Liga Italia: Fiorentina Pesta Gol ke Gawang Genoa

Fiorentina vs Genoa
Fiorentina lumat Genoa setengah lusin gol dalam lanjutan ajang Liga Italia.

cr photo: Football Italia.

Performa super impresif berhasil ditunjukkan oleh kesebelasan Fiorentina saat menjamu Genoa dalam lanjutan pekan ke-22 Liga Italia. Memainkan laga di markasnya sendiri, Fiorentina memang cukup diuntungkan dengan kondisi sang tamu. Di mana, Genoa ini sedang dalam masa sulit serta baru saja memecat pelatih mereka, Andriy Shevchenko. Keterpurukan Genoa ini kian parah usai pertandingan kali ini. La Viola yang unggul segalanya lantas melumat habis sang tamu dengan skor sangat telak, yaitu 6-0.

Satu pemain yang cukup menonjol pada laga kali ini dari kubu Fiorentina adalah Cristiano Biraghi. Full back senior yang sempat memperkuat Inter Milan ini berhasil memborong dua gol yang pimpin kemenangan skuad Fiorentina atas lawannya. Sedangkan empat gol lainnya yang dilesakkan Fiorentina masing masing lahir dari empat pemain berbeda, mereka di antaranya adalah Alvaro Odriozola, Giacomo Bonaventura, Dusan Vlahovic, dan Lucas Torreira. Unggul sangat jauh di semua aspek permainan, Fiorentina memang layak memenangkan duel ini.

Raihan maksimal ini memberikan Fiorentina tambahan tiga poin yang membuat mereka naik kembali ke posisi 6 klasemen sementara Liga Italia. Fiorentina masih sangat berhasrat menembus kompetisi Eropa musim depan, dengan kini hanya kalah 7 poin saja dari Atalanta di posisi 4. La Viola sendiri sejauh ini sudah mengoleksi 35 poin dari 21 laga dengan hasil, 11 kali menang, 2 kali seri, dan 8 kali kalah. Sedangkan bagi Genoa, kekalahan ini membuat mereka tetap di posisi 19 klasemen. Genoa baru mengemas 12 poin dari 22 laga dengan hasil, 1 kali menang, 9 kali seri, dan 12 kali kalah.

Rangkuman Pertandingan

Kesebelasan Fiorentina menjamu lawannya tim papan bawah, Genoa dalam lanjutan pekan ke-22 ajang Liga Italia musim 2021-2022. Memainkan laga di Artemio Franchi, Fiorentina sebagai tuan rumah langsung tancap gas demi memburu kemenangan di laga ini.

Sempat gagal melesakkan gol lewat titik putih, akhirnya kebuntuan benar benar dipecahkan oleh tim tuan rumah di menit ke-15 babak pertama. Alvaro Odriozola berhasil memanfaatkan buruknya koordinasi lini belakang Genoa untuk membawa timnya sementara unggul 1-0.

Terus menerus melancarkan serangan, gol akhirnya berhasik dilesakkan kembali oleh Fiorentina di menit ke-34 babak pertama. Kali ini giliran Giacomo Bonaventura yang sukses mencatatkan gol atas namanya untuk bawa Milan gandakan skor menjadi 2-0.

Penampilan apik skuad asuhan Vincenzo Italiano di babak pertama ini ditutup dengan satu gol tambahan pada menit ke-42. Gol dicetak oleh Cristinao Biraghi lewat sepakan terukurnya untuk membawa Fiorentina menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0.

Babak Kedua

Berhasil unggul tiga gol di babak pertama, Fiorentina tampil jauh lebih tenang di babak kedua. Sama sekali tak menurunkan tensi permainan, Fiorentina sukses menambah keunggukan mereka kembali. Dusan Vlahovic enggan melewatkan kesempatan ini, memanfaatkan umpan Bonaventura, Vlahovic sukses jauhkan keunggulan Milan kini menjadi 4-0.

Pada menit ke-69, Fiorentina semakin merajalela dengan kembali menambahkan gol ke gawang lawan. Cristianio Biraghi kembali berhasil catatkan namanya di papan skor untuk membuat skor kini menjadi 5-0.

Pesta gol pasukan La Viola pada pertandingan ini ditutup dengan sebuah gol tambahan di menit ke-77. Jonathan Ikone sukses memberikan assist untuk gol yang dilesakkan Lucas Torreira. Gol ini pun menyempurnakan kemenangan Fiorentina dengan skor akhir 6-0.

Susunan Pemain Fiorentina vs Genoa

Fiorentina (4-3-3): Pietro Teraacciano, Alvaro Odriozola, Nikola Milenkovic, Igor, Cristiano Biraghi, Giacomo Bonaventura, Lucas Torreira, Youssef Maleh, Nicolas Gonzalez, Dusan Vlahovic, Riccardo Saponara.

Genoa (4-3-1-2): Salvatore Sirigu, Riccardo Calaferi, Zinho Vanheusden, Leo Ostigard, Silvan Hefti, Pablo Galdames, Milan Badelj, Stefano Sturaro, Manolo Portanova, Mattia Destro, Kelvin Yeboah.