Liga Inggris: Chelsea Petik Kemenangan Atas Leeds United

Chelsea vs Leeds United
Bekuk Leeds United, Chelsea sukses putus rentetan hasil buruk mereka.

cr photo: We Ain’t Got No History.

Hasil positif akhirnya sukses didapat oleh skuad Chelsea, di mana korbannya adalah Leeds United pada pekan ke-26 Liga Inggris. Tampil di kandang sendiri, skuad The Blues jelas enggan terus menerus menderita hasil minor, sehingga di sepanjang duel berjalan mereka tampil dominan. Terlebih mereka di laga ini mendpat dukungan dari para suporter, dan lawannya adalah tim penghuni papan bawah klasemen. Tetap harus bekerja keras, namun akhirnya The Blues bisa meraih kemenangan dengan skor akhir tipis saja, yaitu 1-0.

Sosok Wesley Fofana muncul sebagai pahlawan kemenangan Chelsea di laga ini. Bek muda asal Prancis tersebut sukses melesakkan satu gol penting yang sukses menjadi penentu kemenangan timnya atas sang tamu. Aksi ciamik Fofana juga membuatnya jadi man of the match pada duel kali ini. Duel sebenarnya berjalan cukup ketat, di mana Leeds tak segan meladeni permainan agresif tuan rumah. Namun Chelsea lebih pandai memanfaatkan peluang sehingga bisa mengakhiri pertandingan kali ini dengan hasil kemenangan.

Raihan kemenangan ini berhasil memberikan Chelsea tambahan tiga poin penuh yang sayangnya masih menahan mereka di posisi 10 klasemen Liga Inggris. Meski demikian ini adlah hasil bagus usai 11 pertandingan terakhir tak pernah sekalipun merasakan kemenangan. Sampai sejauh ini Chelsea sudah mengmas 34 poin dari 25 laga dengan rincian, 9 kali menang, 7 kali seri, dan 9 kali kalah. Sedangkan untuk skuad Leeds United, kekalahan ini menahan mereka di posisi 17 dengan poin 22 dari 25 kali berlaga.

Rangkuman Pertandingan

Laga menarik pertemukan Chelsea dengan Leeds United di pertandingan pekan ke-26 Liga Inggris musim kompetisi 2022-2023. Tampil di Stamford Bridge, Chelsea bertekad memutus rentetan hasil buruk mereka dalam 11 pertandingan terakhir. Melawan salah satu tim penghuni papan bawah klasemen, Chelsea langsung bermain agresif untuk berusaha melesakkan gol lebih dulu ke gawang Leeds.

Peluang terbuka didapat Chelsea di awal awal babak pertama melalui aksi dari Kai Havertz. Menerima umpan terobosan Joao Felix, Havertz berhasil lepas dari jebakan offside. Sayng sekali eksekusi akhirnya bisa ditahan kiper Leeds, Illan Meslier sehingga skor masih 0-0.

Selain peluang Kai Havetz, peluang lain juga didapat oleh Joao Felix yang bekerjasama dengan Raheem Sterling. Sangat disayangkan tembakannya masih membentur mistar gawang. Tak ada gol yang lahir, babak pertama pun akhirnya selesai dengan skor imbang 0-0.

Babak Kedua

Pasca rehat turun minum, duel masih berjalan ketat, Leeds berjudi dengan tampil lebih terbuka di babak pertama. Meski cukup solid, namun kesalahan mereka lakukan sehingga justru tuan rumah sukses melesakkan gol di menit ke-53 babak kedua. Umpan sepak pojok Ben Chilwell sukses diteruskan dengan gol oleh Wesley Fofana melalui sundulannya, sehingga kini Chelsea unggul 1-0.

Pada sisa waktu babak kedua, skuad Leeds yang tertinggal satu gol berusaha untuk melesakkan gol balasan. Akan tetapi usaha mereka terus membentur pertahanan kokoh Chelsea. Sehingga kedudukan 1-0 pun jadi hasil akhir untuk kemenangan Chelsea.

Susunan Pemain Chelsea vs Leeds United

Chelsea (3-4-3): Kepa Arrizabalaga, Wesley Fofana, Kalidou Koulibaly, Benoit Badiashile, Ruben Loftus-Cheek, Mateo Kovacic, Enzo Fernandez, Ben Chilwell, Raheem Sterling, Kai Havertz, Joao Felix.

Leeds United (4-2-3-1): Illan Meslier, Junior Firpo, Maximilian Wober, Robin Koch, Luke Ayling, Weston McKennie, Tyler Adams, Jack Harrison, Brenden Aaronson, Crysencio Summerville, Georginio Rutter.