google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Inggris: Liverpool Menang Tipis atas Aston Villa

Liverpool vs Aston Villa
Liverpool sukses menang tipis saja saat menjamu Aston Villa di lanjutan laga Liga Inggris.

cr photo: This is Anfield.

Raihan positif berhasil diamankan oleh Liverpool tatkala menjamu Aston Villa dalam lanjutan laga pekan ke-16 gelaran Liga Inggris. The Reds yang bermain di kandang sendiri memang sangat diunggulkan menang karena sedang berada dalam grafik permainan yang terus menerus menanjak. Akan tetapi di sepanjang laga ini mereka mendapat perlawanan alot dari Aston Villa yang bermain bertahan. Skuad asuhan Steven Gerrard tersebut sempat berhasil membuat skuad Liverpool kesulitan dalam mencetak gol. Namun pada akhirnya mereka tetap tak mampu membendung Liverpool, dan sang tuan rumah pun menang dengan skor akhir 1-0.

Satu satunya gol yang berhasil dilesakkan oleh Liverpool dan menjadi penentu kemenangan tim tuan rumah pada pertandingan ini tercipta lewat eksekusi penalti seorang Mohamed Salah. Meski hanya menang tipis berkat gol penalti, akan tetapi melihat dari statistik permainan, Liverpool memang layak sekali menang. Mereka unggul di semua aspek permainan atas Villa. The Reds mencatatkan penguasaan bola hingga 63 persen berbanding 37 persen, serta membuat hingga 20 tembakan berbanding jauh dari Villa yang hanya bisa melepas 4 tembakan.

Atas hasil maksimal tersebut, Liverpool berhasil meraih tiga poin dan menjaga posisi mereka di peringkat 2 klasemen sementara ajang Liga Inggris. Pasukan Jurgen Klopp berhasil menjaga jarak dengan Manchester City di puncak klasemen dan dengan selisih satu poin saja. Sejauh ini The Reds sendiri sudah berhasil meraih 37 poin dari 16 laga dengan hasil, 11 kali menang, 4 kali seri, dan 1 kali kalah. Sedangkan bagi Aston Villa, kekalahan ini menahan mereka di posisi 12 klasemen. The Villans saat ini baru meraih 19 poin dari 16 laga dengan rincian, 6 kali menang, 1 kali seri, dan 9 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Laga seru mempertemukan tuan rumah Liverpool melawan Aston Villa dalam lanjutan pertandingan pekan ke-16 Liga Inggris musim 2021-2022. Duel ini menjadi spesial karena, Villa kini dilatih oleh legenda Liverpool, yaitu Steven Gerrard. Meski demikian, Gerrard sendiri nampak sangat termotivasi melihat skuad asuhannya bisa mendepak Liverpool di laga ini. Laga sendiri berjalan dengan didominasi Liverpool sejak awal babak pertama.

Namun memang di sepanjang babak pertama ini, serangan bergelombang Liverpool berhasil diredam dengan sangat baik oleh barisan pertahanan Villa. Tyrone Mings dan kawan kawan bermain sangat disiplin untuk bisa membuat barikade yang mengamankan jala gawang Emiliano Martinez. Babak pertama pun sama sekali tak tercetak gol dan skor imbang 0-0 bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Selepas istirahat, Liverpool masih berusaha membuka skor, mereka pun lantas menaikan intensitas serangan dan bermain jauh lebih cepat. Kondisi ini membuat lini belakang Villa benar benar kewalahan dan Villa sendiri jadi sangat kesulitan mengembangkan permainan.

Gol bagi Liverpool akhirnya tercipta pada menit ke-67 babak kedua. Diawali pelanggaran pemain Villa di area terlarang, wasit memberikan tendangan penalti kepada Liverpool. Kemudian Mohamed Salah yang jadi eksekutor sukses melesakkan gol dan membuat Liverpool kini unggul 1-0.

Di sisa waktu yang ada Liverpool berusaha keras untuk bisa menambah gol. Hal ini membuat Villa masih tetap kesulitan bahkan untuk sekedar mendekati kotak penalti sang tuan rumah. Tak ada gol di sisa waktu laga dan kemenangan jadi milik Liverpool dengan skor akhir 1-0.

Susunan Pemain Liverpool vs Aston Villa

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker, Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson, Jordan Henderson, Fabinho, Thiago Alcantara, Mohamed Salah, Alex Oxlade-Chamberlain, Sadio Mane.

Aston Villa (4-3-3): Emiliano Martinez, Matt Targett, Tyrone Mings, Ezri Konsa, Matty Cash, Douglas Luiz, Marvelous Nakamba, John McGinn, Ashley Young, Ollie Watkins, Jacob Ramsey.