Liga Italia: AC Milan Tumbang di Tangan Spezia

AC Milan vs Spezia
AC Milan kalah di San Siro saat bersua Spezia dalam ajang Liga Italia.

cr photo: Marco Luzzani/Getty Images via Sempre Milan.

Kejutan terjadi saat kesebelasan AC Milan kedatangan Spezia sebagai tamunya pada laga pekan ke-22 gelarang Serie A Liga Italia. Rossoneri yang bermain di markasnya sendiri memang lebih diunggulkan untuk bisa meraih kemenangan. Selanjutnya laga memang didominasi oleh skuad berjuluk Il Diavolo Rossi, bisa dibilang Spezia hanya bisa andalkan serangan balik. Akan tetapi sangat disayangkan seolah sedang mengalami hari sialnya, Milan cukup banyak melewati kesempatan mencetak gol. Pada akhirnya Spezia sukses memanfaatkan situasi ini untuk mencuri kemenangan dengan skor akhir 1-2.

Dua gol yang berhasil disarangkan Spezia sekaligus menjadi penentu kemenangan mereka pada pertandingan kali ini dilesakkan masing masing oleh Kevin Agudelo dan Emmanuel Gyasi. Sedangkan satu satunya gol balasan yang sukses dicetak Milan pada duel ini, lahir dari aksi seorang Rafael Leao. Kekalahan ini jelas sangat mengecewakan bagi Milan, apalagi mereka sangat dominan di laga ini. Milan bahkan mampu membuat hingga 25 kali tembakan, sayang ketidakberuntungan memang nampaknya menaungi langit San Siro pada laga tersebut.

Dengan hasil ini, Milan pun tak mendapatkan satupun poin, sehingga posisi mereka tetap ada di peringkat 2 klasemen sementara Liga Italia. Kekalahan ini juga membuat Rossoneri harus melewatkan kans menyalip Inter Milan di puncak klasemen, dan kini masih tertinggal 2 poin. Sejauh ini, Milan sendiri sudah berhasil mengoleksi 48 poin dari 22 laga dengan rincian, 15 kali menang, 3 kali seri, dan 4 kali kalah. Sedangkan bagi Spezia, kemenangan ini membawa mereka naik ke posisi 14 klasemen. Spezia kini mengoleksi 22 poin dari 22 laga dengan hasil, 6 kali menang, 4 kali seri, dan 12 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan AC Milan menjalani laga kandangnya dengan menjamu Spezia dalam lanjutan pekan ke-22 ajang Liga Italia musim 2021-2022. Tampil di San Siro menjadi nilai plus tersendiri yang jelas menguntungkan Milan. Dengan memasang target kemenangan, semenjak babak pertama dimulai, skuad asuhan Stefano Pioli ini langsung bermain menekan.

Sepanjang laga babak pertama Milan ternyata mendapat perlawanan alot dari Spezia. Bahkan sebuah penalti yang didapat Milan, harus gagal berbuah gol, usai Theo Hernandez kurang maksimal dalam mengeksekusinya. Meski demikian, kebuntuan benar benar sukses dipecahkan Milan di injury tima babak pertama. Rafael Leao sukses menaklukan kiper lawan untuk bawa Milan unggul 1-0 yang bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Seusai istirahat, permainan Milan sedikit alami perubahan menjadi jauh lebih terbuka. Namun satu yang mereka gagal sadari adalah bagaimana Spezia melakukan serangan balik. Tim tamu meskipun tak banyak menguasai bola, namun sangat berbahaya saat menekan.

Benar saja, pada menit ke-64, kegagalan Milan mengatisipasi serangan berujung pada jebolnya gawang mereka. Kevin Agudelo yang tak terkawal sukses meneruskan umpan Daniele Verde untuk mencetak gol dan membuat skor menjadi imbang 1-1.

Skor imbang ini membuat sisa laga babak kedua berjalan sangat menegangkan. Kesalahan di menit akhir babak kedua sayangnya malah dilakukan skuad Milan. Lewat sebuah situasi serangan balik, Emmanuel Gyasi berhasl mencocor bola hasil umpan tarik Kovalenko untuk mencetak gol. Aksi Gyasi ini berhasil memastikan kemenangan bagi skuad Spezia dengan skor 1-2.

Susunan Pemain AC Milan vs Spezia

AC Milan (4-2-3-1): Mike Maignan, Alessandro Florenzi, Pierre Kalulu, Matteo Gabbia, Theo Hernandez, Rade Krunic, Tiemoue Bakayoko, Alexis Saelemaekers, Brahim Diaz, Rafael Leao, Zlatan Ibrahimovic.

Speza (4-3-3): Ivan Provedel, Arkadiusz Reca, Dimitrios Nikolaou, Martin Erlic, Kelvin Amian, Simone Bastoni, Jakub Kiwior, Giulio Maggiore, Daniele Verde, Rey Manaj, Emmanuel Gyasi.