google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Italia: Empoli Sukses Permalukan Juventus

Juventus vs Empoli
Juventus tumbang di kandang sendiri saat menjamu Empoli di pekan kedua Liga Italia.

cr photo: Football Italia.

Kejutan terjadi ketika tuan rumah Juventus menjamu lawannya tim promosi, Empoli di pertandingan pekan kedua ajang Liga Italia. Bermain di kandang sendiri, Juventus yang baru saja ditinggal sang megabintang, yaitu Cristiano Ronaldo masih tetap bermain atraktif dengan menguasai jalannya pertandingan. Keunggulan kualitas pemain juga membuat mereka benar benar membuat tim tamu kesulitan. Sayangnya Juve mesti kalah di pertandingan ini usai Empoli berhasil mencuri gol dan mempertahankannya sampai laga selesai. Empoli pun sukses mencuri poin penuh di laga ini dengan skor akhir tipis saja, yakni 0-1.

Satu satunya gol yang lahir di pertandingan ini dan menjadi penentu kemenangan Empoli dilesakkan oleh pemain senior mereka, yakni Leonardo Mancuso. Secara statistik, Juve terlihat jelas lebih mendominasi dengan catatan penguasaan bola 57 persen berbanding 43 persen. Jumlah tembakan Juventus juga lebih banyak, yaitu mencapai 18 kali, sedangkan Empoli hanya 11 kali. Walau demikian, permainan efektif sang tamu di laga ini berhasil memberikan mereka kemenangan atas klub berjuluk Si Nyonya Tua.

Atas kemenangan ini, Empoli berhasil naik ke posisi 11 klasemen sementara Liga Italia musim 2021-2022. Empoli sejauh ini sudah berhasil mengoleksi 3 poin dari dua kali berlaga dengan hasil satu kali kalah dan satu kali menang. Sedangkan bagi Juventus. Kekalahan ini membuat mereka masih belum beranjak dari papan tengah. Bianconeri saat ini masih di posisi 12 klasemen terpaut 5 poin dari puncak klasemen. Juventus sampai saat ini baru mengoleksi 1 poin dari dua kali bermain dengan hasil sekali kalah dan sekali imbang.

Rangkuman Pertandingan

Laga seru tersaji ketika tuan rumah Juventus bermain menghadapi Empoli di pertandingan pekan kedua ajang Liga Italia musim 2021-2022. Sebagai tuan rumah, tiga poin penuh jelas menjadi harga mati bagi Juventus di pertandingan kali ini. Oleh sebabnya pasukan Massimiliano Allegri langsung bermain agresif sejak wasit baru saja memulai pertandingan ini.

Akan tetapi alih alih melesakkan gol, gawang Juve malah harus lebih dulu kebobolan ketika babak pertama memasuki menit ke-21. Leonardo Mancuso melepaskan sepakan keras jarak jauh yang gagal dihalau oleh penjaga gawang Juventus sehingga gol pun lahir dan membawa Empoli sementara memimpin dengan skor 0-1.

Setelah kebobolan, Juventus berusaha keras untuk bisa melesakkan gol balasan. Salah satu kans yang didapat Juve lahir lewat kaki Juan Cuadrado. Tusukan winger asal Kolombia itu sayang tak disambut dengan penyelesaian akhir yang matang. Alhasil kedudukan tak kunjung berubah tetap 0-1 untuk keunggulan tim tamu, yaitu Empoli.

Babak Kedua

Setelah turun minum, pertandingan semakin menarik karena Juventus yang masih tertinggal berusaha keras untuk melesakkan gol balasan. Di awal awal babak kedua, Juventus kembali mendapat peluang mencetak gol lewat usaha Federico Chiesa. Sangat disayangkan usaha winger gesit asal Italia ini sama sekali belum berhasil melesakkan gol balasan.

Empoli sendiri di babak kedua ini memang lebih banyak menunggu serangan balik. Mereka juga sedianya sempat mendapat beberapa kans menambah keunggulannya. Tetapi usaha mereka terbentur rapatnya pertahanan tim tuan rumah. Sampai dengan babak kedua selesai, gol balasan benar benar gagal dilesakkan Juventus sehingga kemenangan jatuh ke tangan Empoli dengan skor akhir 0-1.

Susunan Pemain Juventus vs Empoli

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesny, Juan Cuadrado, Leonardo Bonucci, Matthijs de Ligt, Alex Sandro, Rodrigo Bentancur, Danilo, Adrien Rabiot, Weston McKennie, Paulo Dybala, Federico Chiesa.

Empoli (4-3-1-2): Guglielmo Vicario, Riccardo Marchizza, Sebastian Luperto, Ardian Ismajili, Petar Stojanovic, Nicolas Haas, Samuele Ricci, Filippo Bandinelli, Nedim Bajrami, Patrick Cutrone, Leonardo Mancuso.