Liga Inggris: Nottingham Forest Kembali ke EPL Usai Hajar Huddersfield Town

Huddersfield Town vs Nottingham Forest
Bekuk Huddersfield Town di babak plau-off, Nottingham Forest comeback ke EPL usai 23 tahun berlalu.

cr photo: Sky Sports.

Kemenangan bersejarah berhasil didapat oleh pasukan Nottingham Forest saat bersua Huddersfield Town di partai puncak babak play-off Liga Inggris. Memainkan duel di stadion Wembley, duel ini berjalan menarik karena kedua tim bermain di venue netral dan sama sama ingin promosi ke kasta tertinggi sepak bola Inggris. Sepanjang laga berlangsung, kedua tim tampil spartan dan laga pun berjalan ketat. Namun pada akhirnya kemenangan jadi milik Nottingham dengan skor akhir 0-1.

Satu satunya gol yang lahir dan sekaligus jadi penentu kemenangan skuad Nottingham pada pertandingan kali ini lahir lewat own goal pemain Huddersfield, yaitu Levi Colwill. Partai berjalan seimbang bisa dilihat dari catatan statistik, di mana Nottingham membuat 52 persen penguasaan bola, sedangkan Huddersfield mencatatkan 48 persen saja. Nottingham juga membuat total 9 tembakan dengan 2 yang on target. Sementara lawannya melepas 5 tembakan, tanpa ada satupun yang on target.

Atas kemenangan ini, Nottingham Forest berhasil mengambil satu slot lagi jatah promosi ke EPL musim depan. Nottingham menyusul Fullham dan juga Bournemouth yang sudah otomatis lolos ke Premier League usai jadi juara dan runner-up divisi Championship. Selain itu, keberhasilan promosi ini membuat Nottingham akhirnya kembali ke kasta tertinggi Liga Inggris setelah 23 tahun berlalu. Sedangkan bagi Huddersfield, kekalahan ini membuat mereka mengubur asa dalam dalam untuk promosi ke EPL musim depan.

Rangkuman Pertandingan

Duel menarik mempertemukan Nottingham Forest melawan Huddersfield Town di partai puncak babak play-off Liga Inggris musim 2021-2022. Kedua tim sama sama ingin promosi ke EPL musim depan, dengam hasrat sama sama tinggi, laga memang langsung berjalan ketat. Semenjak duel babak pertama ini dimulai, pertandingan antara kedua tim diwarnai jual beli serangan.

Sepanjang babak pertama ini Nottingham lebih memegang kendali permainan. Kondisi tersebut cukup membuat Huddersfield kerepotan dan sulit mengembangkan permainan. Tetapi sayangnya memang serangan The Forest tak terlalu tajam sehingga belum menghasilkan gol.

Terus menerus menggempur lawannya di sepanjang babak pertama, kebuntuan pada akhirnya berhasil dipecahkan lebih dulu oleh skuad Nottingham saat babak pertama memasuki menit ke-43. Salah satu bek Huddersfield, yakni Levi Colwill lakukan own goal usai gagal ketika berusaha menyapu bola. Own goal ini membuat Nottingham unggul 0-1 dan bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Selepas istirahat, Huddersfield yang sedang dalam posisi tertinggal berusaha membalas dengan bermain lebih ofensif. Mereka menaikan blok pertahanan dan berusaha menekan balik sang lawan. Meski demikian, buruknya penyelesaian akhir membuat The Terriers sama sekali tak berhasil untuk melesakkan satupun gol.

Sama halnya dengan Huddersfield, Nottingham juga sama buntunya di babak kedua ini. Permainan dan intensitas serangan mereka juga cukup menurun dan nampak memilih bermain sedikit menunggu. Sepanjang babak kedua ini sama sekali tidak ada satupun gol tercipta dari kedua tim. Pada akhirnya laga pun selesai dengan skor 0-1 untuk Nottingham, dan mereka pun berhak lolos ke EPL musim depan atas kemenangan ini.

Susunan Pemain Huddersfield Town vs Nottingham Forest

Huddersfield Town (3-4-3): Lee Nicholls, Tom Lees, Naby Sarr, Levi Colwill, Pipa, Jonathan Hogg, Lewis O’Brien, Harry Toffolo, Danel Sinani, Danny Ward, Sorba Thomas.

Nottingham Forest (3-4-1-2): Brice Samba, Scott McKenna, Steve Cook, Joe Worrall, Jacl Colback, James Garner, Ryan Yates, Djed Spence, Philip Zinckernagel, Keinan Davis, Brennan Johnson.