google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Inggris: Leeds United Atasi Perlawanan West Brom

Leeds United vs West Brom
Leeds United tutup Liga Inggris musim 2020-2021 dengan kemenangan meyakinkan atas West Brom di Elland Road.

cr photo: Leeds United Official Website

Kemenangan berhasil diraih oleh kesebelasan Leeds United saat berhadapan dengan West Brom dalam laga terakhir ajang Liga Inggris. Tampil sebagai tuan rumah, Leeds jelas sangat termotivasi untuk mengakhiri musim ini dengan raihan maksimal, apalagi mereka di laga ini mereka sudah didukung langsung oleh supporter yang datang di stadion. Hal inilah yang kemudian membuat sepanjang pertandingan Leeds tampil sangat superior atas sang tamu. Walaupun sempat beberapa kali alami kesulitan pada akhirnya Leeds sukses meraih kemenangan. Tiga poin sukses direbut pasukan Marcelo Bielsa berkat kemenangan meyakinkan dengan skor 3-1.

Tiga gol kemenangan skuad berjuluk The Rose pada pertandingan ini masing masing dicetak oleh Rodrigo Moreno, Kalvin Phillips, dan Patrick Bamford. Sedangkan West Brom hanya mampu melesakkan satu gol balasan lewat aksi striker asal Wales, yaitu Hal Robson-Kanu. Statistik mencatat Leeds jauh lebih dominan di laga ini dengan presentase penguasaan bola mencapai 65 persen berbanding 35 persen. Jumlah tembakan yang dilepas tuan rumah juga lebih banyak, yaitu 17 tembakan dengan 9 di antaranya on target, sedangkan sang tamu hanya membuat 14 tembakan dengan 5 yang on target.

Berkat kemenangan ini, Leeds naik satu strip dan mengakhiri musim 2020-2021 dengan finish di posisi 9. Pencapaian cukup baik melihat Leeds adalah tim promosi musim ini. Musim ini secara total Leeds mengoleksi 59 poin dari 38 laga dengan rincian, 18 kali menang, 5 kali seri, dan 15 kali menelan kekalahan. Sedangkan bagi West Brom, kekalahan ini sama sekali tak merubah posisi mereka yang finish di posisi 19 dan menjadi salah satu tim yang terdegradasi. The Baggies total meraih 26 poin dari 38 laga dengan hasil, 5 kali menang, 11 kali seri, dan 22 kali menderita kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Duel cukup menarik mempertemukan tuan rumah Leeds United atas sang tamu, West Brom dalam laga terakhir Liga Inggris musim 2020-2021. Berstatus sebagai tuan rumah, Leeds memgincar kemenangan untuk menutup musim ini dengan hasil memuaskan. Sejak awal babak pertama, pasukan Marcelo Bielsa langsung tampil sesuai ciri khas mereka yang penuh determinasi.

Skor sudah berhasil dibuka oleh Leeds ketika memasuki menit ke-17 babak pertama. Pergerakan Raphinha ia selesaikan dengan sebuah umpan yang sukses memudahkan Rodrigo Moreno mencetak gol. Aksi striker berkebangsaan Spanyol tersebut sukses sementara membawa Leeds unggul dengan skor 1-0.

Berhasil unggil terlebih dulu membuat Leeds sangat percaya diri untuk terus menekan pertahanan sang lawan. Setelah berkali kali mencoba akhirnya gol kedua berhasil dicetak Leeds di menit akhir baba pertama, tepatnya menit ke-43. Tendangan keras Kalvin Phillips gagal dihalau kiper West Brom sehingga gol kedua bagi Leeds tercipta. Skor berubah menjadi 2-0 yang kemudian tak berubah sampai laga babak pertama selesai.

Babak Kedua

Saat pertandingan memasuki babak kedua, Leeds masih belum mengendurkan serangan. Di tengah pertandingan Leeds melakukan sedikit perpisahan kecil untuk dua pemain senior mereka, yaitu Pablo Hernandez dan Gaetano Berardi. Kedua pemain tersebut akan meninggalkan Leeds akhir musim. Di laga ini sendiri Hernandez dan Berardi yang jadi starter pada akhirnya digantikan di pertengahan babak kedua oleh Pascal Struijk dan Tyler Roberts.

Setelah momen tersebut Leeds yang terus melancarkan serangan sukses menambah pundi pundi gol mereka di menit ke-79. Diawali pelanggaran pemain West Brom di kotak terlarang, wasit memberikan penalti untuk tuan rumah. Patrick Bamford yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik untuk memperbesar keunggulan Leeds menjadi 3-0.

Tim tamu pada akhirnya mendapat satu gol hiburan di menit ke-90 babak kedua. Hal Robson-Kanu yang lolos jebakan offside berhasil mencetak gol untuk perkecil skor menjadi 3-1. Sampai laga selesai, skor sama sekali tak berubah untuk kemenangan Leeds United.

Susunan Pemain Leeds United vs West Brom

Leeds United (3-4-2-1): Kiko Casilla, Gaetano Berardi, Luke Ayling, Liam Cooper, Raphinha, Stuart Dallas, Kalvin Phillips, Ezgjan Alioski, Pablo Hernandez, Jack Harrison, Rodrigo Moreno.

West Brom (5-3-2): Sam Johnstone, Connor Townsend, Dara O’Shea, Kyle Bartley, Semi Ajayi, Daniel Furlong, Ainsley Maitland-Niles, Okay Yokuslu, Connor Gallagher, Callum Robinson, Matt Phillips.