google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Italia: AC Milan Berhasil Taklukan Atalanta

Atalanta vs AC Milan
Bungkam Atalanta, AC Milan sukses amankan tiket Liga Champions.

cr photo: Daniele Buffa via Sempre Milan

Duel menarik mempertemukan tuan rumah, Atalanta dengan sang tamu, AC Milan dalam pertandingan terakhir ajang Liga Italia. Milan yang di laga ini membutuhkan kemenangan tampil penuh semangat juang tinggi demi bisa mengamankan satu tiket ke Liga Champions musim depan. Sementara itu Atalanta yang bertindak sebagai tuan rumah memang cukup kerepotan dengan permainan sang tamu. Usai lakukan perjuangan keras, pada akhirnya AC Milan berhasil mengamankan kemenangan dengan skor akhir cukup meyakinkan, yaitu 0-2.

Franck Kessie menjadi penentu kemenangan AC Milan di laga ini setelah dua golnya lewat titik putih sukses memberikan tiga poin bagi sang Setan Merah Italia. Laga ketat ini juga menghasilkan satu kartu merah yang diterima oleh gelandang Atalanta asal Belanda, yaitu Marten de Roon. Secara statistik, laga ini didominasi oleh Atalanta dengan presentase penguasaan bola sebesar 71 persen berbanding 29 persen. Jumlah tembakan juga jauh lebih banyak Atalanta dengan 13 tembakan, berbanding 6 tembakan milik tim tamu. Namun keberhasilan Milan tampil efisien sukses membuat mereka taklukan sang tuan rumah.

Atas kemenangan ini, AC Milan sukses finish di posisi 2 klasemen Liga Italia menggusur Atalanta. Kemenangan ini juga memastikan AC Milan pada akhirnya akan kembali mentas di Liga Champions musim depan usai 8 tahun absen. Milan musim ini menorehkan 79 poin dari 38 laga dengan rincian, 24 kali menang, 7 kali seri, dan 7 kali alami kekalahan. Sedangkan bagi Atalanta, kekalahan ini hanya membuat mereka finish di posisi 3 klasemen akhir. Namun mereka tetap menjadi salah satu wakil Liga Italia di Liga Champions musim depan. La Dea menyelesaikan musim dengan mengoleksi 78 poin dari 38 laga dengan hasil, 23 kali menang, 9 kali seri, dan 6 kali menderita kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Laga krusial mesti dilakoni kesebelasan AC Milan saat bertandang ke markas Atalanta dalam laga penutup Liga Italia musim kompetisi 2020-2021. Membutuhkan kemenangan demi bisa mengunci tiket ke Liga Champions, Milan dihadapi permainan agresif sang tuan rumah sejak laga dimulai. Mau tak mau skuad asuhan Stefano Pioli tampil mengandalkan sepakbola reaktif.

Walau demikian, satu peluang cukup terbuka didapat oleh AC Milan melalui aksi Alexis Saelemaekers yang bekerjasama dengan Samuel Castillejo. Akan tetapi sangat disayangkan sepakan jarak dekat sang winger masih melambung tinggi di atas gawang Atalanta.

Keuntungan didapat AC Milan ketika di menit akhir babak pertama, tepatnya di menit ke-43, Theo Hernandez dilanggar Remo Freuler di kotak terlarang. Wasit otomatis memberikan penalti kepada sang tamu. Franck Kessie yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan sangat baik untuk membawa Milan unggul 0-1 yang bertahan sampai dengan babak pertama selesai.

Babak Kedua

Kebobolan terlebih dulu membuat Atalanta mau tak mau bermain total menyerang demi bisa mengejar ketertinggalan. Sebuah peluang cukup bagus didapat Duvan Zapata. Berdiri cukup bebas di kotak penalti, Zapata melepas sepakan keras. Namun aksi striker Kolombia itu masih bisa diblock oleh Donnarumma.

Peluang mencetak gol kembali didapat Atalanta yang kali ini dilakukan oleh Luis Muriel. Lakukan aksi individu, Muriel menyelesaikannya dengan sepakan jarak jauh. Sangat disayangkan arah tembakannya masih melebar dari gawang AC Milan.

Alih alih mencetak gol, gawang Atalanta malah kebobolan di menit akhir babak kedua. Bek Atalanta melakukan pelanggaran ke penyerang Milan. Keputusan wasit diprotes Marten de Roon cukup keras yang berbuah kartu merah untuknya. Penalti tetap diberikan untuk Milan dan sukses diselesaikan dengan baik oleh Franck Kessie. Gol keduanya ini sukses memastikan AC Milan menang dengan skor 0-2.

Susunan Pemain Atalanta vs AC Milan

Atalanta (3-4-2-1): Pierluigi Gollini, Rafael Toloi, Christian Romero, Berat Djimsiti, Joakim Maehle, Marten de Roon, Remo Freuler, Robin Gosens, Ruslan Malinovskiy, Matteo Pessina, Duvan Zapata.

AC Milan (4-2-3-1): Gianluigi Donnarumma, Theo Hernandez, Fikayo Tomori, Simon Kjaer, Davide Calabria, Ismail Bennacer, Franck Kessie, Hakan Calhanoglu, Brahim Diaz, Alexis Saelemaekers, Rafael Leao.