google-site-verification=If6OFp2AVlBc1ozhWbqP0TAD0qIlciYAMuPY1RVWjtI

Liga Italia: Sassuolo Menang Mudah atas Parma

Parma vs Sassuolo
Sassuolo bawa pulang kemenangan dari markas Parma dalam lanjutan Liga Italia.

cr photo: Elisabetta Baracchi via Tiscali Sport

Hasil cukup memuaskan berhasil didapat oleh kesebelasan Sassuolo yang bertandang ke markas Parma dalam lanjutan Liga Italia. Walaupun di laga ini Sassuolo bermain sebagai tim tamu, namun determinasi Il Neroverdi atas sang tuan rumah sangat terasa. Apalagi, Sassuolo juga bermain sangat dominan di hampir 90 menit jalannya pertandingan. Meskipun tuan rumah tampil cukup agresif mengandalkan serangan balik, namun hal tersebut tak cukup untuk membendung laju Sassuolo. Di akhir pertandingan, anak asuhan Roberto de Zerbi tetap berhasil mengamankan kemenangan dengan skor cukup meyakinkan, yaitu 1-3.

Tiga gol yang jadi penentu kemenangan skuat berjuluk Il Neroverdi ini masing masing dicetak oleh Manuel Locatelli, Gregoire Defrel, dan Jeremie Boga. Sementara satu satunya gol balasan yang dilesakkan tuan rumah, lahir lewat aksi defender senior mereka, yakni Bruno Alves. Menilik dari statistik pertandingan, sebenarnya cukup menarik. Sassuolo memang unggul penguasaan bola dengan presentase cukup jauh, yakni 67 persen berbanding 33 persen. Akan tetapi jumlah tembakan Parma justru lebih banyak, yakni hingga 16 tembakan, sementara tim tamu hanya 13. Walau demikian, efektifitaslah yang pada akhirnya menangkan Sassuolo di laga ini.

Atas kemenangan ini, Sassuolo kian nyaman duduk di posisi 8 klasemen, dan bahkan kini mereka mengancam posisi AS Roma di peringkat 7 dengan hanya selisih 2 poin. Sampai dengan pekan ini, Domenico Berardi dan kawan kawan sudah meraih 59 poin dari 37 laga dengan rincian, 16 kali menang, 11 kali seri, dan 10 kali menuai kekalahan. Sedangkan bagi Parma, hasil ini tak merubah fakta bahwa mereka akan terdegradasi musim depan. Parma dipastikan akan mengakhiri musim sebagai tim juru kunci. Saat ini mereka sendiri baru meraih 20 poin dari 37 laga dengan hasil, 3 kali menang, 11 kali seri, dan 23 kali menderita kekalahan.

Rangkuman Pertandingan

Laga menarik hadirkan Kuda Hitam, Sassuolo dengan tim juru kunci, yakni Parma dalam laga lanjutan Liga Italia musim kompetisi 2020-2021. Memainkan laga sebagai tim tamu, Sassuolo masih tetap membidik kemenangan demi memperbaiki posisi mereka. Sejak awal babak pertama, pasukan Roberto de Zerbi sudah mengambil alih inisiatif serangan dan mengurung pertahanan sang tuan rumah.

Memasuki pertengahan babak pertama, akhirnya Sassuolo sukses membuka skor terlebih dulu. Berawal pelanggaran pemain Parma di kotak terlarang, wasit langsung memberikan penalti kepada tim tamu. Manuel Locatelli tanpa kesalahan sukses mencetak gol untuk membawa timnya sementara ini memimpin 0-1 atas tuan rumah.

Akan tetapi keunggulan Sassuolo ini tak bertahan terlalu lama dikarenakan pada menit ke-32, tuan rumah sukses mencetak gol penyama kedudukan. Umpan Hernani sukses disambar Bruno Alves yang naik membantu serangan. Lesakkan bek Portugal itu sukses membawa Gialloblu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Skor ini bertahan sampai dengan babak pertama selesai.

Babak Kedua

Selepas istirahat, laga sempat berjalan cukup ketat karena Parma mampu bertahan dengan sangat baik untuk meredam serangan demi serangan tim tamu. Kondisi ini membuat Sassuolo sendiri mesti melakukan beberapa variasi serangan untuk membongkar pertahanan sang lawan.

Setelag mencoba berkali kali, akhirnya usaha keras Sassuolo berbuah manis saat babak kedua memasuki menit ke-62. Domenico Berardi dengan jeli memberikan umpan kepada Gregoire Defrel yang tanpa kesalahan sukses menjebol gawang Parma untuk kedua kalinya di laga ini. Eks pemain Sampdoria tersebut bawa Sassuolo kembali memimpin kini dengan skor 1-2.

Tujuh menit berselang, Sassuolo yang kian agresif berhasil menambah keunggulan mereka. Tepat di menit ke-69, Jeremie Boga sukses mencetak gol usai menerima umpan Giacomo Ferrari untuk memperbesar keunggulan timnya menjadi 1-3. Ternyata gol tersebut menjadi gol terakhir di laga ini, alhasil kemenangan jadi milik tim tamu, Sassuolo dengan skor akhir 1-3.

Susunan Pemain Parma vs Sassuolo

Parma (3-5-2): Luigi Sepe, Daan Dierckx, Bruno Alves, Lautaro Valenti, Vincent Laurini, Hernani, Jasmin Kurtic, Simon Sohm, Maxime Busi, Juan Brunetta, Andreas Cornelius.

Sassuolo (4-2-3-1): Andrea Consigli, Rogerio Silva, Gianmarco Ferrari, Vlad Chiriches, Mert Muldur, Manuel Locatelli, Maxi Lopez, Jeremie Boga, Gregoire Defrel, Domenico Berardi, Giacomo Raspadori.