google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Italia: AS Roma Kalahkan Lazio di Derby della Capitale

AS Roma vs Lazio
AS Roma sukses memenangkan Derby Ibukota atas Lazio dalam lanjutan Liga Italia.

cr photo: Forza Italian Football

Salah satu partai menarik tersaji dini hari tadi WIB, saat AS Roma menghadapi Lazio dalam pertandingan lanjutan Liga Italia. Dalam laga yang bertajuk Derby della Capitale atau Derbi Ibukota itu pertandingan berjalan menarik selama hampir 90 menit. Baik Roma maupun Lazio sama sama memburu kemenangan sehingga menampilkan permainan ofensif. Meski demikian, Roma yang tampil dengan spirit lebih tinggi pada akhirnya berhasil mengamankan kemenangan di laga ini. Anak asuhan Paulo Fonseca sukses memenangkan Derby Roma kali ini dengan skor akhir cukup meyakinkan, yaitu 2-0.

Gol gol penentu kemenangan skuat Serigala Ibukota dilesakkan oleh Henrikh Mkhitaryan dan Pedro Rodriguez. Pertandingan sengit ini juga melahirkan satu kartu merah yang diberikan kepada defender Lazio, yaitu Francesco Acerbi. Secara statistik laga keseluruhan cenderung berjalan imbang, di mana Lazio memang sedikit unggul penguasaan bola dengan presentase 52 persen berbanding 48 persen. Namun Roma yang lebih efektif sukses melepas tembakan lebih banyak. Permainan efektif Roma pun akhirnya menghasilkan dua gol kemenangan untuk mereka.

Tambahan tiga poin ini memang belum berhasil merubah posisi di klasemen. Namun, Roma yang ada di posisi 7 sukses mendekati jumlah poin Lazio di posisi 6, kini hanya selisih 6 poin saja. Sampai dengan saat ini, Gialorossi sendiri sudah mengumpulkan 61 poin dari 37 laga dengan rincian, 18 kali menang, 7 kali imbang, dan 12 kali menelan kekalahan. Sedangkan bagi Lazio, kekalahan ini menahan mereka tetap di posisi 6. Biancoceleste saat ini mengoleksi poin 67 dari 36 laga dengan hasil, 21 kali menang, 4 kali seri, dan 11 kali alami kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Salah satu derbi paling menarik di Italia tersaji dini hari tadi, yang mempertemukan AS Roma dengan Lazio dalam lanjutan Liga Italia musim 2020-2021. Roma yang kali ini bertindak sebagai tuan rumah membidik kemenangan yang terakhir kali mereka rebut dari sang tetangga sekota pada tahun 2018 lalu. Oleh itulah sebabnya, sejak awal babak pertama, Roma langsung mengambil inisiatif serangan.

Akan tetapi peluang berbahay justru lebih dulu didapat oleh Lazio yang tampil kolektif saat menyerang. Scrimmage terjadi di muka gawang Roma, bola lalu disambar Luis Alberto dengan sepakan keras. Beruntung kiper Roma mampu lakukan penyelamatan gemilang untuk mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Roma yang tak kenal menyerah menekan pertahanan tim tamu pada akhirnya sukses membuka skor lebih dulu di menit ke-42 babak pertama. Usaha keras Edin Dzeko melewati penjagaan Acerbi ia selesaikan dengan melepas sebuah umpan tarik. Henrikh Mkhitaryan yang berdiri bebas tanpa kesalahan sukses mencetak gol memanfaatkan umpan itu untuk bawa Roma unggul 1-0. Kedudukan tersebut kemudian bertahan sampai dengan babak pertama selesai.

Babak Kedua

Setelah turun minum, Lazio yang tertinggal menjadi lebih mendominasi jalannya pertandingan. Meskipun mereka sendiri masih kesulitan untuk bisa membongkar pertahanan lawan. Immobile sebenarnya memiliki kans lain mencetak gol, namun sayang kiper Roma kembali tampil gemilang menyelamatkan gawangnya.

Keasikan menyerang, gawang Lazio malah harus kembali kebobolan di menit ke-78 babak kedua. Pedro Rodriguez yang bergerak bebas melepaskan sebuah tembakan keras yang gagal diselamatkan kiper lawan. Aksi mantan winger Chelsea dan Barcelona itu sukses melahirkan gol kedua bagi Roma yang merubah kedudukan menjadi 2-0.

Di sisa pertandingan babak kedua, bukannya mencetak gol, Lazio malah harus kehilangan satu pemainnya. Francesco Acerbi mendapat kartu kuning kedua yang otomatis menjadi kartu merah di menit ke-82. Kalah jumlah pemain, Lazio pun gagal mengejar ketertinggalan. Laga pun berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan sang tuan rumah, yaitu AS Roma.

Susunan Pemain AS Roma vs Lazio

AS Roma (4-2-3-1): Daniel Fuzato, Rick Karsdorp, Gianluca Mancini, Roger Ibanez, Bruno Peres, Bryan Cristante, Ebrima Darboe, Henrikh Mkhitaryan, Lorenzo Pellegrini, Stefan El Shaarawy, Edin Dzeko.

Lazio (3-5-2): Pepe Reina, Stefan Radu, Francesco Acerbi, Adam Marusic, Senad Lulic, Luis Alberto, Lucas Leiva, Sergej Milinkovic-Savic, Manuel Lazzari, Ciro Immobile, Vedad Muriqi.