. Secara statistik pertandingan, Chelsea jauh lebih menguasai jalannya pertandingan. The Blues mencatatkan penguasaan bola sebesar 65 persen, dan melepaskan 7 tembakan dengan 4 di antaranya on target. Sedangkan Brighton hanya membuat 35 persen penguasaan bola. Walau demikian, jumlah tembakan yang dibuat Brighton lebih banyak, yakni 11 tembakan dengan 2 saja yang on target.

Meskipun hanya berhasil meraih satu poin, ini sudah cukup bagi Chelsea untuk sementara naik ke posisi 4 klasemen menggeser West Ham United. The Blues sampai dengan pekan ini sudah mengoleksi 55 poin dari 32 laga dengan hasil, 15 kali menang, 10 kali imbang, dan 7 kali menelan kekalahan. Sedangkan bagi Brighton, hasil ini menahan mereka tetap di posisi 16 klasemen sementara Liga Inggris. The Seagull sejauh ini sudah mengoleksi 34 poin dari 32 laga dengan rincian, 7 kali menang, 13 kali seri, dan 12 kali menelan kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan Chelsea kedatangan lawannya tim papan bawah, yaitu Brighton & Hove Albion di laga lanjutan Liga Inggris musim kompetisi 2020-2021. Membidik tiga poin demi amankan zona Liga Champions, The Blues sebagai tuan rumah lantas memainkan permainan agresif mereka sejak awal. Anak asuhan Thomas Tuchel langsung mengambil kendali permainan atas sang tamu.

Kans pertama Chelsea untuk mencetak gol datang dari aksi Kai Havertz yang memanfaatkan kesalahan bek Brighton. Havertz mendapat space menambek tepat di muka gawang lawan. Sayangnya sepakan kaki kiri Havertz masih bisa dihalau kiper Brighton, Robert Sanchez.

Peluang lain bagi Chelsea hadir melalui aksi defender mereka, yaitu Kurt Zouma. Lakukan overlap, Zouma kemudian melepaskan tembakan yang keras dan sangat terarah. Akan tetapi usaha bek berkebangsaan Prancis itu masih bisa diredam oleh Sanchez.

Brighton sendiri memiliki peluang di menit akhir babak pertama. Yves Bissouma bekerjasama dengan Leandro Trossard untuk melepaskan tembakan keras. Namun usahanya bisa diblock oleh bek bek Chelsea sehingga gol urung tercipta, Babak pertama selesai dengan skor imbang 0-0.

Babak Kedua

Selepas istirahat, Brighton lebih dulu mengambil alih kendali jalannya pertandingan dengan menekan pertahanan The Blues. Tim tamu hampir membuka skor saat Adam Lallana berhasil merebut bola dari bek Chelsea. Sayangnya sepakan eks gelandang Liverpool ini masih melebar dari gawang Chelsea.

The Seagull memiliki peluang terbuka lainnya lewat aksi Danny Wellbeck yang melepaskan sepakan placing ke tiang jauh. Akan tetapi aksi Wellbeck ini masih membentur tiang gawang. Bola rebound kemudian disambar oleh Alexis Mac Allister tapi sayang bola masih bisa diblock.

Pada babak kedua ini Chelsea mendapat satu peluang emas juga untuk mencetak gol melalui aksi Olivier Giroud. Meneruskan umpan Callum Hudson-Odoi, Giroud melepas tembakan ke sisi kanan gawang Brighton. Sayang usahanya pun masih belum tepat sasaran. Saling serang kedua tim tak hasilkan satupun gol di laga ini, alhasil sampai pertandingan usai skor tetap imbang 0-0.

Susunan Pemain Chelsea vs Brighton

Chelsea (3-4-3): Kepa Arrizabalaga, Andreas Christensen, Kurt Zouma, Antonio Rudiger, Reece James, Jorginho, Mason Mount, Marcos Alonso, Hakim Ziyech, Kai Havertz, Christian Pulisic.

Brighton (3-1-4-2): Robert Sanchez, Adam Webster, Lewis Dunk, Ben White, Yves Bissouma, Alexis Mac Allister, Pascal Gross, Dan Burn, Joel Veltman, Danny Wellbeck, Leandro Trossard.