google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Inggris: Liverpool Menang Tipis atas West Brom

West Brom vs Liverpool
Gol sundulan Alisson di menit akhir berikan kemenangan dramatis Liverpool atas West Brom dalam lanjutan Liga Inggris.

cr photo: LFC Globe

Kemenangan dramatis berhasil diraih oleh kesebelasan Liverpool saat bertandang ke markas West Brom dalam lanjutan Liga Inggris. Liverpool yang bermain sebagai tamu tetap tampil agresif di laga ini dengan memberikan tekanan terus menerus ke pertahanan sang tuan rumah. Meski demikian, West Brom yang bertindak sebagai tuan rumah ternyata mampu memberikan perlawanan sangat ketat kepada The Reds. Usai melalui perjuangan keras, anak asuhan Jurgen Klopp akhirnya sukses memenangkan laga. The Reds berhasil membawa pulang tiga poin dari laga ini usai menang dengan skor tipis saja, yaitu 1-2.

Tuan rumah mencetak gol terlebih dulu di pertandingan ini pada awal babak pertama lewat lesakkan Hal Robson-Kanu. Akan tetapi Liverpool berhasil membalikkan keadaan usai cetak dua gol lewat Mohamed Salah dan aksi heroik Alisson Becker, sang penjaga gawang di menit akhir babak kedua. Kemenangan ini berhasil meneruskan tren apik Liverpool yang sudah dalam tiga laga beruntun meraih kemenangan. Sedangkan bagi West Brom ini meneruskan tren buruk mereka yang sudah dalam lima pertandingan terakhir mereka di ajang Liga Inggris dilalui tanpa kemenangan.

Tambahan tiga poin yang didapat Liverpool sukses menjaga asa mereka lolos ke Liga Champions musim depan. The Reds mungkin masih di posisi 5, namun saat ini mereka hanya selisih satu poin saja dengan Chelsea di posisi 4 klasemen sementara. Sampai dengan pekan ini, Liverpool sudah mengumpulkan total 63 poin dari 36 laga dengan rincian, 18 kali menang, 9 kali seri, dan 9 kali menelan kekalahan. Sementara bagi West Brom, hasil ini tak mengubah fakta bahwa mereka akan terdegradasi musim depan dengan finish di posisi 19. The Baggies sejauh ini baru meraih 26 poin dari 36 laga dengan hasil, 5 kali menang, 11 kali seri, dan 20 kali mengalami kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Laga krusial harus dijalani oleh Liverpool saat bertandang ke markas West Brom dalam lanjutan pertandingan Liga Inggris musim 2020-2021. The Reds yang dalam misi mengamankan tiket ke Liga Champions musim depan jelas membidik kemenangan sebagai hasil wajib meskipun mereka bertindak sebagai tim tamu. Oleh itulah sejak awal babak pertama, Mohamed Salah dan kawan kawan sudah tampil ofensif.

Meski demikian, Liverpool mesti lebih dulu mengalami nasib sial saat gawangnya sudah jebol ketika babak pertama baru berjalan 15 menit. Matheus Pereira memberikan umpan manis yang jatuh di kaki Hal Robson-Kanu. Berdiri bebas, striker berkebangsaan Wales itu berhasil menjebol gawang Liverpool usai sepakannya gagal dihalau Alisson. Lesakkan gol ini membawa West Brom sementara unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, di sisa babak pertama, The Reds menyerang total pertahanan West Brom demi mengejar gol penyama kedudukan. Usaha keras Liverpool pada akhirnya berbuah manis di menit ke-33 saat mereka sukses melesakkan gol penyeimbang. Sepakan keras Mohamed Salah usai meneruskan umpan Sadio Mane gagal dihalau kiper West Brom. Alhasil skor pun berubah atas gol ini menjadi imbang 1-1 yang bertahan sampai babak pertama usai.

Babak Kedua

Ketika memasuki jalannya laga babak kedua, The Reds Liverpool yang mengusung misi wajib menang masih tak mengendurkan serangan. Sebuah serangan dari The Reds berhasil menjebol gawang WBA melalui sontekan Sadio Mane. Akan tetapi sayang gol tersebut dianulir wasit lantaran Mane dianggap sudah lebih dulu terjebak dalam posisi offside.

Tuan rumah juga tak mau kalah, sebuah serangan yang mereka lancarkan berhasil lahirkan gol. Kyle Bartley yang naik membantu serangan sukses menanduk bola hasil se[ak pojok. Akan tetapi gol ini juga tak disahkan wasit dikarenakan sebelum gol terjadi lebih dulu terjadi pelanggaran kepada pemain Liverpool.

Pertarungan sengit terjadi antara kedua kesebelasan di sepanjang babak kedua. Sampai akhirnya ketika laga terasa akan berakhir imbang, tepat di masa injury time babak kedua, Alisson Becker muncul sebagai pahlawan Liverpool. Mengambil risiko dengan maju hingga kotak penalti lawan, Alisson sukses menanduk umpan Alexander-Arnold. Aksi kiper berkebangsaan Brazil tersebut berhasil lahirkan gol yang memastikan Liverpool memenangkan laga ini dengan skor akhir 1-2.

Susunan Pemain West Brom vs Liverpool

West Brom (4-4-1-1): Sam Johstone, Daniel Furlong, Semi Ajayi, Kyle Bartley, Connor Townsend, Matt Phillips, Connor Gallagher, Okay Yokuslu, Grady Diangana, Matheus Pereira, Hal Robson-Kanu.

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker, Andrew Robertson, Rhys Williams, Nathaniel Phillips, Trent Alexander-Arnold, Curtis Jones, Fabinho, Thiago Alcantara, Sadio Mane, Roberto Firmino, Mohamed Salah.