google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Italia: Ditahan Hellas Verona, Napoli Gagal ke UCL

Napoli vs Hellas Verona
Gagal menang melawan Hellas Verona, Napoli harus rela gagal lolos ke UCL musim depan.

cr photo: Sportsmole

Kesebelasan Napoli gagal meraih hasil maksimal ketika menjamu lawannya, yakni Hellas Verona dalam pekan terakhir Liga Italia. Bermain di kandang sendiri Napoli sebenarnya tampil seperti biasanya, mendominasi jalannya pertandingan. Namun memang di laga ini pasukan Il Partenopei seolah kehilangan sentuhannya, ditambah lagi Verona yang bermain cukup disiplin di sektor pertahanan. Meski unggul segalanya, sangat disayangkan Napoli gagal memaksimalkan laga ini dan melepaskan kemenangan begitu saja. Anak asuham Gennaro Gattuso harus puas ditahan imbang sang tamu dengan skor akhir 1-1.

Tuan rumah sebenarnya bisa melesakkan gol terlebih dulu lewat aksi defender mereka, yaitu Amir Rrahmani. Namun tim tamu sukses melesakkan gol penyama kedudukan melalui lesakkan Davide Faraoni. Statistik sendiri mencatat bahwa Napoli unggul penguasaan bola hingga 56 persen berbanding 44 persen. Sementara itu jumlah tembakan Napoli juga membuat lebih banyak, yakni 16 tembakan, sedangkan Verona hanya 8 tembakan. Tetapi tumpulnya lini depan Partenopei memaksa mereka harus merelakan hanya bisa meraup satu poin di pekan penutup Liga Italia musim ini.

Atas hasil imbang ini, Napoli harus puas hanya finish di posisi 5 klasemen usai digusur AC Milan dan Juventus di papan klasemen akhir Liga Italia. Napoli juga mesti gagal lolos ke Liga Champions, dan hanya akan bermain di Liga Europa musim depan. Pada akhir musim Napoli total meraih 77 poin dari 38 laga dengan hasil, 24 kali menang, 5 kali seri, dan 9 kali kalah. Sedangkan bagi Hellas Verona, hasil imbang ini tetap memastikan mereka finish di posisi 10 klasemen akhir Liga Italia. Hellas Verona mencatatkan 45 poin dari 38 laga dengan hasil, 11 kali menang, 12 kali seri, dan 15 kali menderita kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Laga yang cukup menentukan didapat oleh kesebelasan Napoli saat menjamu Hellas Verona dalam laga terakhir Liga Italia musim kompetisi 2020-2021. Bermain di kandang sendiri, Napoli memasang target wajib menang untuk mengamankan satu tiket ke Liga Champions musim depan. Sejak pertandingan dimulai, pasukan Gennaro Gattuso sudah bermain agresif menekan pertahanan lawan.

Tuan rumah membuka kans untuk mencetak gol di awal awal babak pertama. Hirving Lozano memberikan umpan kepada Lorenzo Insigne. Sempat mengecoh beberapa pemain, Insigne lalu melepas tembakan kaki kiri melengkung. Namun sayangnya bola masih melenceng tipis dari gawang Hellas Verona sehingga skor masih imbang 0-0.

Peluang untuk mencetak gol kembali didapat Napoli, kali ini melalaui aksi Hirving Lozano. Diawali aksi Fabian Ruiz yang lakukan intercept, bola kemudian ia oper ke Hirving Lozano yang berdiri cukup bebas. Sayangnya eksekusi akhir Lozano masih bisa ditahan oleh kiper Hellas Verona. Serangan demi serangan dari kedua tim gagak melahirkan gol sehingga babak pertama selesai dengan skor imbang 1-1.

Babak Kedua

Setelah turun minum, Gattuso nampak meminta anak asuhannya untuk menaikan tensi pertandingan. Alhasil serangan demi serangan yang dilancarkan Napoli jauh lebih berbahaya di babak kedua. Meski demikian, Hellas Verona masih mampu tampil solid untuk meredam agresifitas tuan rumah.

Kegigihan tuan rumah pada akhirnya berbuah manis saat gol pembuka akhirnya sukses mereka lesakkan di menit ke-60. Amir Rrahmani melepas tembakan jarak dekat yang sukses merobek gawang sang tamu. Mantan bek Hellas Verona itu sukses menjebol gawang mantan timnya sendiri untuk membawa Napoli sementara unggul 1-0.

Sayang sekali ternyata keunggulan Napoli hanya bertahan sembilan menit saja, karena pada menit ke-69 tim tamu secara mengejutkan mampu melesakkan gol. Lewat serangan balik, Koray Gunter dengan jeli memberikan umpan ke Davide Faraoni. Pemain Italia itu dengan cekatan sukses mencetak gol untuk menyamakan skor menjadi 1-1. Kedudukan imbang tak mampu diakhiri Napoli alhasil laga pun selesai dengan kedudukan sama kuat 1-1 antara kedua kesebelasan.

Susunan Pemain Napoli vs Hellas Verona

Napoli (4-2-3-1): Alex Meret, Giovanni Di Lorenzo, Kostas Manolas, Amir Rrahmani, Elseid Hysaj, Fabian Ruiz, Tiemoue Bakayoko, Hirving Lozano, Piotr Zielinski, Lorenzo Insigne, Victor Osimhen.

Hellas Verona (3-4-2-1): Ivor Pandur, Federico Dimarco, Koray Gunter, Federico Ceccherini, Darko Lazovic, Ivan Ilic, Pawel Dawidowicz, Davide Faraoni, Mattia Zaccagni, Daniel Bessa, Nikola Kalinic.