google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Inggris: West Brom Sukses Kalahkan Southampton

West Brom vs Southampton
West Brom sukses menang meyakinkan atas tamunya, Southampton di ajang Liga Inggris.

cr photo: Michael Steele via The Boot Room

Raihan maksimal berhasil didapat oleh kesebelasan West Brom ketika menjamu sang tamu, Southampton di lanjutan laga Liga Inggris. Tampil di kandang sendiri, WBA bermain cukup agresif meskipun mereka sepanjang laga kalah dominan dari sang tamu. Soton yang unggul di segi penguasaan bola tak mampu memanfaatkan situasi tersebut untuk amankan kemenangan. Alhasil, The Baggies lah yang sukses menutup pertandingan ini dengan torehan tiga poin. Tuan rumah berhasil amankan kemenangan dengan skor akhir cukup telak, yaitu 3-0 atas Southampton.

Gol gol yang jadi penentuk kemenangan tim asuhan Sam Allardyce di pertandingan ini dicetak tiga pemain berbeda. Mereka masing masing adalah Matheus Pereira, Matt Phillips, dan Callum Robinson. Bagi Soton, hasil ini tentu sangat mengecewakan. Lantaran sebenarnya di sepanjang laga mereka sangat menguasai pertandingan. Sedangkan bagi WBA permainan efektif mereka kembali sukses hasilkan kemenangan. Ini jadi kemenangan kedua mereka secara beruntun usai pekan sebelumnya berhasil menaklukan Chelsea di Stamford Bridge.

Untuk West Brom, kemenangan ini menambah koleksi poin mereka mesti belum berhasil merubah posisi. WBA kini masih di posisi 19 klasemen, namun mereka hanya terpaut 8 angka saja dari zona aman yang ditempati Newcastle. Sampai pekan ini WBA sudah mengumpulkan 24 poin dari 31 laga dengan hasil, 5 kali menang, 9 kali seri, dan 17 kali alami kekalahan. Sementara bagi Soton, hasil ini menahan mereka di posisi 14 klasemen Liga Inggris. The Saints sejauh ini sudah mengoleksi 36 poin dari 31 laga dengan rincian, 10 kali menang, 6 kali seri, dan 15 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Pertarungan sengit mempertemukan dua tim papan bawah klasemen, yaitu West Brom dengan tamunya, Southampton di laga Liga Inggris musim 2020-2021. Sama sama menginginkan kemenangan, baik WBA maupun Soton menampilkan permainan terbuka. Jual beli serangan pun sudah terjadi sejak menit menit awal laga, walau tim tamu jauh lebih mendominasi permainan.

Usai pertarungan sengit, WBA yang jeli memaksimalkan kelengahan pemain belakang Soton sukses mendapat penalti usai salah satu pemain Soton lakukan pelanggaran di kotak terlarang. Matheus Pereira yang maju menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya untuk mencetak gol ke gawang Soton. Aksi penyerang andalan WBA ini berhasil sementara membawa tuan rumah unggul 1-0.

Tidak butuh waktu lama bagi tuan rumah untuk bisa menambah keunggulan mereka. Selang 3 menit saja, yaitu di menit ke-35, gol kedua berhasil dilesakkan oleh WBA. Diawali umpan M’Baye Diagne, bola disambar oleh Matt Phillips yang hasilkan gol bagi WBA. Gol ini merubah kedudukan menjadi 2-0 untuk tuan rumah. Sampai babak pertama selesai, Soton tak berhasil menipiskan kedudukan sehingga 2-0 jadi skor penutup di babak pertama.

Babak Kedua

Setelah turun minum, Soton tampil jauh lebih agresif di babak kedua ini. Andalkan duet striker Nathan Redmond dan Danny Ings di lini depan. The Saints terus menggempur pertahanan tuan rumah di sepanjang jalannya pertandingan babak kedua.

Akan tetapi seolah tak belajar dari babak pertama, Soton yang keasikan menyerang malah harus menelan pil pahit, gawangnya kembali dibobol tuan rumah. Kali ini gol dicetak oleh Callum Robinson yang memanfaatkan umpan akurat Okay Yokuslu. Lesakkan pemain berkebangsaan Inggris itu sukses memperlebar jarak antara WBA dengan Southampton menjadi 3-0.

Belum mau menyerah, di sisa laga babak kedua Soton berkali kali menebar ancaman ke gawang WBA. Akan tetapi usaha mereka selalu gagal. Salah satu kans terbaik bagi Soton mencetak gol hadir di injury time babak kedua saat mereka mendapat penalti dari wasit. Sayang eksekusi James Ward-Prowse gagal berbuah gol. Alhasil skor tetap 3-0 hingga laga selesai untuk kemenangan West Brom.

Susunan Pemain West Brom vs Southampton

West Brom (4-4-1-1): Sam Johnstone, Daniel Furlong, Dara O’Shea, Kyle Bartley, Connor Townsend, Matt Phillips, Okay Yokuslu, Ainsley Maitland-Niles, Callum Robinson, Matheus Pereira, M’Baye Diagne.

Southampton (4-4-2): Frezier Forster, Ryan Bertrand, Jannik Vestergaard, Jan Bednarek, Kyle Walker-Peters, Stuart Armstrong, Ibrahim Diallo, James Ward-Prowse, Theo Walcott, Nathan Redmond, Danny Ings.