google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Inggris: Manchester City Tumbang di Tangan Brighton

Brighton vs Manchester City
Manchester City tumbang di markas Brighton secara dramatis dalam lanjutan Liga Inggris.

cr photo: Eurosport

Hasil cukup mengejutkan terjadi ketika Manchester City bertandang ke markas Brighton dalam lanjutan pertandingan Liga Inggris. Tampil di kandang lawan, City yang sudah memfokuskan diri sepenuhnya ke final Liga Champions, akhir Mei mendatang menyimpan beberapa pemain kuncinya. Kondisi ini awalnya tetap berjalan lancar, sebelum akhirnya City kehilangan satu pemainnya karena kartu merah di awal laga. Kalah jumlah pemain, City yang unggul dua gol harus kalah cukup dramatis usai Brighton membalikkan keadaan. The Seagull menang dengan skor tipis saja, yakni 3-2.

Ketiga gol yang menjadi penentu kemenangan Brighton di pertandingan ini masing masing dicetak oleh Leandro Trossard, Adam Webster, dan Dan Burn. Sementara itu dua gol balasan pasukan The Citizens masing masing dicetak oleh Ilkay Gundogan dan Phil Foden. Kekalahan ini menjadi kekalahan kedua yang sudah diderita City dalam tiga laga terakhirnya di Liga Inggris. Sedangkan untuk Brighton, hasil ini membuat mereka sukses melewati dua laga terakhir di ajang Liga Inggris tanpa mengalami kekalahan.

Walaupun kalah, kondisi ini sama sekali tak berpengaruh pada posisi Manchester City di klasemen. Mereka kokoh di puncak sebagai juara liga musim ini dengan kini unggul 12 poin dari Manchester United. Sampai dengan pekan ini, The Citizens sudah mengoleksi 83 poin dari 37 laga dengan rincian, 26 kali menang, 5 kali seri, dan 6 kali menelan kekalahan. Sementara bagi Brighton, hasil ini mengatrol posisi mereka ke peringkat 15 klasemen menggeser Burnley dan Newcastle. Brighton total sudah meraih 41 poin dari 37 laga dengan hasil, 9 kali menang, 14 kali seri, dan 14 kali menderita kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan Brighton kedatangan lawan berat, yakni Manchester City dalam lanjutan Liga Inggris musim kompetisi 2020-2021. Sama sama sudah tak menjalani laga yang tak begitu menentukan, baik City maupun Brighton sama sama tampil lepas. Sejak babak pertama dimulai, kedua kesebelasan sudah sama sama bermain terbuka dan cukup agresif demi membuka gol terlebih dahulu.

Tim tamu sebenarnya sukses mengawali laga dengan sangat baik. Mereka sukses melesakkan gol saat laga baru berjalan dua menit. Umpan Riyad Mahrez sukses ditanduk oleh Ilkay Gundogan menjadi gol yang membawa City sementara unggul dengan skor 0-1.

Sayangnya hegemoni City di laga ini tak berlangsung lama. Pada menit ke-10 bencana mendatangi mereka saat salah satu pemainnya diganjar kartu merah. Ialah Joao Cancelo yang lakukan pelanggaran krusial kepada Danny Welbeck yang membuat ia diganjar kart merah dan membuat City mesti bermain dengan 10 orang di sisa laga.

Babak Kedua

Selepas istirahat, City yang kalah jumlah pemain di luar dugaan masih mampu menambah keunggulan mereka saat babak kedua memasuki menit ke-48. Aksi individual Phil Foden berhasil meluluhlantahkan pertahan Brighton. Pemain muda Inggris itu sukses mencetak gol untuk gandakan keunggulan City menjadi 0-2.

Tidak mau kalah di hadapan supporternya sendiri, di sisa waktu babak kedua Brighton tampil mengganas. Sampa akhirnya di menit ke-50 tim tuan rumah sukses memperkecil ketertinggalan. Leandro Trossard sukses mengelabui pertahanan City untuk melesakkan gol dan menipiskan ketertinggalan menjadi 1-2.

Usaha keras Brighton untuk mengejar ketertinggalan akhirnya berbuah manis pada menit ke-72. Pascal Gross melihat posisi bebas yang ditempati Adam Webster. Ia lalu mengirim umpan yang sukses dimanfaatkan Webster menjadi gol dan mengubah kedudukan menjadi imbang 2-2.

Keunggulan jumlah pemain benar benar dimaksimalkan oleh Brighton di sisa laga. Karena selang empat menit setelah mencetak gol kedua, The Seagull berhasil melesakkan gol ketiganya di laga ini. Kali ini Dan Burn yang sukses melesakkan gol ke gawang City untuk membalikkan skor menjadi 3-2. Kedudukan tersebut bertahan sampai laga selesai untuk kemenangan Brighton.

Susunan Pemain Brighton vs Manchester City

Brighton (3-5-2): Robert Sanchez, Ben White, Adam Webster, Dan Burn, Alireza Jahanbakhsh, Pascal Gross, Yves Bissouma, Steven Alzate, Jakub Moder, Alexis Mac Allister, Danny Welbeck.

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes, Oleksandr Zinchenko, Ruben Dias, John Stones, Joao Cancelo, Ilkay Gundogan, Rodri Hernandez, Bernardo Silva, Phil Foden, Ferran Torres, Riyad Mahrez.