google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Inggris: Liverpool Tumbangkan Southampton

Liverpool vs Southampton
Liverpool sukses tumbangkan Southampton di Anfield dalam laga lanjutan Liga Inggris.

cr photo: Rousing The Kop

Tiga poin krusial sukses didapat oleh Liverpool ketika menghadapi tamunya, Southampton dalam laga lanjutan ajang Liga Inggris. Memainkan laga di Anfield, Liverpool berusaha keras menghapus tren buruk yang kerap mereka alami belakangan ini apabila bermain di kandang mereka sendiri. Sejak awal, The Reds pun sudah mengambil inisiatif serangan dan memaksa Soton lebih banyak bertahan. Meski sempat mendapatkan perlawanan dari lawannya itu, namun Liverpool pada akhirnya masih mampu tetap amankan kemenangan. Anak asuhan Jurgen Klopp menang dengan skor cukup meyakinkan, yakni 2-0.

Sadio Mane dan Thiago Alcantara menjadi pencetak dua gol penentu kemenangan Liverpool pada pertandingan tersebut. Melihat dari statistik, terlihat Soton di laga ini cukup memberikan perlawanan yang ketat. Penguasaan bola memang lebih dipegang oleh Liverpool dengan presentase 55 persen berbanding 45 persen. Namun jumlah tembakan yang dilepas tak begitu jauh, yakni 14 berbanding 12, bahkan jumlah shots on target mereka sama, yakni 6. Namun memang kurang efektifnya lini depan Soton membuat mereka tak mampu meraih hasil maksimal di laga ini.

Berkat tambahan tiga poin ini, Liverpool duduk nyaman di posisi 6 klasemen, dengan hanya terpaut 6 angka saja dari posisi 4 klasemen, yakni Leicester City. Sampai dengan pekan ini sendiri, Liverpool sudah mengoleksi 57 poin dari 34 laga dengan rincian, 16 kali menang, 9 kali seri, dan 9 kali menelan kekalahan. Sementara bagi Southampton, kekalahan ini menahan mereka tetap di posisi 16 klasemen Liga Inggris. Soton meraih 37 poin dari 34 laga dengan hasil, 10 kali menang, 7 kali seri, dan 17 kali menelan kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan Liverpool kedatangan lawannya, yakni Southampton dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris musim kompetisi 2020-2021. Sebagai tuan rumah, The Reds memasang target wajib menang untuk menjaga asa mereka lolos ke kompetisi Eropa musim depan. Usaha mereka namun tak berjalan mudah, karena di luar dugaan, Soton di laga ini bermain cukup berani meladeni permainan terbuka Liverpool.

Setelah bekerja keras, usaha anak asuhan Jurgen Klopp akhirnya berbuah manis pada menit ke-31 babak pertama. Mohamed Salah melepaskan umpan melengkung ke muka gawang Soton yang sukses ditanduk dengan sangat baik oleh Sadio Mane. Lesakkan gol pemain berkebangsaan Senegal itu berhasil merubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Liverpool.

Di sisa waktu babak pertama, gawang Liverpool hampir saja kebobolan oleh aksi striker Soton, yaitu Che Adams. Sayang usahanya masih digagalkan oleh Alisson. Sampai dengan babak pertama selesai skor tak berubah tetap 1-0 untuk keunggulan Liverpool.

Babak Kedua

Usai turun minum, Liverpool menaikan tensi permainan mereka agar bisa menambah keunggulan sekaligus killing the game. Akan tetapi barisan belakang Soton di pertandingan ini bermain sangat disiplin sehingga cukup menyulitkan anak asuhan Jurgen Klopp.

Soton sempat kembali memberikan dua ancaman serius lewat aksi Ibrahim Diallo dan Che Adams. Sayang peluang peluang tersebut keduanya bisa diamankan dengan baik oleh Alisson. Liverpool sendiri sempat berhasil melesakkan gol keduanya lewat aksi Sadio Mane. Namun gol tersebut mesti dianulir setelah Mane terbukti sudah dalam posisi offside sebelum menerima bola.

Pada akhirnya gol kedua benar benar sukses dilesakkan Liverpool di ujung babak kedua, tepatnya di menit ke-90. Sepakan keras Thiago Alcantara sukses merobek gawang Soton. Aksi gelandang Spanyol itu sukses memastikan Liverpool memenangkan laga ini dengan skor akhir 2-0.

Susunan Pemain Liverpool vs Southampton

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker, Trent Alexander-Arnold, Nathaniel Phillips, Rhys Williams, Andrew Robertson, Thiago Alcantara, Fabinho, Georginio Wijnaldum, Mohamed Salah, Diogo Jota, Sadio Mane.

Southampton (4-4-2): Frezier Forster, Jack Stephens, Jannik Vestergaard, Jan Bednarek, Kyle Walker-Peters, Nathan Redmond, Stuart Armstrong, James Ward-Prowse, Theo Walcott, Nathan Tella, Che Adams.