Liga Italia: Atalanta Curi Poin dari Markas Spezia

Spezia vs Atalanta
Tampil solid, Atalanta bawa pulang kemenangan dari markas Spezia di ajang Serie A Liga Italia.

cr photo: Moyls.

Kesebelasan Atalanta menjalani sebuah laga tandang ke markas Spezia dalam laga lanjutan pekan ke-36 Serie A Liga Italia. Bermain di markas lawan sama sekali tak lunturkan nyali anak asuhan Gian Piero Gasperini untuk bisa mendulang poin penuh pada pertandingan. Atalanta pun tampil sesuai identitasnya, yakni menyerang dan agresif di sepanjang jalannya pertandingan. Kendati tuan rumah sempat memberikan perlawanan, namun La Dea tak terbendung untuk memenangkan laga ini dengan skor akhir 1-3.

Tiga gol berhasil dilesakkan pasukan Atalanta pada pertandingan kali ini yang sekaligus menjadi penentu kemenangan mereka. Ketiga gol tersebut masing masing dicetak oleh Luis Muriel, Berat Djimsiti, dan juga Mario Pasalic. Sedangkan satu satunya gol balasan skuad tuan rumah Spezia dicetak oleh Daniele Verdi. Kendati bermain sebagai tim tamu, namun catatan statistik skuad Atalanta justru lebih impresif ketimbang tuan rumah. Maka dari itu, Atalanta memang layak menang di duel kali ini.

Tiga poin ini berhasil membawa Atalanta duduk nyaman di posisi 7 klasemen sementara ajang Liga Italia. Anaka asuhan Gian Piero Gasperini menyamai poin AS Roma di posisi 6, dan berpeluang lolos ke kompetisi Eropa musim depan. Atalanta saat ini sudah mendulang 59 poin dari 36 laga dengan catatan, 16 kali menang, 11 kali seri, dan 9 kali kalah. Sementara bagi Spezia, mereka tertahan di posisi 16 usai kekalahan ini. Spezia kini baru mendapat 33 poin dari 36 laga dengan rincian, 9 kali menang, 6 kali seri, dan 21 kalah.

Rangkuman Pertandingan

Laga berat mesti dilalui Spezia ketika harus menjamu Atalanta dalam lanjutan pertandingan pekan ke-36 Serie A musim 2021-2022. Spezia yang masih belum cukup aman dari ancaman degradasi berusaha mengamankan tiga poin. Namun di satu sisi, Atalanta juga butuh poin penuh penuh untuk masuk Zona Eropa. Tak ayal kedua tim sama sama bermain terbuka sejak menit awal.

Tim tamu yang lebih agresif berhasil melesakkan gol lebih dulu ketika babak pertama memasuki menit ke-16. Ruslan Malinovskiy memberikan umpan terukur yang diselesaikan dengan baik oleh Luis Muriel menjadi gol. Aksi striker Kolombia ini membawa Atalanta kini unggul 0-1.

Namun sayang Atalanta tak bisa mempertahankan keunggulannya sampai laga babak pertama selesai. Pada menit ke-30, Spezia sukses melesakkan gol lewat aksi Daniele Verde yang bekerjasama dengan Giulio Maggiore. Gol ini merubah kedudukan menjadi imbang 1-1 yang bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Usai rehat, permainan Atalanta sebagai tim tamu berubah menjadi lebih agresif demi bisa melesakkan gol kemenangan. Usai melancarkan gelombang serangan dengan cukup intens, Atalanta sukses menambah gol mereka di laga ini pada menit ke-73 babak kedua. Berat Djimsiti yang membantu serangan meneruskan bola sodoran Merih Demiral untuk melesakkan gol yang membuat Atalanta kembali unggul 1-2.

Menjelang akhir babak kedua, tepatnya menit ke-87, Atalanta yang terus bermain agresif berhasil melesakkan gol ketiganya di laga ini. Mario Pasalic berhasil ikut menyumbangkan gol usai mendapat umpan terukur dari Luis Muriel. Gol ini menegaskan kemenangan Atalanta dengan skor akhir 1-3.

Susunan Pemain Spezia vs Atalanta

Spezia (4-3-3): Ivan Provedel, Kelvin Amian, Petko Hristov, Martin Erlic, Dimitrios Nikolaou, Jakub Kiwior, Giulio Maggiore, Simone Bastoni, Daniele Verde, Emmanuel Gyasi, Kevin Agudelo.

Atalanta (3-4-2-1): Juan Musso, Jose Luis Palomino, Berat Djimsiti, Marten de Roon, Joakim Maehle, Teun Koopmeiners, Remo Freuler, Davide Zappacosta, Mario Pasalic, Ruslan Malinovskiy, Luis Muriel.