google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Italia: AS Roma Gagal Menang Melawan Spezia

Spezia vs AS Roma
Ditahan imbang Spezia di pekan terakhir Liga Italia, AS Roma tetap amankan posisi di zona Eropa.

cr photo: Sportskeeda

Raihan kurang maksimal didapat oleh kesebelasan AS Roma ketika bertandang ke markas Spezia dalam pekan terakhir ajang Liga Italia. Bermain di kandang lawan, tak bisa dipungkiri Roma memang tampil cukup canggung. Apalagi di laga ini Spezia nampak sekali termotivasi untuk menumbangkan sang Serigala Ibukota. Sama sama bermain agresif, laga ini sayangnya harus selesai tanpa adanya pemenang. Kedua kesebelasan harus puas meraih satu poin usai hanya berhasil bermain imbang dengan skor akhir 2-2.

Dari kubu Spezia dua gol yang lebih dulu mereka lesakkan masing masing dicetak oleh Daniele Verde dan Tommaso Pobega. Sedangkan dua gol balasan dari kubu Roma, masing masing dilesakkan oleh Stephan El Shaarawy dan Henrikh Mkhitaryan. Dari statistik pertandingan, terlihat memang laga ini berjalan cukup berimbang. Roma menguasai laga dengan presentase 57 persen berbanding 43 persen. Akan tetapi Spezia lebih agresif dengan melepas total 17 tembakan, sedangkan sang tamu hanya membuat 14 tembakan.

Hasil imbang ini membuat AS Roma sendiri berhasil finish di posisi 7 klasemen sementara Liga Italia. Kondisi ini membuat Roma menjadi perwakilan Italia di ajang Europa Confrence League musim depan. Di akhir musim Roma sendiri total mencatatkan 62 poin dari 38 laga dengan rincian, 18 kali menang, 8 kali seri, dan 12 kali kalah. Sedangkan untuk Spezia mengakhiri musim ini dengan duduk di posisi 15 klasemen Liga Italia. Spezia total meraih 39 poin dari 38 laga dengan hasil, 9 kali menang, 12 kali seri, dan 17 kali menderita kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan AS Roma menjalani laga tandang melawan tuan rumah, Spezia dalam laga pekan terakhir Liga Italia musim kompetisi 2020-2021. Tampil di kandang lawan, Roma tetap membutuhkan kemenangan di laga ini demi bisa tetap lolos ke kompetisi Eropa musim depan. Namun sejak awal babak pertama, Il Lupi sudah mendapatkan perlawanan alot dari sang tuan rumah.

Gol bahkan berhasil dilesakkan terlebih dahulu oleh Spezia di laga ini saat babak pertama baru berjalan enam menit. Umpan M’Bala Nzola jatuh di kaki Daniele Verde yang berdiri bebas. Tanpa kesalahan, Verde sukses melesakkan gol yang sementara membawa Spezia unggul dengan skor 1-0.

Setelah mencetak gol, permainan Spezia kian percaya diri dan terus melancarkan serangan ke pertahanan tuan rumah. Gol kedua pun akhirnya sukses dicetak Spezia di menit ke-38 babak kedua. Nzola kembali menjadi kreator gol tuan rumah usai assistnya kini dimaksimalkan oleh Tommaso Pobega menjadi gol yang bawa Spezia unggul 2-0. Kedudukan ini kemudian tak berubah sampai babak pertama selesai.

Babak Kedua

Setelah istirahat, Roma yang tertinggal dua gol berusaha tampil lebih efektif demi bisa mengejar ketertinggalan. Kondisi ini cukup berhasil membuat Roma mendapatkan sejumlah peluang yang cukup membahayakan gawang dari kubu Spezia.

Kerja keras anak asuhan Paulo Fonseca akhirnya berbuah manis di menit ke-52 babak kedua. Stefan El Shaarawy melepaskan tembakan yang tak mampu dihalau oleh penjaga gawang Spezia. Aksi mantan pemain AC Milan itu berhasil melesakkan gol yang memperkecil ketertinggalan Gialorossi menjadi 2-1.

Di sisa waktu babak kedua, permainan menjadi sangat ketat dengan keduanya sama sama bermain terbuka. Ketika laga terasa akan berakhir untuk kemenangan Spezia, secara dramatis sang tamu, AS Roma sukses melesakkan gol di menit ke-85 babak kedua. Umpan pendeki Edin Dzeko sukses disontek Henrikh Mkhitaryan menjadi gol yang membuat laga ini harus berakhir dengan skor imbang 2-2.

Susunan Pemain Spezia vs AS Roma

Spezia (4-3-3): Rafael Pinheiro, Lorenzo Vignali, Claudio Terzi, Elio Capradossi, Simone Bastoni, Nehuen Estevez, Lucien Agoume, Tommaso Pobega, Daniele Verde, M’Bala Nzola, Emmanuel Gyasi.

AS Roma (4-2-3-1): Daniel Fuzato, Davide Santon, Marash Kumbulla, Gianluca Mancini, Rick Karsdorp, Ebrima Darboe, Bryan Cristante, Stefan El Shaarawy, Henrikh Mkhitaryan, Pedro Rodriguez, Borja Mayoral.