Liga Inggris: Manchester City Lumat Newcastle United

Manchester City vs Newcastle United
Manchester City berhasil gasak habis Newcastle United untuk memuncaki kembali klasemen Liga Inggris.

cr photo: MSC Football.

Kemenangan dengan skor besar didapat oleh Manchester City ketika menjamu Newcastle United di pekan ke-36 Liga Premier Inggris. City yang baru saja gugur secara dramatis di semifinal Liga Champions usai ditaklukan Real Madrid, berusaha mencari pelipur lara di laga ini. Tidak hanya itu, mereka memang sedianya butuh tiga poin juga untuk membuat jarak dengan Liverpool di klasemen. Bermain solid dan dominan, City tak memberi ampun mengalahkan Newcastle dengan skor akhir 5-0.

Raheem Sterling menjadi salah satu pemain yang tampil menonjol untuk skuad Manchester City di pertandingan ini. Sterling berhasil memborong dua dari lima gol kemenangan The Citizens dan menjadi man of the match di akhir laga. Semenatara itu tiga gol lainnya yang dicetak City masing masing lahir dari aksi Aymeric Laporte, Phil Foden, dan juga Rodri Hernandez. Bisa dibilang City memang layak memenangkan pertandingan kali ini karena memang dominan di semua aspek permainan.

Tambahan tiga poin dari kemenangan ini berhasil antarkan City kembali ke puncak klasemen sementara ajang Liga Inggris. Mereka kembali merebut puncak klasemen dari tangan Liverpool, dan kini unggul 3 poin dari rival terdekatnya itu. Manchester City total meraih 86 poin dari 35 laga dengan hasil, 27 kali menang, 5 kali seri, dan 3 kali kalah. Sedangkan bagi Newcastle, mereka turun ke posisi 13 klasemen usai kekalahan ini. The Magpies baru mendapat 43 poin dari 36 laga dengan catatan, 11 kali menang, 10 kali seri, dan 15 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan Manchester City menjamu Newcastle United dalam laga pekan ke-36 Liga Premier Inggris musim 2021-2022. Tampil sebagai tuan rumah, The Citizens mengincar kemenangan untuk bisa mengembalikan posisi mereka ke puncak klasemen.

Tampil menekan sejak menit awal babak pertama, anak asuhan Pep Guardiola berhasil membuka skor kala babak pertama memasuki menit ke-19. Raheem Sterling berhasil meneruskan assist terukur Jack Grealish untuk membawa City sementara memimpin 1-0.

Penampilan apik City sepanjang babak pertama kemudian ditutup dengan sebuah gol tambahan di menit ke-38. Aymeric Laporte yang naik membantu serangan sukses manfaatkan situasi scrimmage untuk melesakkan gol dan membawa City menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Babak Kedua

Sesudah istirahat, duel menarik ini berlanjut dengan City masih mendominasi jalannya permainan. Sang tuan rumah lalu berhasil menambah gol mereka di menit ke-61 babak kedua. Kini giliran Rodri yang mencetak gol usai memanfaatkan assist Kevin De Bruyne dan membuat City kini unggul 3-0.

Kian ada di atas angin, City bermain sangat lepas di sisa waktu babak kedua. Alhasil mereka pun berhasil menambah keunggulan di menit ke-90 babak kedua. Oleksandr Zinchenko memberikan umpan terukur yang diselesaikan menjadi gol Phil Foden dan membawa City perbesar skor menjadi 4-0.

Pesta gol skuad The Citizens di pertandingan ini ditutup lewat sebuah gol dari Raheem Sterling di masa injury time. Kembali bekerjasama dengan Jack Grealish, Sterling lesakkan bracenya untuk pastikan City menang dengan skor 5-0.

Susunan Pemain Manchester City vs Newcastle United

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes, Joao Cancelo, Ruben Dias, Aymeric Laporte, Oleksandr Zinchenko, Kevin De Bruyne, Rodri Hernandez, Ilkay Gundogan, Raheem Sterling, Gabriel Jesus, Jack Grealish.

Newcastle United (4-3-3): Martun Dubravka, Matt Targett, Dan Burn, Jamaal Lascelles, Emil Krafth, Joelinton, Sean Longstaff, Bruno Guimaraes, Allan Saint-Maximin, Chris Wood, Miguel Almiron.