Liga Inggris: Leeds United Sukses Atasi Brentford

Brentford vs Leeds United
Leeds United menang di markas Brentford untuk pastikan bertahan di EPL musim depan.

cr photo: Yahoo Sports.

Sebuah laga sangat menentukan harus dijalani oleh Leeds United kala tandang melawan Brentford di pekan ke-38 Liga Premier Inggris. Leeds yang di laga ini bertindak sebagai tim tamu wajib sekali menang untuk bisa selamat dari ancaman degradasi dan bertahan di ajang Liga Premier Inggris musim depan. Meski berat, namun Leeds yang bekerja keras pada akhirnya bisa selesaikan duel dengan hasil maksimal. Anak asuhan Jesse Marsch sukses menang dengan skor tipis saja, yaitu 1-2.

Dua gol yang berhasil dicetak oleh skuad Leeds United sekaligus menjadi penentu kemenangan mereka pada pertandingan kali ini masing masing lahir lewat aksi Raphinha dan Jack Harrison. Sedangkan satu satunya gol balasan yang disarangkan skuad Brentford dicetak oleh Sergi Canos. Pada pertandingan menarik ini juga diwarnai dengan satu kartu merah yang diberikan pada pemain Brentford, yaitu Sergi Canos. Relatif berimbang, Leeds menang berkat mampu manfaatkan peluang di akhir laga.

Dengan hasil kemenangan ini, Leeds United berhasil mendapatkan tiga poin yang membawa mereka tetap di posisi 17 klasemen Liga Inggris. Leeds selamat degradasi usai unggul 3 poin dari Burnley di posisi 18 yang di laga lain kalah melawan Newcastle. Leeds total musim ini mengemas 38 poin dari 38 laga dengan catatan, 9 kali menang, 11 seri, dan 18 kali kalah. Sedangkan untuk Brentford, mereka akhiri musim dengan finish di posisi 13 usai hasil ini. The Bees mengemas total 46 poin dari 38 laga dengan rincian, 13 kali menang, 7 kali seri, dan 18 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Leeds United menjalani laga tandang ke markas Brentford untuk lakoni pekan penutup Liga Inggris musim 2021-2022. Bermain sebagai tamu, Leeds mengemban misi cukup berat mesti dijalani Leeds yang harus menang demi bertahan di EPL musim depan. Tak mengherankan apabila mereka kemudian tampil cukup agresif dan seolah tak memperdulikan statusnya sebagai tim tamu.

Pada babak pertama, Leeds yang agresif sempat berhasil melesakkan sebuah gol lewat aksi Joe Gelhardt pada menit ke-19. Tetapi sayang sekali gol tersebut harus dianulir wasit lewat keputusan VAR. Babak pertama pun pada akhirnya mesti berakhir dengan tanpa satupun gol tercipta sehingga turun minum skor tetap 0-0.

Babak Kedua

Setelah istirahat turun minum, pertandingan lebih menarik karena kedua tim bermain lebih terbuka. Leeds berhasil melesakkan gol lebih dulu ketika babak kedua masuk menit ke-56. Penalti didapat Leeds usai ada pelanggaran di area penalti Brentford. Raphinha sukses lesakkan gol dari titik putih untuk bawa skuad The Rose sementara unggul 0-1.

Sayangnya keunggulan Leeds ini kemudian sirna ketika babak kedua memasuki menit ke-78. Sepakan keras Sergi Canos memaksimalkan assist Yoane Wissa berhasil menjebol gawang Leeds. Atas gol ini, kedudukan pun berubah menjadi imbang 1-1.

Keuntungan tetapi kemudian mendatangi Leeds ketika di menit ke-90, salah satu pemain Brentford diganjar kartu merah. Pemain itu adalah Sergi Canos yang dikartu merah usai dapatkan kartu kuning kedua. Brentford pun mesti bermain dengan 10 pemain di sisa laga.

Keunggulan jumlah pemain sukses secara dramatis dimanfaatkan Leeds untuk mencetak gol di masa injury time. Jack Harrison melesakkan gol cantik yang menjadi penentu kemenangan Leeds United dengan skor akhir 2-1.

Susunan Pemain Brentford vs Leeds United

Brentford (4-3-3): David Raya, Kristoffer Ajer, Pontus Jansson, Mads Bech Sorensen, Rico Henry, Mathias Jensen, Vitaly Janelt, Christian Eriksen, Bryan Mbeumo, Ivan Toney, Yoane Wissa.

Leeds United (4-4-1-1): Illan Meslier, Junior Firpo, Liam Cooper, Diego Llorente, Robin Koch, Jack Harrison, Kalvin Phillips, Sam Greenwood, Raphinha, Rodrigo Moreno, Joe Gelhardt.