google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Inggris: Burnley Berhasil Tumbangkan Fulham

Fulham vs Burnley
Takluk 0-2 atas Burnley di kandang sendiri, Fulham dipastikan terdegradasi musim depan dari EPL.

cr photo: Burnley Official Website

Hasil memuaskan berhasil didapat oleh kesebelasan Burnley yang menuai kemenangan atas tuan rumah Fulham di lanjutan Liga Inggris. Tampil di kandang lawan, Burnley memang jauh lebih sering mendapat serangan pada laga kali ini. Nampak sekali Fulham ingin amankan kemenangan demi menghindari degradasi. Akan tetapi permainan efektif Burnley pada akhirnya sukses menaklukan skuat The Craven Cottage. Di penghujung pertandingan, Burnley berhasil amankan kemenangan dengan skor akhir cukup meyakinkan, yaitu 0-2.

Gol gol penentu kemenangan Burnley di pertandingan ini masing masing dicetak oleh Ashley Westwood dan Chris Wood. Melihat statistik, sebenarnya tuan rumah jauh sangat mendominasi laga ini. Fulham mencatatkan penguasaan bola hingga 68 persen berbanding 32 persen milik sang tamu. Jumlah tembakan yang dilepas pun jauh lebih banyak Fulham, yaitu 21 tembakan, sementara lawannya hanya 14. Akan tetapi kembali lagi permainan efektif dan efisien Burnley lah yang pada akhirnya berhasil antarkan mereka pada kemenangan di laga kali ini.

Berkat kemenangan ini, Burnley berhasil naik melesat ke posisi 14 klasemen sementara Liga Inggris. Sampai pada pekan ini, The Clarets sudah mengoleksi 39 poin dari 35 laga dengan rincian, 10 kali menang, 9 kali seri, dan 16 kali alami kekalahan. Sementara bagi Fulham, kekalahan ini otomatis membuat mereka menjadi tim ketiga yang dipastikan terdegradasi menyusul Sheffield United dan West Bromwich Albion. Ini setelah mereka duduk di posisi 18 dengan selisih 10 angka dari zona aman. Dengan hanya tersisa 3 laga, mustahil bagi Fulham keluar dari zona degradasi. Fulham sendiri baru meraih 27 poin dari 35 laga dengan hasil, 5 kali menang, 12 kali seri, dan 18 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Duel menarik mempertemukan dua tim papan bawah, yaitu Fulham dengan sang tamu, yakni Burnley dalam laga lanjutan Liga Inggris musim 2020-2021. Bermain di kandang sendiri, Fulham yang butuh kemenangan lantas berinisiatif mengambil alih kendali permainan. Sejak awal babak pertama mereka langsung mengurung pertahanan sang tamu dan memaksa mereka tampil lebih bertahan.

Akan tetapi alih alih mencetak gol, gawang Fulham justru harus kebobolan terlebih dulu saat babak pertama memasuki menit ke-35 babak pertama. Matej Vydra memberikan umpan pendek yang diselesaikan menjadi gol oleh Ashley Westwood. Aksi gelandang andalan Burnley itu sukses membuka skor dan sementara membawa Burnley memimpin dengan skor 0-1.

Belum sempat bangkit, gawang tuan rumah harus kembali kebobolan di menit akhir babak pertama, tepatnya di menit ke-44. Kali ini gol dicetak oleh Chris Wood yang memaksimalkan umpan Josh Brownhill. Lesakkan striker Burnley yang beberapa laga terakhir cukup moncer ini sukses menggandakan keunggulan timnya menjadi 0-2. Kedudukan ini kemudian bertahan sampai babak pertama usai.

Babak Kedua

Usai turun minum, Fulham yang ketinggalan dua gol menaikan tempo permainan mereka menjadi lebih cepat. Anak asuhan Scott Parker ini juga menaikan intensitas serangan mereka jauh lebih sering ketimbang saat babak pertama. Ini membuat mereka mendapatkan beberapa peluang mencetak gol.

Salah satu yang terbaik adalah lewat aksi Ivan Cavaleiro. Mantan winger Wolverhampton tersebut melepaskan tembakan cukup keras dan terarah. Namun sangat disayangkan usaha Cavaleiro ini masih mampu dimentahkan dengan sangat baik oleh kiper Burnley, yaitu Nick Pope.

Sepanjang babak kedua berjalan tak ada yang berhasil melesakkan satupun gol. Kondisi ini membuat sampai dengan pertandingan babak kedua usai skor tak berubah. Burnley pun sukses mengamankan tiga poin penuh berkat kemenangan dengan skor akhir 0-2.

Susunan Pemain Fulham vs Burnley

Fulham (4-2-3-1): Alphonse Areola, Kenny Tete, Joachim Andersen, Tosin Adarabioyo, Antonee Robinson, Andre-Frank Zambo Anguissa, Mario Lemina, Ivan Cavaleiro, Bobby De Cordova-Reid, Ademola Lookman, Aleksandar Mitrovic.

Burnley (4-4-2): Nick Pope, Charlie Taylor, Ben Mee, James Tarkowski, Matthew Lowton, Dwight McNeil, Jack Cork, Ashley Westwood, Josh Brownhill, Matej Vydra, Chris Wood.