Liga Italia: Bologna Menang Tipis Saja atas Genoa

Genoa vs Bologna
Bologna menang tipis di markas Genoa, untuk akhiri musim 2021-2022 dengan manis.

cr photo: Ruetir.

Kemenangan berhasil diraih oleh skuad Bologna yang bertamu ke markas Genoa di pekan ke-38 Serie A Liga Italia. Pertandingan ini bisa dibilang hanya mempertaruhkan gengsi saja, karena kedua tim sudah sama sama tak memiliki kepentingan dengan tiga poin. Genoa sudah dipastikan terdegradasi, sedangkan Bologna sudah mustahil juga mengejar posisi 10 besar, namun posisi mereka sangat aman dari degradasi. Lebih efisien, Bologna pun sukses menang dengan skor akhir tipis saja, yaitu 0-1.

Musa Barrow berhasil muncul sebagai pahlawan skuad Bologna pada pertandingan ini, usai melesakkan satu satunya gol penentu kemenangan timnya. Musa Barrow juga menjadi man of the match pada pertandingan ini. Selain menang, Bologna juga berhasil menjaga cleansheet di partai terakhir musim 2021-2022 ini. Secara statistik, duel berjalan seimbang secara penguasaan bola, tapi Genoa melepaskan lebih banyak tembakan. Sayang mereka tak bisa tampil efektif, sehingga kemenangan justru jadi milik tim tamu.

Tambahan tiga poin dari laga ini membuat Bologna berhasil naik ke posisi 13 klasemen akhir gelaran Liga Italia. Meski tak masuk 10 besar, namun ini cukup baik, mengingat Bologna musim ini juga tak terlalu konsisten. Total musim ini Bologna mengemas 46 poin dari 38 laga dengan rincian, 12 kali menang, 10 kali seri, dan 16 kali kalah. Sementara bagi Genoa, kekalahan ini tetap membuat mereka di posisi 19 klasemen. Genoa total catatkan 28 poin dari 38 laga dengan hasil, 4 kali menang, 16 kali seri, dan 18 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Sebuah laga menarik hadir tatkala skuad Genoa harus menjamu Bologna dalam laga pekan terakhir Serie A musim 2021-2022. Bagi kedua tim, duel ini tak begitu menentukan dan hanya persoalan gengsi saja. Meski demikian, Genoa selaku tuan rumah yang sudah dipastikan terdegradasi tetap berusaha akhiri musim dengan kemenangan apalagi di hadapan pendukungnya sendiri.

Semenjak babak pertama dimulai, tuan rumah memang sudah terlihat bermain lebih agresif dari lawannya. Meski dalam urusan penguasaan bola, Genoa tak begitu baik, tetapi mereka banyak menebar ancaman. Nadiem Amiri menjadi motor serangan Genoa dan beberapa kali mendapat kans, sayang usahanya tak ada yang berbuah gol. Babak pertama pun pada akhirnya berakhir 0-0 usai tak ada tim yang sukses mencetak gol.

Babak Kedua

Pasca rehat, Bologna yang cukup sering ditekan selama babak pertama berusaha untuk mengubah gaya bermain mereka menjadi lebih tenang. Bologna lebih banyak menguasai bola, dan kondisi ini membuat tuan rumah lebih sulit membuat peluang mencetak gol di babak kedua.

Perubahan strategi ini kemudian berhasil membuat Bologna melesakkan gol terlebih dulu, ketika babak kedua masuk menit ke-66. Musa Barrow yang melepaskan diri dari kawalan bek lawan sukses melesakkan gol cantik yang membawa skuad Bologna sementara memimpin 0-1.

Di sisa waktu yang ada, Genoa berusaha keras untuk mengejar ketertinggalan. Namun usaha mereka selalu gagal karena buruknya penyelesaian akhir ditambah kokohnya pertahanan lawan. Laga pun berakhir dengan skor 0-1 untuk kemenangan Bologna.

Susunan Pemain Genoa vs Bologna

Genoa (4-2-3-1): Adrian Semper, Silvan Hefti, Johan Vasquez, Leo Ostigard, Domenico Criscito, Hernani, Pablo Galdames, Albert Gudmundsson, Nadiem Amiri, Manolo Portanova, Kelvin Yeboah.

Bologna (3-5-2): Francesco Bardi, Kevin Bonifazi, Luis Binks, Wisdom Amey, Mitchell Dijks, Michael Aebischer, Jerdy Schouten, Nicolas Dominguez, Lorenzi De Silvestri, Musa Barrow, Antonio Raimondo.