google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Inggris: Tottenham Imbang dengan Everton

Everton vs Tottenham
Everton dan Tottenham berbagi angka di Goodison Park dalam lanjutan Liga Inggris.

cr photo: Football24

Pertandingan menarik hadirkan duel antara tuan rumah Everton dengan sang tamu, Tottenham di laga lanjutan ajang Liga Inggris. Bermain di Goodison Park, Everton sebagai tuan rumah mengambil alih kendali permainan sejak awal laga. Namun lawan Spurs jelas bukanlah hal mudah, dengan kualitas yang mereka miliki, Spurs berhasil menekan balik sang tuan rumah. Pertarungan sengit pun terjadi antara kedua kesebelasan di sepanjang jalannya laga. Namun pada akhirnya kedua klub mesti puas hanya bisa bermain imbang dengan skor akhir 2-2.

Dari kubu Everton nama Gilfy Sigurdsson menjadi pemain yang tampil apik dengan memborong dua gol untuk sang tuan rumah. Akan tetapi dari kubu Tottenham, sosok Harry Kane menjelma jadi pahlawan tim dengan memborong dua gol untuk memaksakan laga berakhir imbang 2-2. Di laga ini, Everton bermain sedikit lebih unggul, mereka membuat 53 persen penguasaan bola, dan melepas 18 tembakan dengan 7 di antaranya on target. Sedangkan Spurs hanya menciptakan 43 persen penguasaan bola, serta mencatatkan 12 tembakan dengan hanya 3 yang on target.

Torehan ini memperpanjang rekor buruk Everton yang sudah 5 laga tak meraih kemenangan. The Toffees hanya meraih 3 kali imbang dan 2 kali kalah. Atas hasil itu mereka kini terdampar di posisi 8 klasemen dengan mengoleksi 49 poin dari 31 laga, rinciannya adalah 14 kali menang, 7 kali seri, dan 10 kali menelan kekalahan. Sedangkan bagi Spurs, hasil ini belum berhasil membawa mereka balik ke jalur kemenangan. Spurs saat ini masih tertahan di posisi 7 klasemen, tertinggal 5 poin dari zona UCL. The Lilywhites sampai saat ini baru meraih 50 poin dari 32 laga dengan hasil, 14 kali menang, 8 kali seri, dan 10 kali mengalami kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Tuan rumah Everton kedatangan lawan kuat, yaitu Tottenham dalam pertandingan lanjutan laga Liga Inggris musim kompetisi 2020-2021. Everton yang tengah dalam tren buruk berusaha kembali ke jalur kemenangan setelah di beberapa laga terakhir mereka masih puasa kemenangan. Alhasil sejak pertandingan dimulai, anak asuhan Carlo Ancelotti langsung menekan pertahanan Spurs dan memaksa Spurs sedikit lebih bertahan.

Namun perlahan lahan, Spurs juga mulai berhasil mengimbangi permainan tuan rumah. Serangan demi serangan sudah dilancarkan oleh pasukan Jose Mourinho. Bahkan gol berhasil lebih dulu dicetak oleh Spurs saat laga memasuki menit ke-27. Umpan terukur Tanguy Ndombele jatuh di kakai Harry Kane yang berdiri bebas. Kane langsung meneruskannya dengan sepakan voli yang merobek gawang Everton dan membawa Spurs unggul 0-1.

Sayangnya memang keunggulan Spurs ini tak bertahan terlalu lama. Pada menit ke-31, Sergio Reguilon menjatuhkan James Rodriguez di kotak terlarang. Wasit lantas memberikan penalti pada tuan rumah, Everton. Gilfy Sigurdsson yang jadi algojo berhasil menjalankan tugasnya dengan sangat baik untuk merubah kedudukan menjadi imbang 1-1. Kedudukan ini kemudian bertahan sampai laga babak pertama selesai.

Babak Kedua

Saat memasuki jalannya pertandingan babak kedua, Everton kembali lebih dulu mengambil alih kendali permainan. Namun di babak ini mereka tak mau kecolongan lebih dulu dengan tampil cukup hati-hati. Untuk meredam serangan balik Spurs, mereka menumpuk beberapa gelandang di lini tengah.

Keputusan ini cukup positif karena pada akhirnya Everton sukses lesakkan gol keduanya di menit ke-62. Diawali aksi overlap Seamus Coleman, bola kemudian diumpannya ke tengah kotak penalti Spurs. Sigurdsson yang berlari dari belakang sukses menyambar bola untuk mencetak gol keduanya sekaligus membawa Everton berbalik unggul 2-1.

Sama seperti tuan rumah, saat tertinggal Spurs pun berhasil memberikan respon cepat. Selang lima menit kemudian, yaitu menit ke-68 Harry Kane kembali menjebol gawang Everton. Kali ini aksinya memanfaatkan kesalahan Michael Keane dan Mason Holgate. Brace Kane ini sukses membuat kedudukan kembali imbang 2-2. Di sisa waktu babak kedua sayang kedua kesebelasan gagal menambah gol meski sama sama menyerang. Alhasil laga selesai dengan kedudukan akhir imbang 2-2.

Susunan Pemain Everton vs Tottenham

Everton (3-5-1-1): Jordan Pickford, Benjamin Godfrey, Michael Keane, Mason Holgate, Alex Iwobi, Allan, Tom Davies, Gilfy Sigurdsson, Lucas Digne, James Rodriguez, Richarlison.

Tottenham (3-4-1-2): Hugo Lloris, Eric Dier, Joe Rodon, Toby Alderweireld, Sergio Reguilon, Pierre-Emile Hojbjerg, Moussa Sissoko, Serge Aurier, Tanguy Ndombele, Harry Kane, Son Heung-min.